UI Jadi Universitas Peringkat Pertama di Indonesia Versi QS World 2023

UI mengumpulkan skor terbanyak

Jakarta, IDN Times - Universitas Indonesia (UI) menduduki peringkat pertama di antara perguruan tinggi Tanah Air untuk kategori Broad Subjects dan Narrow Subjects dalam The QS World University Rankings by Subject 2023.

"Pencapaian yang menempatkan UI sebagai yang terbaik di Indonesia ini memacu UI untuk lebih baik lagi ke depannya," ujar Rektor UI, Ari Kuncoro, dilansir dari ANTARA, Kamis (23/3/2023).

Baca Juga: Profil SMAN 28 Jakarta, Kirim Lulusannya ke Universitas Luar Negeri

1. UI kumpulkan skor terbanyak

UI Jadi Universitas Peringkat Pertama di Indonesia Versi QS World 2023Universitas Indonesia (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Dalam keterangan rilis QS yang diterima UI, kampus tersebut tercatat mengumpulkan skor terbanyak pada tiga dari lima Broad Subject Areas.

Kelima Broad Subject Area tersebut adalah Social Sciences & Management, Engineering & Technology, Arts & Humanities, Life Sciences & Medicine, dan Natural Sciences.

"Keunggulan UI di tiga Broad Subject yang dimaksud adalah Broad Subject Social Sciences & Management, Broad Subject Life Sciences & Medicine, dan Broad Subject Arts & Humanities," kata Ari.

Baca Juga: Ke Universitas Kyoto, Ma'ruf Harap Santri RI Bisa Kuliah di Jepang

2. Teratas pada kategori Subject Narrow

UI Jadi Universitas Peringkat Pertama di Indonesia Versi QS World 2023Universitas Indonesia. (studyinindonesia.kemdikbud.go.id/)

Ari menjelaskan, pada Broad Subject Social Sciences & Management, UI mendapatkan posisi teratas untuk Subject Narrow di Accounting & Finance, Anthropology, Business and Management Studies, Communication and Media Studies, Development Studies, Law, Politics and International Studies, serta Social Policy & Administration.

Kemudian, UI juga mendapat skor teratas dalam kategori Broad Subject Arts & Humanities pada Narrow Subject Modern Languages dan Performing Arts. Termasuk termasuk tertinggi di Broad Subject Life Sciences & Medicine pada Narrow Subject Medicine.

"Broad Subject Engineering & Technology, posisi UI kedua di Indonesia. Namun untuk Narrow Subject Computer Science & Information Systems dan Engineering Chemical, UI ada di peringkat pertama di Indonesia," kata dia.

Baca Juga: Profil SMA Kolese Kanisius, Sekolah Terbaik di Jakarta Pusat

3. Aspek yang dinilai

UI Jadi Universitas Peringkat Pertama di Indonesia Versi QS World 2023Universitas Indonesia. (ui.ac.id)

Lebih lanjut, ada lima aspek yang dinilai dalam pemeringkatan QS tersebut.

Kelima aspek tersebut adalah Academic Reputation, Employer Reputation, Citations per Paper, H-Index, dan International Research Network (IRN).

"Academic Reputation diperoleh dari pengumpulan suara lebih dari 151 ribu akademisi di seluruh dunia yang telah dilaksanakan antara 2018 dan 2022," kata dia.

Baca Juga: 5 Jalur Masuk Universitas Indonesia 2023, Catat Tanggalnya!

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya