Jalan Medan Merdeka Barat Tutup, Kapolres Jakpus Bantah Ada Siaga 1

Harry Kurniawan hanya sebut peningkatan keamanan

Jakarta, IDN Times - Suasana sepi tanpa kendaraan berlalu-lalang menjadi pemandangan saat ini di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat pada Jumat (24/5). Sejumlah pasukan TNI baret ungu Angkatan Laut (AL) dan Polisi terlihat berjaga di dalam dan luar gedung MK.

Menurut rencana, tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan mendatangi MK untuk melayangkan gugatan hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 pada hari ini.

Baca Juga: Pengurus Masjid Sunda Kelapa: Perusuh Demo 22 Mei Bukan Umat Islam 

1. Kapolres Jakarta Pusat bantah ada Siaga 1

Jalan Medan Merdeka Barat Tutup, Kapolres Jakpus Bantah Ada Siaga 1IDN Times/Denisa Tristianty

Kapolres Jakarta Pusat Harry Kurniawan terlihat menumpangi mobil golf dari arah samping Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pada pukul 14.55 WIB. Harry menuju Gedung MK.

"Gak, ini Operasi Mantap. Kalau di kami (Kepolisian) Operasi Pengamanan Pemilihan Presiden, Operasi Mantap Jaya. Jaya itu Jakarta," kata Harry membantah status Siaga 1 di kawasan Jalan Medan Merdeka Barat dan sekitarnya.

2. Tak ada pengamanan khusus

Jalan Medan Merdeka Barat Tutup, Kapolres Jakpus Bantah Ada Siaga 1IDN Times/Denisa Tristianty

Bantahan Harry juga dia jelaskan dengan jumlah personil yang diturunkan hari ini. Meski tak tetapkan Siaga 1, tak sedikit anggota Polisi dan kompi Brimob terparkir di sekitaran Jalan Medan Merdeka Barat.

"Gak, kalau ini cuma ada peningkatan saja. MK itu kan hari ini terakhir laporan sengketa Pilpres. Ada 1.700-an anggota dari (Jakarta) Pusat hari ini," ujar dia.

3. Titik konsentrasi pengamanan Polri

Jalan Medan Merdeka Barat Tutup, Kapolres Jakpus Bantah Ada Siaga 1IDN Times/Denisa Tristianty

Jumlah pasukan Kepolisian masih sebelas ribu orang dikerahkan menjaga keamanan MK, Bawaslu RI, dan sekitarnya. Dari pantauan IDN Times, kawasan Bawaslu RI, Jalan Thamrin masih ditutup akses menuju Thamrin-Kota dan sebaliknya.

Lalu lintas aktif bergerak di Jalan Agus Salim-Jalan Sabang, Menteng, Jakarta Pusat. Harry menyatakan tak ada perbedaan dari hari kemarin.

" Ya, sama juga hari ini," ujar dia.

Sementara, lalu lintas Jalan Medan Merdeka-Thamrin dan menuju Kota juga ditutup. Lalu lintas dialihkan ke Jalan Cideng, Jakarta Pusat.

 

Baca Juga: Massa Demo Sempat Kumpul di Masjid Sunda Kelapa, Pengurus Merespons 

Topik:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya