50 Tahun Indonesia-Korsel, Mengingat Kembali Momen Jokowi dan K-Pop

K-Pop menjadi salah satu penghubung Indonesia dan Korsel

Jakarta, IDN Times - Hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan memasuki tahun ke-50 pada 2023. Salah satu yang memperkuat hubungan kedua negara adalah K-Pop.

Indonesia menjadi salah satu pasar K-Pop yang tinggi dan mumpuni. Hal itu terbukti dari banyaknya konser artis K-Pop yang digelar di Tanah Air.

K-Pop di Indonesia mulai menggeliat antara tahun 2008-2009 sejak kemunculan drama Korea berjudul Boys Before Flowers (BBF). Meskipun sebelum itu penggemar K-Pop sudah ada, tetapi tayangnya BBF mendongkrak semakin banyaknya para penggemar K-Pop di Indonesia.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo (Jokowi) menjadi pembicaraan ketika momen pertemuannya dengan artis K-Pop terjadi. Banyak yang mengatakan momen pertemuan Jokowi dengan para artis K-Pop itu pun sebagai salah satu bentuk diplomasi.

Meski bisa dihitung jari, tetapi hal itu tampaknya berhasil membuat hubungan Indonesia dan Korea semakin akrab.

1. Awal mula Jokowi dan K-Pop

50 Tahun Indonesia-Korsel, Mengingat Kembali Momen Jokowi dan K-PopMusic Bank in Jakarta (soompi.com)

Pada tahun 2013 saat Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi menghadiri gelaran acara Music Bank in Jakarta 2013 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat.

Berdasarkan catatan IDN Times, acara itu digelar dalam rangka merayakan hubungan diplomasi 40 tahun kerja sama Indonesia dan Korea Selatan. Banyak artis K-Pop yang tampil di acara tersebut seperti Super Junior, SHINee, 2PM, BEAST, INFINITE, SISTAR, Teen Top, dan Eru.

Saat itu, Jokowi sempat menghadiri konferensi pers yang juga dihadiri perwakilan para artis serta menyaksikan langsung gelaran konser yang ditayangkan di stasiun televisi Korea, KBS itu.

Baca Juga: Jokowi Bakal Terbitkan Keppres untuk Perpanjangan Jabatan Pimpinan KPK

2. Jokowi foto bareng Minho SHINee bikin histeris

50 Tahun Indonesia-Korsel, Mengingat Kembali Momen Jokowi dan K-PopJokowi dan Kahiyang Ayu berfoto bersama Minho SHINee. (Dok. Istimewa)

Masih dalam suasana gelaran acara tersebut, penggemar K-Pop di Tanah Air lalu dikejutkan dan dibuat histeris dengan munculnya foto Jokowi bersama salah satu member SHINee, Minho.

Tidak sendiri, Jokowi berfoto bersama Minho SHINee bersama putrinya, Kahiyang Ayu. Anak kedua Jokowi itu diketahui merupakan penggemar SHINee dan mengidolakan Minho.

Setelah Jokowi menjadi Presiden, ketika Kahiyang Ayu melangsungkan pernikahan pada 2017, Moon Jae In, yang saat itu menjabat sebagai Presiden Korea Selatan, menghadiahkan video ucapan selamat dari Minho SHINee untuk Kahiyang.

Potongan video itu sempat diunggah Kahiyang di Instagram Story. Selain itu, Kahiyang juga mendapat hadiah album EXO bertandatangan yang juga menjadi grup favoritnya.

3. Pedekate Jokowi pamerkan foto bareng Minho SHINee

50 Tahun Indonesia-Korsel, Mengingat Kembali Momen Jokowi dan K-PopPresiden Jokowi bertemu dengan Ketua Majelis Nasional (DPR) Korea Selatan, Kim Jin-pyo di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta (dok. Sekretariat Presiden)

Pada tahun 2016, Presiden Jokowi juga sempat memamerkan foto tersebut saat memberikan pidato di hadapan para pengusaha Korea Selatan dalam kunjungannya ke Negeri Ginseng.

Melansir ANTARA, saat itu Jokowi mengatakan, pemerintah Indonesia berfokus pada kerja sama percepatan industrialisasi bersama Korea Selatan.

"Dalam pembicaraan bilateral tadi, Indonesia ingin memfokuskan pada kerja sama untuk percepatan industrialisasi di Indonesia, serta pengembangan industri kreatif," kata Presiden dalam pernyataan pers bersama Presiden Park Geun Hye di Istana Cheong Wa Dae, Seoul, Senin (16/5/2016).

Sejumlah industri kreatif tersebut, di antaranya bidang busana, film, bioskop, dan penyiaran. Jokowi juga mengatakan, Korsel merupakan mitra strategis yang penting dan mitra utama Indonesia di Asia.

Baca Juga: Jokowi Ajak Malaysia Lawan Diskriminasi Komoditas Kelapa Sawit

4. Habis SHINee muncul Super Junior

50 Tahun Indonesia-Korsel, Mengingat Kembali Momen Jokowi dan K-PopJokowi dan Iriana berpose dengan Super Junior. (Dok. Istimewa)

Pada tahun 2018, momen pertemuan Jokowi dengan artis K-Pop kembali dilakukan. Kali ini, Super Junior menjadi grup yang akrab dengan Jokowi.

Tidak hanya sekedar foto bareng, bersama Super Junior, Jokowi menunjukkan keakrabannya. Hal itu bermula dari opening ceremony Asian Games 2018 yang digelar di SUGBK, Jakarta Pusat.

5. Jokowi dan Super Junior goyang dayung

50 Tahun Indonesia-Korsel, Mengingat Kembali Momen Jokowi dan K-PopJokowi dan Super Junior melakukan goyang dayung. (Instagram/superjunior)

Saat itu, Super Junior menjadi salah satu artis K-Pop yang diundang untuk mengisi acara pembukaan perhelatan akbar olahraga di Asia itu. Indonesia, menjadi tuan rumah penyelenggaraan acara tersebut.

Ketika tampil membawakan lagu Bonamana, salah satu personel Super Junior, yaitu Donghae, sempat menunjukkan goyang dayung yang dilakukan Jokowi.

Goyangan itu dilakukan Jokowi ketika menyaksikan penampilan Via Vallen yang membawakan lagu tema Asian Games 2018 di acara yang sama. Jokowi melakukan gerakan seperti orang yang sedang mendayung sehingga banyak publik yang menyebutnya sebagai goyang dayung.

Jokowi dan Super Junior pun sempat berpose dan melakukan goyang dayung bersama-sama ketika bertemu.

Baca Juga: Tertawa Temui Jokowi di Malaysia, Prabowo: Saya Baru Bikin Heboh Eropa

6. Diplomasi Super Junior

Pertemuan Jokowi dengan Super Junior itu bukan yang pertama. Pada 2017, Jokowi sempat bertemu dengan pimpinan Super Junior, Lee Teuk dalam acara Indonesia-Korea Business Summit.

"Saya hadir atas undangan Presiden Indonesia. Saya bangga berada di sini. Jokowi mengundang kami, kami merasa terhormat," ujar Leeteuk saat itu.

Namun bersama para personel Super Junior lainnya, pertemuan dalam kunjungan kenegaraan Jokowi itu adalah yang pertama.

Super Junior mendatangi hotel tempat Jokowi menginap dan memberikan cenderamata berupa album bertanda tangan mereka. Pertemuan tersebut, oleh para member Super Junior disebut sebagai Diplomasi Super Junior.

Baca Juga: Indonesia Diminta Terus Komitmen dalam Proyek Jet KF-21 Korsel 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya