Comscore Tracker

Mahasiswa UIN SATU Tulungagung Mulai Kuliah Tatap Muka

Hanya mahasiswa baru saja yang masuk

Tulungagung, IDN Times - Ribuan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullan (UIN SATU) Tulungagung mulai mengikuti perkuliahan tatap muka hari ini. Penerapan protokol kesehatan ketat dilakukan sejak gerbang pintu masuk. Jumlah mahasiswa tiap kelas juga dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas total.

1. Mahasiswa baru ikuti program Madin

Mahasiswa UIN SATU Tulungagung Mulai Kuliah Tatap MukaMahasiswa UIN SATU Tulungagung diperiksa security sebelum masuk kampus. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Mudir Ma'had UIN SATU Tulungagung, Teguh menerangkan untuk tahap pertama ini hanya mahasiswa baru yang mengikuti program Madrasah Diniyah (Madin) saja yang masuk. Dari total 6 kelas di program ini, hanya tiga yang mengikuti kuliah tatap muka. Yakni kelas Baca Tulis Al-Quran, tilawah dan tahfidz. "Total mahasiswa yang masuk ada sekitar 1500 orang, mereka kita bagi dalam 82 ruangan," ujarnya, Senin (04/10/2021).

Baca Juga: Mantan Direktur PDAM Tulungagung Tersangka Kasus Korupsi

2. Sejumlah orang tua tidak berikan izin 

Mahasiswa UIN SATU Tulungagung Mulai Kuliah Tatap MukaMahasiswa UIN SATU Tulungagung diperiksa security sebelum masuk kampus. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Mahasiswa ini akan berada di dalam kampus maksimal 1,5 jam saja. Setelah perkuliahan selesai mereka langsung diarahkan untuk pulang ke rumah oleh pihak kampus. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kerumunan di dalam kampus. Untuk mengiktui perkuliahan tatap muka ini, mahasiswa harus sudah menjalani vaksinasi dan mendapatkan izin dari orang tua.

"Sampai hari ini ada juga orang tua yang tidak mengizinkan anaknya, pada prinsipnya kita tidak boleh memaksa, kalau tidak mau ya akan kuliah secara online," tuturnya.

3. Mahasiswa baru cukup senang bisa lihat kondisi kampus

Mahasiswa UIN SATU Tulungagung Mulai Kuliah Tatap MukaProses kuliah tatap muka di kampus UIN SATU Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Salah seorang mahasiswi, Azizah Nikmah mengaku senang dengan adanya perkuliahan tatap muka ini. Mahasiswsi baru jurusan Hukum Tata Negara ini belum pernah melihat kondisi kampusnya sejak mendaftar. Seluruh proses pendaftaran dilakukan secara online. Mata kuliah reguler juga disampaikan melalui online. "Senang akhirnya bisa lihat kampus, selama ini tidak pernah ke kampus juga," pungkasnya.

Baca Juga: Rusunawa UIN SATU Tulungagung Telah Kosong Pasien COVID-19

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya