Comscore Tracker

Vaksin Sinovac yang Tiba di Kota Kediri Tak Sesuai dengan Jumlah Nakes

Vaksinasi akan dimulai besok

Kediri, IDN Times- Ribuan dosis vaksin Sinovac tiba di Kota Kediri, Senin (25/1/2021) malam. Dengan pengawalan ketat dari kepolisian, vaksin ini selanjutnya disimpan di gudang farmasi milik Dinas Kesehatan setempat.

Petugas akan memulai proses vaksinasi, yang dijadwalkan berlangsung pada Rabu (27/1/2021) mendatang. Jajaran Forkopimda akan menjadi orang pertama yang disuntik vaksin di wilayah Kota Kediri. Meskipun telah datang, namun jumlah vaksin ini masih kurang. Dinas Kesehatan setempat masih menunggu kepastian jadwal kedatangan kekurangan vaksin ini.  

1. Lakukan koordinasi terkait kekurangan vaksin  

Vaksin Sinovac yang Tiba di Kota Kediri Tak Sesuai dengan Jumlah NakesPetugas menunjukkan vaksin sinovac yang datang, IDN Times/ istimewa

Kepala Bidang Pelayanan dan SDK, Dinas Kesehatan Kota Kediri, Dwi Sunaryati menuturkan jumlah vaksin yang telah datang ini sebanyak 3.680 dosis. Padahal sesuai SK Kementerian Kesehatan, seharusnya mereka menerima 4.700 dosis vaksin sinovac.

Jumlah ini pun dirasa masih kurang karena total tenaga kesehatan mencapai 5000 orang. Hingga saat ini, mereka masih melakukan koordinasi untuk kekurangan vaksin tersebut. "Kalau sesuai SK kementerian kesehatan seharusmua kita mendapat kiriman 4.700 dosis, ini kita masih lakukan koordinasi," ujarnya, Selasa (26/1/2020).

Baca Juga: KIPI Tak Temukan Reaksi Syok Vaksinasi COVID-19

2. Sebanyak 6 rumah sakit dan 9 Puskesmas siap layani vaksinasi

Vaksin Sinovac yang Tiba di Kota Kediri Tak Sesuai dengan Jumlah NakesGudang farmasi Dinkes Kota Kediri menjadi lokasi penyimpanan vaksin, IDN Times/ istimewa

Meskipun jumlah vaksin masih kurang, namun proses vaksinasi akan tetap berjalan sesuai jadwal. Kasi Survelens dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Kediri, Yuni Ulfah menjelaskan Vaksin ini diperuntukkan untuk tahap pertama vaksinasi.

Selain jajaran Forkopimda, para tenaga kesehatan yang sudah terdaftar juga menjadi prioritas utama. Mereka akan mendapatkan suntikan vaksin di sejumlah fasilitas kesehatan yang telah ditunjuk. "Terdapat 6 rumah sakit dan 9 puskesmas yang telah siap untuk melakukan vaksinasi”, terangnya. 

3. Besok vaksinasi akan dimulai

Vaksin Sinovac yang Tiba di Kota Kediri Tak Sesuai dengan Jumlah NakesIlustrasi penyuntikan vaksin, IDN Times/ Arief Rahmat

Pelaksanaan vaksinasi sendiri dijadwalkan akan dilakukan mulai Rabu (27/8/2021) besok. Vaksin yang telah datang ini untuk sementara disimpan di gudang farmasi, dengan penjagaan ketat. Mereka telah menyiapkan tempat penyimpanan ini dan memastikan kondisinya aman.

Aliran listrik serta rantai dingin telah disiapkan untuk menjaga suhu ruang stabil. Pengamanan gudang juga melibatkan pihak kepolisian setempat. “Selain pengaman dari propinsi, kami disini telah mempersiapkan petugas jaga, bahkan di malam hari. Disamping itu, disini juga dekat dengan polsek, Insyaallah pengamanan tidak ada masalah” pungkasnya. 

Baca Juga: Kota Malang Akan Lakukan Vaksinasi Simbolis, Sudah Ada 10 Relawan

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya