Pemasangan Terpal di Makam Raja Mataram Hampir Rampung

Pemasangan sempat terkendala mesin jahit rusak

Bantul, IDN Times - Pemasangan terpal di bangunan sisi timur makam raja-raja Mataram di Kecamatan Imogiri, Bantul memasuki fase terakhir. Rencananya hari ini, Senin (25/3), akan dilakukan pemasangan terpal pada bagian bawah longsoran.

1.Sabtu (23/3) lalu, petugas kewalahan karena mesin jahit sempat rusak

Pemasangan Terpal di Makam Raja Mataram Hampir RampungIDN Times/Daruwaskita

Kepala Pelaksana BPBD DIY, Biwara Yuswantana pemasangan terpal pada hari Sabtu (23/3) lalu sempat mengalami kendala dengan rusaknya mesin jahit dan petugas yang mengalami kelelahan.

"Memang ada kendala pada jarum mesin jahit yang patah atau ngadat, ya mungkin karena dipakai untuk menjahit terpal yang sangat banyak dan harus cepat. Apalagi untuk perbaikannya harus di Kota (Jogja)," ucapnya.

2. Hari ini rapikan terpal sisi barat dan timur

Pemasangan Terpal di Makam Raja Mataram Hampir RampungIDN Times/BPBD DIY

Biwara menjelaskan pemasangan terpal dilanjutkan kembali pada Minggu (24/3) hingga pukul 18.00 WIB dan hari ini pemasangan terpal kembali dilakukan.

"Untuk hari ini, kami merapikan pasangan terpal di sisi timur dan barat longsoran (bangunan calon makam Sri Sultan HB X) dan menjahit, memasang serta merapikan terpal yang dipasang di depan makam Saptorenggo (bangunan makam Sri Sultan HB IX)," katanya.

"Selain itu tadi juga dimulai penjahitan terpal sheet ke 4 untuk finishing, yaitu menutup bagian terbawah longsoran. Karena untuk sheet 4 ukurannya 20x30 meter (terpal yang digunakan menutupi longsoran)," katanya.

3. Dibuat saluran drainase cegah air masuk ke longsoran

Pemasangan Terpal di Makam Raja Mataram Hampir RampungIDN Times/Daruwaskita

Karena hal tersebut, maka target penyelesaian yang semula direncanakan memakan waktu 3 hari akan diperpanjang. Lebih lanjut, selain pemasangan terpal, BPBD DIY juga akan membuat saluran air darurat di lokasi longsoran.

"Untuk mencegah aliran air masuk ke longsoran existing (yang sudah ada -red), maka rencananya akan dibuat saluran dari parkir timur makam baru (calon makam HB X) agar tidak masuk ke longsoran yang sekarang dan tidak memicu longsor susulan. Juga dibuat drainase darurat dari area terpal ke sungai terdekat, nanti yang melakukan Dinas PU-ESDM DIY," ujarnya.

Biwara menambahkan, untuk pemasangan terpal di lokasi longsoran, BPBD DIY menerjunkan 10 personil yang didukung sejumlah relawan. Hal itu agar pemasangan terpal dapat cepat terselesaikan.

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya