Prabowo Unggah Foto Berbuka Bersama Titiek dan Didit, Terlihat Akrab

Prabowo, Titiek, dan Didit menyantap masakan khas nusantara

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto mengunggah potret bersama keluarga di akun Instagram pribadinya, @prabowo. Prabowo terlihat berbuka puasa bersama mantan istrinya, Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto.

Mereka terlihat menyantap sejumlah masakan nusantara yang terhidang di meja makan. Selain Titiek, terlihat juga putra Prabowo, Didit Hediprasetyo.

Dalam foto yang diunggah pada Selasa (12/3/2024) itu, terlihat Prabowo mengenakan kemeja biru gelap, sementara Titiek memakai pakaian dengan paduan biru dan putih.

Adapun Didit terlihat mengenakan hoodie coklat. Mereka terlihat akrab saat makan sambil bercengkerama di meja makan.

Foto yang diunggah tanpa keterangan atau caption itu mendapat respons positif dari netizen di kolom komentar. Foto tersebut telah mendapat 1.765.193 likes hingga Rabu (13/3/2024).

Baca Juga: Rajin Unggah Foto Prabowo, Akankah Titiek jadi Ibu Negara?

1. Bukan kali pertama unggah foto bersama

Prabowo Unggah Foto Berbuka Bersama Titiek dan Didit, Terlihat AkrabIDN Times

Momen kedekatan antara Prabowo dan Titiek bukan pertama kali ini terjadi. Prabowo dan Titiek belakangan cukup sering mengunggah foto bersama mereka di media sosial Instagram.

Titiek mengunggah foto Prabowo dan anak mereka, Didit Prabowo, di akun @titiksoeharto pada Kamis (15/2/2024). Dalam keterangan unggahan itu, Titiek mengucapkan selamat kepada Prabowo yang unggul berdasarkan hitung cepat (quick count) Pilpres 2024 yang dilakukan sejumlah lembaga survei.

Prabowo juga pernah mengunggah foto bersama mantan istrinya di akun Instagram @prabowo. Foto bersama Titiek pertama kali diunggah Prabowo pada 23 Februari 2017.

Prabowo juga mengunggah foto bersama Titiek saat menghadiri HUT RI ke-73 di Universitas Bung Karno, Jakarta.

Prabowo menikahi Titiek pada tanggal 8 Mei 1983 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Pernikahan mereka digelar dengan megah dan menggunakan adat Jawa. Mereka pun dikarunia anak pada 2 Maret 1984 yakni Didit Hediprasetyo yang lahir pada 26 Maret 1984.

Pernikahan Prabowo Subianto dan Titiek Soeharto tidak berlangsung selamanya. Pada tahun 1998, keduanya resmi bercerai karena dipicu situasi politik seiring dengan jatuhnya rezim orde baru. Meskipun bercerai, baik Titiek maupun Prabowo sejauh ini sama-sama belum pernah menikah dengan orang lain.

Baca Juga: Deretan Caleg Potensial Lolos di Dapil Yogyakarta, Ada Titiek Soeharto

2. Titiek Soeharto berpotensi melenggang ke Senayan

Prabowo Unggah Foto Berbuka Bersama Titiek dan Didit, Terlihat AkrabInteraksi Prabowo Subianto bersama Titiek Soeharto, dan Didit Prabowo. (instagram.com/titieksoeharto)

Sementara Titiek Soeharto juga berpotensi melenggang ke Senayan. Titiek maju sebagai calon anggota legislatif dari Partai Gerindra di daerah pemilihan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan hasil rekapitulasi nasional pemungutan suara Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) 2024 DPR RI di Provinsi DIY.

Berdasarkan hasil hitung kursi dengan metode sainte league tercatat sejumlah caleg yang lolos ke Senayan. Salah satunya, Titiek Soeharto.

Berikut deretan calon anggota legislatif yang melenggang ke Senayan dari dapil DIY:

PKB (1 kursi)
1. Kaisar Abu Hanifah

Gerindra (1 kursi)
1. Titiek Soeharto

PDIP (2 kursi)
1. My Esti Wijayanti
2. GM Totok Hedi Santosa

Golkar (1 kursi)
1. Gandung Pardiman

PKS (1 kursi)
1. Sukamta

Baca Juga: Prabowo-Gibran Dominan di Jawa Timur

3. Prabowo-Gibran pimpin perolehan suara sementara Pilpres 2024

Prabowo Unggah Foto Berbuka Bersama Titiek dan Didit, Terlihat AkrabPrabowo ucapkan maaf, Gibran peragakan gesturnya. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Rekapitulasi suara Pilpres 2024 memang belum rampung. Berdasarkan hasil hitung konkret yang ditampilkan di situs KPU pada 5 Maret 2024, pasangan Prabowo-Gibran memperoleh 58,82 persen suara.

Pasangan nomor urut 2 itu memperoleh 75.363.105 suara atau 58,82 persen. Perolehan suara mereka jauh meninggalkan pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dan pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Berdasarkan perolehan suara itu, kans Prabowo-Gibran melenggang ke Istana Kepresidenan begitu besar. Namun, publik sempat mempertanyakan status Prabowo yang tak memiliki pendamping jika terpilih sebagai presiden.

Jika resmi dilantik sebagai presiden pada 20 Oktober, Prabowo merupakan presiden pertama RI yang tak memiliki pendamping atau ibu negara.

Kedudukan dan kewenangan ibu negara di Indonesia memang tak diatur secara formal. Namun, posisi ibu negara masuk dalam salah satu bentuk pelayanan jajaran Sekretariat Presiden yang bertugas memberikan pelayanan kerumahtanggaan, keprotokolan, dan pelayanan pers kepada presiden serta wakil presiden.

Hal itu tertuang di dalam Keputusan Presiden Nomor 141 Tahun 1999 tentang Sekretariat Presiden. 

Direktur Pusat Studi Konstitusi (Pusako) Universitas Andalas, Padang, Charles Simabura, mengatakan, keberadaan ibu negara diatur dalam fungsi protokoler. Protokoler itu, kata Charles, lebih kepada kegiatan seremoni dalam ketatanegaraan.

"Ibu negara tidak diatur di fungsi ketatanegaraan, tapi di fungsi protokoler ada. Itu diatur di dalam peraturan presiden. Di sana diatur hak protokoler istri hingga anak. Misalnya soal pengawalan (kendaraan) hingga paspampres. Maka, (pelat nomor) RI-nya ikut diatur," ujar Charles kepada IDN Times di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada 8 Maret 2024. 

Topik:

  • Dheri Agriesta
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya