Kepala PPATK: Kita Ingin Pemilu Adu Gagasan, Bukan Adu Kekuatan Uang

PPATK dukung KPU menyukseskan Pemilu 2024

Jakarta, IDN Times - Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana mengingatkan seluruh pihak mengutamakan visi, misi, dan gagasan, saat bertarung di Pemilu 2024. Ivan menegaskan, pemilu bukan tempat adu kekuatan uang.

"PPATK ingin pemilu ke depan itu kita memilih pimpinan dengan adu gagasan, visi, dan misi, bukan adu kekuatan uang, apalagi yang berasal dari sumber-sumber ilegal," kata Ivan di Jakarta, seperti dikutip dari ANTARA, Jumat (16/9/2023).

Baca Juga: Sambangi KPU, PPATK Pastikan Dugaan Dana Ilegal Parpol Diproses

1. PPATK Dukung KPU menyukseskan Pemilu 2024

Kepala PPATK: Kita Ingin Pemilu Adu Gagasan, Bukan Adu Kekuatan UangKantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Menteng, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Ivan menjamin PPATK siap mendukung Komisi Pemilihan Umum dalam menyukseskan Pemilu Serentak 2024. Salah satunya dengan mendeteksi dan mencegah penggunaan dana ilegal untuk kampanye.

"PPATK siap mendukung dan membantu KPU terkait dengan bagaimana kit amenghindari adanya dana-dana yang berasal dari kegiatan ilegal untuk digunakan untuk pembiayaan kontestasi politik ini," kata Ivan.

Baca Juga: Dukung Pemilu Bersih, PPATK: Bukan Adu Suap, Apalagi dari Dana Ilegal

2. Lakukan kajian batasan sumbangan dana kampanye

Kepala PPATK: Kita Ingin Pemilu Adu Gagasan, Bukan Adu Kekuatan UangIlustrasi uang (IDN Times/Aditya Pratama)

PPATK juga melakukan kajian khusus terkait batasan sumbangan pendanaan kampanye politik. Hal itu dilakukan untuk menciptakan pemilu yang bersih, jujur, dan adil.

"Nanti kami akan bertukar informasi, sosialisasi sama-sama dengan KPU dan kami siap mendukung pemilu ini agar menjadi pemilu yang bersih ke depan," kata Ivan.

Baca Juga: Cegah Pemilu Curang, Tim Reformasi Sarankan Jokowi Awasi Dana Kampanye

3. KPU ingatkan peserta pemilu laporkan dana kampanye

Kepala PPATK: Kita Ingin Pemilu Adu Gagasan, Bukan Adu Kekuatan UangKetua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengingatkan para peserta pemilu melaporkan dana kampanye.

"Ada kewajiban bagi para peserta pemilu untuk melaporkan dana kampanye," kata Hasyim.

KPU akan berkoordinasi dengan PPATK untuk mengawasi transaksi keuangan peserta pemilu dan pelaporan dana kampanye.

"Untuk itu disiapkan ada rekening khusus dana kampanye, pasti modelnya bankable atau transferable melalui bank dan ada lembaga yang khusus menangani transaksi keuangan, yaitu PPATK," jelas Hasyim.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya