Comscore Tracker

Terima Makalah Calon Kapolri, Komisi III: Bahan Uji Kelayakan Besok

Makalah berisi program kerja Komjen Listyo Sigit

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi III DPR Arsul Sani mengatakan pihaknya sudah menerima makalah calon Kapolri Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo. Makalah itu berisi penjabaran visi-misi yang akan dijelaskan oleh Listyo pada Rabu (20/1/2021).

"Beliau hanya menyerahkan makalah, bahan uji kelayakan dan kepatutan besok pagi. Sehingga, sore dan malam ini kami bisa mendalami (makalah)," kata Arsul di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (19/1/2021) seperti dikutip dari ANTARA.

1. Ini alasan ada pembuatan makalah pada uji kelayakan calon kapolri

Terima Makalah Calon Kapolri, Komisi III: Bahan Uji Kelayakan BesokIDN Times/Margith Juita Damanik

Arsul menjelaskan, pembuatan makalah pada uji kelayakan calon kapolri sebelumnya tidak dilakukan. Namun, saat ini dilakukan karena tidak ada kunjungan ke kediaman calon kapolri.

"Besok anggota Komisi III DPR akan mengajukan pertanyaan berdasarkan bahan visi dan misi yang diberikan sore ini," ujarnya.

Baca Juga: Kompolnas Beberkan Rekam Jejak Calon Kapolri Listyo ke Komisi III DPR

2. Makalah berisi program kerja kapolri ke depan

Terima Makalah Calon Kapolri, Komisi III: Bahan Uji Kelayakan BesokKabareskrim Polri, Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo saat Konpers Pemusnahan Narkoba Jenis Sabu dan Ganja oleh Mabes Polri

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Argo Yuwono mengatakan makalah itu diserahkan ke Komisi III DPR diwakili tim ahli calon Kapolri Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo.

“Tadi pukul 15.00 WIB, materinya sudah diserahkan ke Komisi III DPR oleh Ketua Tim Naskah Irjen Pol Wahyu Widada (Kapolda Aceh) didampingi Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo,” kata Argo dalam keterangan tertulisnya.
 
Menurut Argo, secara umum naskah makalah calon Kapolri adalah kebijakan atau program kerja ke depan.

“Intinya program kerja kapolri ke depan. Besok kita dengarkan dan simak bersama saat fit and proper test di DPR,” ucap dia.

3. Listyo Sigit jadi calon tunggal kapolri

Terima Makalah Calon Kapolri, Komisi III: Bahan Uji Kelayakan Besok(Kapolri Jenderal Pol Idham Azis (kiri) melakukan salam komando dengan Kabareskrim Polri Inspektur Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kanan) usai saat serah terima jabatan (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo menunjuk Listyo Sigit sebagai calon kapolri tunggal. Hal itu sesuai dengan Surat Presiden (Surpres) yang diantarkan Menteri Sekretariat Negara Pratikno ke pimpinan DPR pada Rabu, 13 Januari 2021.

Ketua DPR Puan Maharani menjelaskan, surpres tersebut akan diproses dalam 20 hari ke depan. Listyo akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III.

"Proses akan ditempuh 20 hari sejak surpres diterima oleh DPR, yaitu hari ini, Rabu, 13 Januari 2021," kata Puan di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta.

Baca Juga: Mendagri Tito Puji dan Doakan Listyo Sigit Amanah Saat Jabat Kapolri 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya