Comscore Tracker

Pusara Blok M 129 Siap untuk Persemayaman Jenazah Ani Yudhoyono

Makam Ani dekat dengan pusara Ainun Habibie

Jakarta, IDN Times - Liang lahat seluas 2 x 1 meter berkarpet merah di semua sisi masih terbuka, dan dipayungi tenda berwarna merah dan putih. Itulah suasana di tempat peristirahatan terakhir mendiang Ibu Negara 2004-2014 Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6) pagi.

Direktur Jenderal Kebudayaan Sosial Kementerian Sosial RI Pepen Nazaruddin mengatakan letak batu nisan tidak diatur negara.

"Jadi, kalau penempatan nisan itu tidak diatur (negara). Yang diatur adalah penempatan seseorang yang dimakamkan di TMP Nasional Kalibata. Itu ada persyaratan persyaratannya," kata Nazaruddin kepada IDN Times di TMP Kalibata, Blok M, Minggu (2/6) pukul 08.15 WIB.

Makam Ani terletak di bawah pusara Ainun Habibie, di Blok M Nomor 129. Kebetulan, kata Nazaruddin, di area tersebut masih kosong.

"Dekat Ibu Ainun Habibie, dekat Pak Ali Alatas. Memang masih kosong di sini," ucap dia.

Nazaruddin menjelaskan luas liang lahat untuk jenazah Ani tidak jauh berbeda dengan makam lainnya. Namun, soal peti jenazah akan diturunkan atau tidak, ia belum tahu persis.

"Ukuran liang lahat sama dengan yang lain. Tapi, kami belum tahu penurunan peti nanti, atau hanya penurunan jenazah," kata dia.

Menurut rencana, upacara pemakaman Istri Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu akan dilakukan pada pukul 15.00 WIB.

Baca Juga: Ini Jadwal Prosesi Pemakaman Ani Yudhoyono

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You