Comscore Tracker

Dinkes Tulungagung Gelar Vaksinasi Drive Thru untuk Lansia

Merupakan prioritas penerima vaksin

Tulungagung, IDN Times - Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung menggelar vaksinasi dengan sistem layanan tanpa turun atau Drive Thru untuk para lansia. Mereka yang berusia di atas 60 tahun, bisa mendapatkan suntikan vaksin COVID-19, tanpa harus turun dari kendaraannya.

Pelaksanaan vaksinasi drive thru ini merupakan salah satu upaya percepatan pemberian vaksin bagi lansia, menjelang lebaran tahun ini. Sesuai intruksi pemerintah pusat, lansia diprioritaskan untuk segera menerima suntikan vaksin.

1. Sebanyak 67 ribu lansia masuk sasaran penerima vaksin

Dinkes Tulungagung Gelar Vaksinasi Drive Thru untuk LansiaPelaksanaan vaksinasi drive thru untuk lansia di Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Kabid P2PM Dinas Kesehatan Tulungagung, Didik Eka menerangkan, total sasaran penerima vaksin lansia mencapai 67 ribu. Hingga saat ini, terdapat 8 ribu lansia yang sudah mendapatkan suntikan vaksin.

Lansia merupakan salah satu kelompok rentan yang menjadi prioritas penerima vaksin. "Terutama menjelang lebaran ini, seusai intruksi lansia menjadi prioritas penerima vaksin," ujarnya, Kamis (29/4/2021).

Baca Juga: 120 Pelangar Lalu Lintas Terekam Kamera ETLE di Tulungagung

2. Dekatkan layanan faskes terhadap lansia

Dinkes Tulungagung Gelar Vaksinasi Drive Thru untuk LansiaPetugas menyiapkan vaksin. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Untuk penerima vaksin lansia ini, pihak Dinkes memberikan pelayanan yang sedikit berbeda. Jika penerima vaksin lain mereka harus mendatangi faskes terdekat untuk mendapatkan suntikan, bagi lansia pihak Dinkes yang berusaha mendekatkan faskes.

Mereka mendatangi lansia yang telah berkumpul di balai desa kemudian memberikan suntikan vaksin. "Kalau lansia kami berusaha mendekatkan faskes ke mereka, kita targetkan seluruh lansia bisa selesai menerima suntikan vaksin akhir tahun ini," tutur Didik.

3. Lansia antusias ikuti vaksinasi drive thru

Dinkes Tulungagung Gelar Vaksinasi Drive Thru untuk LansiaPelaksanaan vaksinasi drive thru untuk lansia di Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Adanya vaksinasi drive thru bagi lansia ini disambut hangat oleh Ineke Theresia (61). Sebelumnya Ineke telah mendaftarkan diri ke beberapa faskes untuk mendapatkan suntikan vaksin. Namun saat itu jumlah vaksin yang tersedia sangat terbatas. Ineke mulai pesimis mendapatkan vaksin ini.

Bahkan dirinya smepat diajak oleh temannya untuk menjalani vaksinasi di Surabaya. "Akhirnya kemarin tahu dari teman saya kalau ada vaksinasi lansia secara drive thru," pungkasnya.

Baca Juga: Dalai Lama Vaksinasi COVID-19, Imbau Lainnya untuk Vaksinasi

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya