Tuntut Ganti Rugi soal Natuna, Massa KKPMP Demo Depan Kedubes Tiongkok

Demonstran mendesak temui Kedubes Tiongkok

Jakarta, IDN Times - Ratusan orang yang tergabung dalam Kesatuan Komando Pembela Merah Putih (KKPMP) menggelar demonstrasi di depan gedung Kedutaan Besar Republik Rakyat China, Mega Kuningan, Jakarta, Senin (13/1).

Mereka menuntut agar Kedutaan Besar Tiongkok mengganti rugi soal Natuna.

Baca Juga: 3 Saran Guru Besar UI Hikmahanto Agar RI Tetap Pertahankan Natuna

1. Demonstran menuntut beberapa poin penting terkait Natuna

Tuntut Ganti Rugi soal Natuna, Massa KKPMP Demo Depan Kedubes TiongkokRatusan orang yang tergabung dalam Kesatuan Komando Pembela Merah Putih (KKPMP) demonstrasi di Gedung Kedutaan Besar Republik Rakyat China, Mega Kuningan, Jakarta, Senin (13/1). (IDN Times/Denny Adhietya)

Demonstran yang datang dari berbagai daerah ini menuntut beberapa poin penting terkait pelanggaran yang dilakukan Tiongkok di perairan Natuna. Panglima Laskar Besar Kesatuan Komando Pembela Merah Putih Nelson mengatakan, terdapat dua poin utama tuntutan aksi ini.

"Tujuan kami ada dua poin penting, yang pertama, segera mengusir bangsa China yang berada di perairan Natuna, yang kedua nelayan asing harus ditangkap dan ditindak lanjut sesuai dengan hukum yang berlaku," ucap dia.

2. Ratusan aparat kepolisian mengawal demonstran

Tuntut Ganti Rugi soal Natuna, Massa KKPMP Demo Depan Kedubes TiongkokRatusan orang yang tergabung dalam Kesatuan Komando Pembela Merah Putih (KKPMP) demonstrasi di Gedung Kedutaan Besar Republik Rakyat China, Mega Kuningan, Jakarta, Senin (13/1). (IDN Times/Denny Adhietya)

Massa yang mengikuti demonstrasi ini sekitar 700 orang. Mereka datang dari berbagai daerah. "Ini hanya perwakilannya saja, kurang lebih 700 orang," ucap Nelson.

Aksi yang berlangsung sejak pukul 10.30 itu dijaga ketat oleh ratusan aparat kepolisian. "Kami menjaga situasi aksi ini dengan mengerahkan kurang lebih 458 personel," ucap Kapolsek Setia Budi AKBP Bayu Sutra di lokasi.

3. Demonstran meminta bertemu Kedutaan Besar Tiongkok

Tuntut Ganti Rugi soal Natuna, Massa KKPMP Demo Depan Kedubes TiongkokMassa Kesatuan Komando Pembela Merah Putih (KKPMP) gelar demonstrasi soal Natuna di Gedung Kedutaan Besar Republik Rakyat China, Mega Kuningan, Jakarta, Senin (13/1). (IDN Times/Denny Adhietya)

Massa KKPMP mendesak bertemu Kedutaan Besar Tiongkok, untuk menyampaikan tuntutan mereka secara langsung. Namun, Kapolsek Bayu Sutra melarangnya, karena untuk menemui Kedubes dibutuhkan surat pengantar.

"Belum ada mediasi, pihak ormas KKPMP harus buat surat terlebih dahulu, sehingga nanti bisa kita sampaikan untuk bisa dilakukan mediasi," ucap Bayu.

Baca Juga: Soal Natuna, Ngabalin ke Fadli Zon: Move On, Jangan Nyinyir Melulu! 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya