OVO dan BRI Kolaborasi Hadirkan Kartu Kredit OVO U Card

Wujudkan inklusi keuangan

Jakarta, IDN Times - OVO dan BRI meluncurkan layanan kartu kredit bernama OVO U Card. Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengungkapkan bahwa layanan ini akan semakin mempermudah pengguna dalam bertransaksi di semua merchant yang menerima pembayaran kartu kredit.

Ia juga menjelaskan, kinerja kredit perbankan menunjukkan pertumbuhan positif sebesar 2,21 persen pada September 2021 secara tahunan (year on year), dibanding bulan sebelumnya 1,16 persen (yoy).

1. Pengguna mendapatkan layanan kartu kredit di seluruh jaringan Mastercard

OVO dan BRI Kolaborasi Hadirkan Kartu Kredit OVO U CardDirektur Konsumer BRI Handayani (Dok. Bank BRI)

Handayani mengungkapkan bahwa kolaborasi ini dapat terjalin karena kedua perusahaan memiliki nilai-nilai yang sama dan akan memberikan keuntungan bagi OVO maupun BRI. Ia menilai, kolaborasi ini merupakan bentuk dukungan terhadap misi pemerintah dalam meningkatkan inklusi keuangan, serta menggalakkan transaksi non tunai.

"Kerja sama kartu kredit co-branding ini membuktikan bahwa lembaga perbankan dapat berkolaborasi dengan fintech untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan keuangan dengan memanfaatkan keunggulan teknologi digital,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pada bisnis Kartu Kredit sendiri, BRI memiliki pengalaman sebagai bank pertama di indonesia yang menerbitkan kartu kredit co-branding dengan layanan API yang terintegrasi dengan platform partner Co-Branding. Sementara OVO merupakan salah satu perusahaan penerbit uang elektronik terbesar di Indonesia yang telah hadir di lebih dari 430 kota dan Kabupaten dan saat ini merangkul lebih dari 1 juta merchant QRIS.

Layanan API kartu kredit co-branding ini diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada pengguna OVO dalam bertransaksi dan mengakses berbagai layanan kartu kredit melalui aplikasi mobile.

"Pengguna OVO memiliki kesempatan untuk mendapatkan layanan kartu kredit dengan lebih mudah dan dapat digunakan untuk transaksi di dalam negeri maupun di luar negeri di seluruh jaringan Mastercard,” kata Handayani.

Baca Juga: BRI Raih Penghargaan Tertinggi Asia Sustainability Report Rating 2021 

2. Digital wallet semakin populer di kalangan konsumen di Asia Pasifik

OVO dan BRI Kolaborasi Hadirkan Kartu Kredit OVO U CardIlustrasi OVO (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu Navin Jain, selaku Country Manager Mastercard Indonesia mengatakan bahwa berdasarkan Mastercard New Payments Index, digital atau mobile wallet semakin populer di kalangan konsumen di Asia Pasifik. Setidaknya 68 persen responden mengatakan akan menggunakan tipe pembayaran ini di tahun depan.

"Mastercard telah melihat hal tersebut di Indonesia dengan pertumbuhan OVO yang signifikan sebagai penyedia layanan digital wallet, terutama di kalangan konsumen millennial yang akrab dengan teknologi," katanya.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa permintaan kartu kredit juga meningkat di kalangan konsumen. Melalui kartu ini, BRI dan OVO akan dapat menyediakan akses kredit kepada jutaan pelanggan OVO.

Menurutnya, kolaborasi strategis ini dapat berkontribusi terhadap inklusi keuangan serta pemulihan ekonomi. Dengan jaringan Mastercard yang luas di seluruh Indonesia dan dunia, para pemilik OVO U Card akan dapat melakukan transaksi dengan nyaman, cepat, dan aman.

"Oleh karena itu, Mastercard sangat bangga dapat bekerja sama dengan BRI dan OVO untuk peluncuran OVO U Card, yang didesain untuk memenuhi kebutuhan para millennial,” ujar Navin.

3. Mendorong pertumbuhan ekonomi

OVO dan BRI Kolaborasi Hadirkan Kartu Kredit OVO U CardPresiden Direktur OVO, Bpk. Karaniya Dharmasaputra. (dok. OVO)

Karaniya Dharmasaputra, selaku Presiden Direktur OVO menjelaskan bahwa peluncuran OVO U Card mempertegas sinergi antara industri perbankan dan fintech dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya bagi pengguna millennial yang menjadi mayoritas, termasuk pengguna OVO.

Fitur di aplikasi OVO sendiri juga menjadi semakin lengkap dengan adanya integrasi seamless antara OVO dan BRI yang memungkinkan pengguna untuk mengatur transaksi OVO U Card secara penuh di aplikasi OVO. Ia menilai, hal ini menjawab kebutuhan dari millennial serta para digital natives yang menuntut layanan teknologi cerdas dan intuitif. 

“Untuk itu, OVO and BRI merancang produk yang sangat mudah diakses dan dikelola termasuk mengatur jadwal cicilan, menelusuri program promo yang tersedia dari BRI maupun ekosistem OVO dan Grab, dan juga melihat sejarah transaksi," urai Karaniya.

4. Proses pengajuan dan verifikasi yang mudah melalui aplikasi OVO

OVO dan BRI Kolaborasi Hadirkan Kartu Kredit OVO U Carddailysocial.id

Selain itu, pemegang kartu kredit OVO U Card juga dapat menikmati tambahan rewards dan benefit dari BRI dan OVO, akses transaksi lebih nyaman bagi beragam layanan dan penawaran dari berbagai merchant populer, serta diterbitkannya gratis biaya tahunan seumur hidup.

Produk OVO U-Card yang sekarang baru dapat dinikmati oleh pengguna terpilih ini, menawarkan proses pengajuan dan verifikasi yang mudah melalui aplikasi OVO.

Selain itu pengguna juga dapat mengakses layanan kartu kredit seperti aktivasi kartu, detail transaksi, riwayat tagihan, blokir kartu serta pengguna juga dapat dengan mudah untuk mengubah transaksi menjadi cicilan 0 persen hingga 12 bulan dan kontrol limit langsung dari aplikasi OVO.

5. Keuntungan yang dapat dinikmati pemegang OVO U Card

OVO dan BRI Kolaborasi Hadirkan Kartu Kredit OVO U CardIDN Times / Auriga Agustina

Keuntungan yang dapat dinikmati pemegang OVO U Card adalah Welcome Bonus 550 ribu OVO Points dan tambahan cashback 500 OVO Points untuk transaksi food and beverages, serta cashback 200 OVO Points untuk transaksi lainnya setiap kelipatan transaksi Rp100 ribu.

OVO Points ini nantinya dapat digunakan pada ratusan ribu merchant online maupun offline yang beker jasama dengan OVO.

Selain itu setiap transaksi food and beverages, pemegang OVO U Card juga dapat menikmati cashback hingga 50 persen berupa saldo kredit di billing berikutnya dengan maksimal akumulasi cashback 100 ribu rupiah setiap bulannya.

Keuntungan lainnya pemegang kartu juga dapat menikmati diskon 50 persen hingga Rp500 ribu di Lazada dan Grab. (WEB)

Baca Juga: Lakukan Transformasi, Dirut BRI Ungkapkan Visi Pengembangan BRI Group 

Topik:

  • Ridho Fauzan
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya