BNPT Sebut Penyanderaan Pilot Susi Air Aksi Terorisme

Aksi KKB dinilai sebagai tindakan terorisme

Jakarta, IDN Times - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menegaskan, penyanderaan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) merupakan aksi terorisme.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT, Irjen Pol Ibnu Suhendra, dalam webinar bertajuk 'Penyanderaan Pilot Susi Air: Tindakan Terorisme?' belum lama ini.

"KKB menuntut kemerdekaan dengan mengancam akan menghilangkan nyawa pikot bila tuntutan tidak dipenuhi," kata Ibnu, dikutip dari ANTARA, Minggu (19/3/2023).

Baca Juga: TNI Sebut Video Viral Terbaru Pilot Susi Air Bagian dari Propaganda

1. Cara KKB adalah aksi terorisme

BNPT Sebut Penyanderaan Pilot Susi Air Aksi TerorismeTPNPB-OPM Komando Nasional Umumkan Resmi Photos dan Videos Bersama Pilot New Zealand, Dan Pilot Asal NZ Baik dan sehat. (dok. TPNPB-OPM)

Menurut Ibnu, cara-cara yang dilakukan KKB itu sama dengan aksi terorisme. Sebab, kata dia, jaringan teror yang beraski di Indonesia saat ini menggunakan strategi menebar rasa takut.

"Selain itu, terdapat motif politik dan ideologi yang memenuhi unsur pidana dalam pengertian tindak pidana terorisme dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018," kata dia.

Baca Juga: TNI Pilih Negosiasi Selamatkan Pilot Susi Air yang Disandera KKB

2. Penanganan terorisme mesti terukur

BNPT Sebut Penyanderaan Pilot Susi Air Aksi TerorismeIlustrasi teroris (IDN Times/Mardya Shakti)

Lebih lanjut, Ibnu mengatakan, penanganan aksi terorisme harus dilakukan dengan upaya yang sistematis, terukur, dan terkoordinasi.

Tujuannya adalah agar masalah tersebut dapat terselesaikan dengan baik.

"Terorisme adalah masalah kompleksitas yang tidak bisa ditangani serampangan. Ada ideologi yang harus diperangi yang sekaligus akar masalah yang harus dituntaskan," ujar dia.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Minta KKB Bebaskan Pilot Susi Air Tanpa Syarat

3. Kondisi pilot Susi Air terkini

BNPT Sebut Penyanderaan Pilot Susi Air Aksi TerorismeTPNPB-OPM Komando Nasional Umumkan Resmi Photos dan Videos Bersama Pilot New Zealand, Dan Pilot Asal NZ Baik dan sehat. (dok. TPNPB-OPM)

Belum lama ini, sebuah video memperlihatkan kondisi Philip Mark Mehrtens sedang bersama KKB. Dia sudah disandera selama satu bulan oleh KKB.

Dalam video itu, Philip tampak mengenakan jaket biru dan celana cokelat. Dia duduk bersama sejumlah anggota KKB dengan senjata lengkap baik laras panjang dan panah.

Juru Bicara TPNPB (WPNLA), Sebby Sambom, mengatakan Philips dalam keadaan baik dan sehat.

"Hai selamat pagi semuanya! Berikut update terbaru kami tentang kondisi pilot Selandia Baru di Pos TPNPB di Ndugama Derakma, kondisinya baik-baik saja, aman dan sehat," kata Sebby, Jumat (10/3/2023).

Baca Juga: Pilot Susi Air Masih Disandera KKB, Begini Kondisinya Kini!

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya