Comscore Tracker

Situasi Sudah Kondusif, Polri Tetap Perketat Keamanan di Papua

Polri fokuskan memulihkan wilayah di Papua

Jakarta, IDN Times - Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra mengatakan pihaknya tetap memperketat pengamanan di wilayah Papua meski situasi di sana sudah kondusif.

"Kita dalam konteks pengamanan kan tak boleh under estimate, tetap dalam kondisi over estimate. Artinya hal-hal ada yang bisa kita prediksi, ada yang tidak. Itu penting, apabila terjadi sesuatu, kita akan lebih siap," kata Asep di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (22/8).

1. Sebanyak 1.200 personel pengaman diterjunkan amankan situasi di Papua

Situasi Sudah Kondusif, Polri Tetap Perketat Keamanan di PapuaANTARA FOTO/Sevianto Pakidin

Asep menjelaskan, pihaknya mengerahkan 12 satuan setingkat kompi (SSK) pasukan atau setara 1.200 orang. Hal itu dilakukan, dalam rangka menguatkan pasukan yang sudah ada di sana. Pasukan itu ditempatkan di wilayah Papua Barat seperti Fakfak, Manokwari dan Sorong.

"Yang jelas kehadiran dari Polri/TNI memberikan jaminan keamanan," ujarnya.

Baca Juga: Demo Antirasis di Istana, Mahasiswa Papua Terobos Paksa Blokade Polisi

2. Polri fokuskan memulihkan wilayah di Papua

Situasi Sudah Kondusif, Polri Tetap Perketat Keamanan di PapuaIDN Times/Axel Jo Harianja

Asep memastikan, situasi keamanan di wilayah Papua Barat hingga hari ini sudah dalam keadaan kondusif. Menurutnya, seluruh aktivitas masyarakat sudah berjalan dengan normal. Sarana-sarana publik yang sempat terhenti, kini sudah beroperasi kembali.

Meski begitu, pihaknya tetap menjaga kewaspadaan untuk menangkal hal-hal yang tidak diinginkan.

"Yang utama sekali adalah kita memulihkan situasi keamanan di sana, supaya masyarakat mendapat jaminan bahwa seluruh kegiatan akan berlangsung dengan normal kembali," jelas Asep.

3. Belum ada aksi lanjutan di Papua

Situasi Sudah Kondusif, Polri Tetap Perketat Keamanan di PapuaIDN Times/Imam Rosidin

Asep menuturkan, sampai hari ini pihaknya belum mendapat informasi apakah ada aksi massa kembali di Papua. Menurut Asep, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di wilayah Papua Barat, serta seluruh komponen masyarakat, telah bersepakat menjaga keutuhan dan kesatuan di wilayah Papua Barat.

"Dengan hal ini diharapkan, kohesi sosialnya atau kebersamaannya kembali terbangun. Dan semua punya komitmen, kehadiran para pejabat tinggi negara di sana juga memberikan penguatan agar tetap kondusivitas terjadi di wilayah Papua Barat," tuturnya.

4. Kapolri, Panglima TNI dan Menko Polhukam sambangi Papua Barat hari ini

Situasi Sudah Kondusif, Polri Tetap Perketat Keamanan di PapuaANTARA FOTO/Didik Suhartono

Selain itu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, serta Menko Polhukam Wiranto pada hari ini juga langsung menyambangi wilayah Papua Barat.

Kehadiran ketiganya, kata Asep, guna memberi dorongan kepada aparat keamanan, Pemerintah Daerah (Pemda) dan masyarakat Papua Barat. Wiranto dalam kesempatan itu, turut menyampaikan pesan dari Presiden Joko 'Jokowi' Widodo, agar masyarakat di wilayah Papua Barat kembali tenang dan saling memaafkan.

"Beliau-beliau hadir di sana juga berkesempatan melihat situasi yang terjadi pasca adanya beberapa insiden beberapa waktu yang lalu," ungkapnya.

Baca Juga: Moeldoko Duga Ada Kelompok yang Tak Suka Melihat Papua Maju

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya