Comscore Tracker

Lagi, Perawat di Kabupaten Tulungagung Meninggal karena COVID-19

Tenaga kesehatan ketiga yang gugur akibat COVID-19

Tulungagung, IDN Times - Seorang perawat di Kabupaten Tulungagung berinisial LTP meninggal dunia usai terpapar virus corona, Senin (23/11/2020). Perawat berjenis kelamin perempuan ini bertugas di salah satu ruangan di RSUD Dr. Iskak Tulungagung. Kasus meninggalnya tenaga kesehatan karena COVID-19 ini merupakan yang ketiga kalinya. Dua tenaga kesehatan lainnya adalah seorang perawat di rumah sakit dan bidan di Puskesmas.

1. Terpapar dari tenaga kesehatan lain

Lagi, Perawat di Kabupaten Tulungagung Meninggal karena COVID-19Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tulungagung, Galih Nusantoro menerangkan dari hasil tracing yang dilakukan oleh petugas, LTP terpapar dari tenaga kesehatan lain yang juga terkonfirmasi positif corona.

Ia awalnya mengeluhkan kurang enak badan dan sempat menjalani perawatan di sebuah rumah sakit swasta selama 4 hari. Namun, karena tidak menunjukkan perkembangan positif, ia lalu dirujuk ke RSUD Dr Iskak selama dua hari. Setelah dilakukan tes swab, pasien ini dinyatakan terkonfirmasi positif. "Hasil tes swab nya keluar pada 21 November dan pasien langsung dirawat di RSUD Dr Iskak," ujarnya, Senin (23/11/2020).

2. Memiliki komorbid penyakit asma

Lagi, Perawat di Kabupaten Tulungagung Meninggal karena COVID-19Ilustrasi corona. IDN Times/Arief Rahmat

LTP diketahui mempunyai komorbid penyakit asma. Lantaran kondisinya terus mengalami penurunan ia pun dirujuk ke RS Universitas Airlangga Surabaya. LTP kemudian meninggal dunia Senin pagi.

"Proses pemulasaran jenazah kita lakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku," imbuhnya.

Baca Juga: Bertambah Lagi, Ini Daftar Perawat di Jatim yang Gugur karena COVID-19

3. Persentase kesembuhan capai 94 persen

Lagi, Perawat di Kabupaten Tulungagung Meninggal karena COVID-19Peta sebaran COVID-19 di Kabupaten Tulungagung, IDN Times/ istimewa

Berdasarkan data terakhir, angka kasus COVID-19 di Kabupaten Tulungagung mencapai 535 orang. Dari jumlah tersebut, 505 atau 94,3 persen di antaranya dinyatakan sudah sembuh. Sementara, sebanyak 24 orang menjalani perawatan dan karantina. Sedangkan 6 orang lainnya meninggal dunia, tiga di antaranya merupakan tenaga kesehatan.

Baca Juga: Bertambah Lagi, Ini Daftar Dokter di Jatim yang Gugur karena COVID-19

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya