Catat! Ini 4 Cara Mudah Millennial Bisa Punya Rumah

Bang bing bung yok, kita nabung!

Jakarta, IDN Times - Pernah kepikiran punya rumah saat nanti usia 30-an? Hal itu bukan tidak mungkin terwujud kalau kamu rutin menabung. Namun, kamu memang harus komitmen supaya usaha menabungmu bukan cuma jadi angan-angan karena satu dan lain hal.

Biar impian punya rumah terwujud, kamu bisa mulai mengatur keuangan dengan menentukan pengeluaran dan penghasilan bulanan. Nah, dari situ akan ketahuan berapa kemampuanmu buat menabung, dan sejauh mana targetmu menaikkan tabunganmu itu. Selain itu, kamu bisa kok mengejar keinginan buat punya rumah dengan trik menabung ini.

1. Mengalokasikan setengah gajimu untuk tabungan

Catat! Ini 4 Cara Mudah Millennial Bisa Punya RumahIlustrasi menabung. (Shutterstock/Kan_Chana)

Berapapun gaji kamu, asalkan ada kemauan dan tekad yang bulat untuk memulai serta disiplin, kamu pasti bisa kok menabung untuk kepentingan masa depan. Inget guys, komitmen adalah kunci! Jangan menunda-nunda untuk menyetorkan uang di rekening tabungan. Sebab, semakin lama ditunda, semakin besar pula peluang uang yang seharusnya ditabung itu akan terpakai untuk kebutuhan yang lain.

Alangkah baiknya, begitu uang gaji itu diterima, langsung saja dimasukkan ke rekening tabungan. Sehingga kamu gak bakal tergoda untuk menggunakan uang tersebut.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah jangan sekali-kali mengutak-atik uang tabungan itu untuk alasan apapun, yang tidak terlalu penting. Setidaknya sisihkan 10 hingga 20 persen dari gaji kalian untuk ditabung. Misalnya pendapat per bulan kamu Rp4 juta, nah kamu bisa menyisihkan uang sekitar Rp400.000,- sampai Rp800.000,- tiap bulannya.

Baca Juga: BCA Rilis Bunga KPR dan KKB Murah, Millennial Siap-siap Ya!

2. Menabung emas untuk kemudian dijual lagi saat harga jual naik

Catat! Ini 4 Cara Mudah Millennial Bisa Punya RumahEmas batangan (Dok. ShutterStock/MNImage)

Tabungan emas saat ini menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk berinvestasi. Banyak yang beranggapan, menabung emas merupakan sebuah cara berinvestasi yang paling aman karena minim resiko. 

Selain itu, nilai emas juga cenderung cepat untuk meningkat tajam. Wajar saja jika emas menjadi primadona setiap orang terlebih di situasi ekonomi dunia yang sedang terpengaruh pandemik COVID-19. 

Kamu juga harus rajin memantau pergerakan harga emas yang terjadi di pasar supaya kamu bisa mengambil keputusan untuk menjual atau membeli emas. Untuk membeli emas, sebaiknya kamu membelinya di harga yang rendah dan menjualnya saat harga naik.

Jangan sampai menjual emas saat harganya di bawah harga beli karena itu bisa membuat kamu malah jadi buntung. Namun begitu, investasi dalam bentuk apapun, baik emas ataupun hal lain, kamu harus selalu konsisten dan komitmen. Hal ini adalah kunci agar investasi kamu sesuai dengan target.

3. Mengambil kredit rumah

Catat! Ini 4 Cara Mudah Millennial Bisa Punya RumahIlustrasi menabung untuk membeli rumah (Shutterstock/Tanoy1412)

Jika uang sudah terkumpul, nah gak ada salahnya kamu mulai memberanikan diri mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Fasilitas KPR  menjadi pilihan tepat  bagi semua orang yang ingin memiliki rumah tetapi memiliki dana terbatas. Melalui KPR, kamu dapat mengajukan dan menerima sejumlah dana dari bank selaku lembaga pembiayaan untuk membeli rumah impian. 

BRI saat ini merupakan salah satu BUMN yang dipercaya oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai bank penyalur KPR Sejahtera dengan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Dengan aplikasi SiKasep yang telah dikembangkan oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), pengajuan KPR Sejahtera FLPP menjadi lebih mudah dan fleksibel. Tidak perlu repot datang ke bank, kamu bisa langsung apply KPR Sejahtera FLPP secara online dan pilih BRI sebagai bank penyalur melalui aplikasi SiKasep.

Catat! Ini 4 Cara Mudah Millennial Bisa Punya RumahPromo KPR BRI Virtual Expo 2021 (Dok. BRI)

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Sejahtera FLPP BRI adalah kredit pemilikan rumah bersubsidi yang diberikan kepada masyarakat dengan gaji atau penghasilan keluarga maksimal Rp 8 juta.

Kamu juga bisa menikmati berbagai keuntungan seperti, suku bunga 5 persen p.a fixed selama jangka waktu kredit,dengan jangka waktu kredit maksimum hingga 20 tahun dengan tetap mengacu kepada persyaratan pembatasan umur calon debitur, bebas premi asuransi dan PPN.

Sementara itu, syarat yang harus dipenuhi untuk calon debitur yang mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Sejahtera FLPP BRI adalah obyek yang dibeli harus merupakan rumah pertama atau belum memiliki rumah sebelumnya, belum pernah menerima subsidi perumahan serta memiliki penghasilan tetap keluarga maksimal Rp 8 juta. Kamu bisa mencari informasi lebih lanjut dengan mengunduh aplikasi SiKasep di Google Playstore atau klik di sini. (CSC)

Baca Juga: BNI Tawarkan KPR untuk Millennial, Bunganya Murah

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya