Ditemukan 14 WNA Masuk DPT di Yogyakarta

KPU DI Yogyakarta telah mencoret 10 WNA dari DPT

Yogyakarta, IDN Times - Temuan dugaan WNA masuk dalam Daftar Pemilih Tetap atau DPT pemilu 2019 terus bertambah. Hingga Sabtu (9/3) jumlah WNA yang masuk dalam DPT di DI Yogyakarta telah mencapai 14 orang.

WNA yang masuk di DPT di Kabupaten Bantul mencapai 8 orang, di Sleman 4 orang, di Kota Yogya dan Kabupaten Gunungkidul masing-masing 1 orang.

"Update WNA masuk DPT per tanggal 9 Maret ada 14, di Bantul 8, Sleman 4, Gunungkidul 1 dan Kota Yogyakarta 1," ujar Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu DIY, Amir, Sabtu (9/3)

Baca Juga: Viral WNA Punya e-KTP dan Masuk DPT, Ini Klarifikasi KPU

1. Petugas telah turun ke lapangan menemui WNA

Ditemukan 14 WNA Masuk DPT di YogyakartaIDN Times/Daruwaskita

Sementara itu, Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan mengatakan bahwa KPU telah menindaklanjuti temuan Bawaslu terkait WNA yang masuk dalam DPT. Bahkan, KPU telah melakukan klarifikasi terhadap temuan Bawaslu.

"Sudah ya (WNA dicoret dari DPT), teman-teman kami sudah lakukan proses klarifikasi dan verifikasi ke lapangan, bahkan ketemu dengan orangnya (WNA yang masuk DPT) langsung," katanya.

"Kalau data dari kiriman KPU RI kan hanya 3, dan itu 3 sudah kita verivikasi, sudah kita coret dan sudah buat berita acara juga," imbuh Hamdan

2. Temuan baru sebatas indikasi

Ditemukan 14 WNA Masuk DPT di YogyakartaIDN Times/Daruwaskita

Menurut Hamdan, dari jumlah temuan Bawaslu yang dilaporkan ke KPU jumlahnya cukup banyak. Namun jumlah tersebut masih sebatas indikasi, karena itu KPU melakukan proses klarifikasi dan verifikasi terkait temuan tersebut.

"Teman Bawaslu itu sudah kirim data, baru indikasi, dan setelah (KPU) turun ke lapangan, sebagian besar data WNA yang masuk DPT hanya kelahirannya yang luar negeri, tapi statusnya WNI. Jadi misal orangtua sekolah di Sidney, melahirkan anak di sana dan seiring berjalannya waktu tinggal di Indonesia, lalu jadi WNI," ujarnya.

3. 10 nama WNA telah dicoret dari DPT

Ditemukan 14 WNA Masuk DPT di YogyakartaIDN Times/Daruwaskita

Kendati demikian, Hamdan mengakui telah melakukan pencoretan terhadap 10 WNA yang masuk dalam DPT. Menurutnya, jumlah tersebut memang masih bersifat sementara dan jika menemukan nama WNA yang masuk DPT, KPU akan langsung menindaklanjutinya.

"Kalau yang kiriman KPU RI ada 3, tambah temuan Bawaslu kalau nggak salah 7 ya, jadi sekitar 10 WNA sudah dicoret. Nah, seandainya ada lagi (WNA masuk DPT) kita akan tindaklanjuti dengan prosedur yang sama," katanya.

Baca Juga: Pilpres 2019: KPU Coret 101 WNA yang Masuk DPT

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya