Comscore Tracker

Doa Saat Interview Kerja atau Sidang Akhir Agar Tenang dan Lancar  

Jangan lupa baca zikir ini untuk menghilangkan rasa takut

Jakarta, IDN Times - Sidang akhir dan interview  atau wawancara kerja adalah momen-momen yang sangat menegangkan, terutama bagi millennial yang baru lulus sekolah atau lulus kuliah. Meski sudah belajar dan latihan bicara berkali-kali, tetap saja jantung akan berdegup kencang dan tiba-tiba rasa panik melanda begitu masuk ke ruangan tempat wawancara atau ruang sidang.

Apalagi jika melihat saingan sesama pencari kerja atau saat mendengar teman yang baru keluar ruang sidang dan bercerita mengenai dosen penguji, membuat tangan menjadi dingin dan susah berkonsentrasi.

Nah, kamu-kamu yang akan menghadapi sidang akhir atau akan wawancara kerja, ada doa untuk mengurangi rasa panik dan tegang, juga membantu konsentrasi dalam menghadapi ujian yang akan dilalui. Doa ini dibaca sebelum memasuki ruang sidang atau ruang wawancara. Jangan lupa juga banyak berzikir. Nih, doa saat interview kerja yang bisa kamu baca agar rasa panik hilang dan tidak tegang.

Baca Juga: Doa Menghadapi Kenyataan Pahit Agar Emosi dan Mental Tetap Terkendali

1. Saat hendak keluar rumah, awali dengan membaca doa ini

Doa Saat Interview Kerja atau Sidang Akhir Agar Tenang dan Lancar  Ilustrasi Bekerja Redaksi (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Agar setiap langkah menuju tempat interview atau sidang berjalan lancar dan hati bisa lebih tenang, saat akan keluar dari rumah bacalah doa ini.

بِسْمِ اللهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ.

(Bismillahi Tawakkaltu 'Alallahi Walaa Haula Wa Laa Quwwata Illa Billahi)

Artinya: Dengan nama Allah (aku keluar). Aku bertawakkal kepada-Nya, dan tiada daya dan kekuatan kecuali karena pertolongan Allah.

Doa ini baiknya diucapkan saat hendak membuka pintu atau sebelum melangkahkan kaki keluar pintu. Dengan membaca doa di atas, harapannya perjalanan ke tempat tujuan akan berjalan lancar dan dilindungi oleh Allah SWT.

Doa ini juga bisa dibaca untuk meminta perlindungan Allah SWT saat hendak akan berpergian atau melakukan aktivitas. 

2. Untuk menenangkan hati, selama perjalanan penuhi hati dengan membaca zikir ini

Doa Saat Interview Kerja atau Sidang Akhir Agar Tenang dan Lancar  Bandara Suvarnabhumi, Thailand (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Agar hati menjadi lebih tenang dan siap menghadapi apapun, bacalah zikir ini selama perjalanan dan sebelum masuk ke dalam ruang sidang atau interview.

لا إله إلا الله

(La Ilaha Illallah)
Artinya: Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah.

Dikutip dari muhammadiyah.or.id, bacaan di atas berfungsi untuk mengurangi rasa takut. Oleh karena itu, bacaan tersebut dapat dilafalkan selama perjalanan hingga saat kita menunggu giliran untuk masuk ke ruang sidang atau interview.

Dengan membaca zikir tersebut berulang-ulang, dapat membantu kita dalam menenangkan hati. Selain itu, kita bisa meningkatkan fokus dan mengurangi gelisah berlebih selama perjalanan dan saat waktu tunggu.

Jadi, kita bisa menghadapi apapun dan siapapun di perjalanan serta tempat sidang atau interview kerja.

3. Doa saat hendak memasuki ruang sidang atau ruang interview

Doa Saat Interview Kerja atau Sidang Akhir Agar Tenang dan Lancar  Ilustrasi Bekerja Redaksi (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Ada baiknya sebelum memasuki ruang sidang atau ruang interview, kita membaca doa ini.

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً.

(Allahumma lã sahla illa mã ja’altahu sahla wa anta taj’alul hazna idzã syi’ta sahla)

Artinya: Ya Allah, tidak ada yang mudah kecuali apa yang Engkau mudahkan dan tidak ada yang sulit jika Engkau menghendakinya kemudahan.

Adapun saat membaca doa ini, baiknya dillafalkan sambil mengatur napas dan meyakinkan diri bahwa kita dapat menghadapi siapa pun yang ada di dalam ruangan. Doa ini diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umatnya, hal tersebut disampaikan oleh Anas bin Malik dan tercantum dalam hadis riwayat Ibnu Hibban.

4. Doa saat keluar ruang sidang atau interview

Doa Saat Interview Kerja atau Sidang Akhir Agar Tenang dan Lancar  Ilustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Terakhir, saat kita sudah keluar dari ruang sidang dan interview, ada baiknya membaca doa ini. Fungsinya, agar kita dapat bertawakal kepada setiap keputusan yang akan diberi oleh Allah SWT.

اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِعِزَّتِكَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَنْ تُضِلَّنِى أَنْتَ الْحَىُّ الَّذِى لاَ يَمُوتُ وَالْجِنُّ وَالإِنْسُ يَمُوتُونَ

(Allahumma laka aslamtu wa bika amantu wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khoshomtu. Allahumma inni a’udzu bi ‘izzatika laa ilaha illa anta an tudhillanii. Antal hayyu alladzi laa yamuut wal jinnu wal insu yamuutun”

Artinya: Ya Allah, aku berserah diri pada-Mu, aku beriman pada-Mu, aku bertawakkal pada-Mu, aku bertaubat pada-Mu, dan aku mengadukan urusanku pada-Mu. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan kemuliaan-Mu, tidak ada ilah selain Engkau yang bisa menyesatkanku. Engkau Maha Hidup dan tidak mati sedangkan jin dan manusia mati (HR. Muslim No. 2717)

Selain itu, bisa juga membaca satu potongan ayat dari surat At-Taubah ayat 129 yang berbunyi:

فَإِن تَوَلَّوْا۟ فَقُلْ حَسْبِىَ ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ ۖ وَهُوَ رَبُّ ٱلْعَرْشِ ٱلْعَظِيمِ

(Fa in tawallau fa qul ḥasbiyallāhu lā ilāha illā huw, 'alaihi tawakkaltu wa huwarabbul-'arsyil-'aẓīm)

Artinya: Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah, "Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arsy yang agung" (At-Taubah ayat 129).

Dengan melafalkan dua bacaan di atas, harapannya semua usaha yang sudah kita lakukan dapat diaminkan segera oleh Allah SWT, karena Tuhan Yang Maha Kuasa lah yang dapat mengatur doa dan usaha kita. Jadi, jangan takut lagi untuk menghadapi sidang dan interview kerja, ya.

Baca Juga: Meminta Keselamatan di Luar Rumah, Ini Penjelasan Lengkap Doa Safar

Topic:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya