Selain Aa Gym, 2 Penceramah Kondang Ini Juga Terpapar COVID-19

Aa Gym dalam kondisi baik meski positif COVID-19

Jakarta, IDN Times - Penceramah kondang Abdullah Gymnastiar atau lebih dikenal Aa Gym menyatakan dirinya terpapar COVID-19. Kabar tersebut dia ungkapkan lewat sebuah video yang diunggah lewat akun Instagram pribadinya, @aagym, Selasa (29/10/2020).

Sebelum Aa Gym, Jam’an Nurkhatib Mansur atau Ustaz Yusuf Mansur juga mengabarkan dirinya terpapar COVID-19. Bagaimana kisah keduanya dalam menghadapi COVID-19? Berikut ulasan selengkapnya.

Baca Juga: Yusuf Mansur Dirawat di RSPAD karena COVID-19, Anak: So Far So Good 

1. Ustaz Yusuf Mansur positif COVID-19 pada 10 Desember 2020

Selain Aa Gym, 2 Penceramah Kondang Ini Juga Terpapar COVID-19Ustaz Yusuf Mansur. IDN Times/Fitria Madia

Ustaz Yusuf Mansur mengonfirmasi dirinya positif terinfeksi virus corona atau COVID-19 pada Kamis, 10 Desember 2020. Dalam pengumumannya, dia tetap bersyukur meski harus berjuang melawan virus mematikan itu.

Yusuf Mansur juga meminta agar warganet mendoakan kesembuhannya. Kendati, dia menyampaikan keyakinannya akan sembuh dari penyakit yang pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok itu.

“Alhamdulillah. Segala puji bagi Allah. Saya dan fadhil, sementara positif Covid. Bismillah. Minta didoakan ya. Juga buat yang lain. Saya yang baris kedua bawah. Makasih atas segala doanya. Insya Allah nanti Allah kembalikan lagi imun dan kesehatannya, dan kemudian swab lagi, negatif. Aamiin,” tulis Mansur di akun Instagramnya @yusufmansurnew.

2. Ustaz Yusuf Mansur enjoy menghadapi COVID-19

Selain Aa Gym, 2 Penceramah Kondang Ini Juga Terpapar COVID-19Ustaz Yusuf Mansur. Dok IDN Times/Istimewa

Sebelum dikonfirmasi positif virus corona, Yusuf Mansur dikenal sebagai pribadi yang selalu mengingatkan pentingnya menjalankan protokol kesehatan.

Pada Oktober lalu, ia mengatakan, menjalankan protokol kesehatan menjadi ibadah baru selama masa pandemik COVID-19, karena dapat menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain.

"Memang kita perlu kampanyekan ada ibadah yang sebelumnya tidak pernah ada sebelum pandemi, yaitu ibadah menjaga keselamatan orang lain dengan cara mematuhi protokol kesehatan. Dengan menjalankan protokol kesehatan itu kita sedang beribadah,” katanya dalam talk show virtual Sosialisasi Pesantren Daarul Quran: Iman, Aman, Imun yang diselenggarakan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 di Jakarta, sebagaimana dikutip dari ANTARA, Oktober 2020.

Dalam kesempatan yang sama, Yusuf Mansur juga mengataku dirinya, para santri dan pengurus pondok pesantren binaannya menghadapi pandemik dengan lapang dada. Mereka tidak menganggap krisis kesehatan utama dunia saat ini sebagai beban.

“Tidak ada tantangan buat kami, karena kami enjoy saja menghadapinya, dan tidak menjadikannya sebagai beban. Ada Allah SWT yang kami bisa mintai pertolongan dan bantuan. Teman-teman yang lain juga jangan khawatir, jangan ada keraguan akan kuasa Allah, kita mesti ringan menjalani hidup sehingga ada kenikmatan saat menjalaninya," kata dia.

Hingga Rabu, 23 Oktober 2020, Yusuf Mansur dinyatakan sembuh dari COVID-19. Ia sebelumnya menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Meski dinyatakan sembuh dari COVID-19, Yusuf Mansur masih harus menjalani isolasi mandiri di rumah.

3. Aa Gym dinyatakan positif COVID-19 pada Senin, 28 Desember 2020

Selain Aa Gym, 2 Penceramah Kondang Ini Juga Terpapar COVID-19Instagram/aagym

COVID-19 juga menjangkiti Aa Gym. Penceramah kondang asal Bandung, Jawa Barat tersebut menyatakan positif COVID-19 melalui akun Instagram pribadinya.

Dalam unggahan tersebut, Aa Gym menyebut ia divonis terkena COVID-19 selepas menjalani tes usap (swab test) pada Senin, 28 Desember 2020.

"Alhamdulillah, sesudah kemarin diswab di (Rumah Sakit) Dustira, ternyata hasilnya positif. Alhamdulillah berarti harus karantina," ujar Aa Gym.

4. Warganet ramai-ramai memberikan dukungan untuk Aa Gym

Selain Aa Gym, 2 Penceramah Kondang Ini Juga Terpapar COVID-19Instagram/aagym

Selepas mengumumkan dirinya terkena COVID-19, warganet ramai-ramai memberikan dukungan untuk Aa Gym. Dukungan itu membanjiri kolom komentar Instagram miliknya.

"Syafakallahu aa gym, semoga diberikan kekuatan dan kesembuhan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala, aamin ya Robbal 'alamin," tulis akun @popieldita.

"Semoga Tuan Guru diberikan kesehatan oleh Allah. Dan keluarga dilindungi dari marabahaya. Cepat sembuh dan pulih Tuan Guru," kata akun @dhikateiza.

"Ya Allah yang maha penyayang sehat walafiatkan gurunda KH AaGym, lindungilah beliau dan keluarganya dari kejahatan makhlukmu aamin ya robbal 'alamin," tulis akun @iwanmulyana.

Dalam unggahannya tersebut, Aa Gym juga menyebut kondisi kesehatannya masih stabil. Saturasi oksigen dan suhu tubuhnya juga masih dalam kondisi normal.

"Ini masih bagus (saturasi oksigen) 98, dan suhu masih bagus, 36,3, Alhamdulillah," ujar Aa Gym.

5. Mamah Dedeh dinyatakan positif COVID-19 pada November 2020

Selain Aa Gym, 2 Penceramah Kondang Ini Juga Terpapar COVID-19instagram.com/mamahdedeh24

Ustazah kondang Dedeh Rosidah atau yang akrab disapa Mamah Dedeh juga terpapar COVID-19. Dia dinyatakan terpapar virus corona pada Jumat, 13 November 2020.

Mamah Dedeh dinyatakan positif COVID-19 tanpa gejala, hanya merasa kurang fit. Dia sempat menjalani perawatan di sebuah rumah sakit di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

Diketahui, pembantu, anak, dan menantu Mamah Dedeh juga dinyatakan positif COVID-19. Rumah Mamah Dedeh yang terletak di Depok, Jawa Barat, pun langsung disemprot disinfektan.

Kabar ini membuat banyak netizen sedih. Sosok Mamah Dedeh dikenal sebagai pendakwah yang humoris, ramah, dan tegas. Di tengah perawatannya, dia meminta doa agar bisa kembali sehat agar bisa berdakwah lagi.

Baca Juga: [BREAKING] Penceramah Aa Gym Positif COVID-19

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya