369 Personel Gabungan Depok Siaga di 7 Titik Pos Pemantauan Lebaran

Petugas akan bersiaga dititik jalur mudik dan area publik

Depok, IDNTimes - Petugas pengamanan dari Polres Metro Depok, Kodim 0508/Depok, dan Pemerintah Kota Depok, akan bersiaga menjelang hingga usai hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Hal itu ditandai dengan pelaksanaan apel gabungan yang dilaksanakan di Polres Metro Depok yang diikuti ratusan petugas gabungan.

Kapolres Metro Depok, Kombes Imran Edwin Siregar, mengatakan apel gabungan ini merupakan rangkaian dalam Operasi Ketupat 2022. Pada operasi tersebut, Polres Metro Depok mendapatkan bantuan petugas pengamanan dari Kodim 0508/Depok, dan Pemerintah Kota Depok.

"Sebelum memulai pelaksanaan kami melaksanakan apel gabungan sebagai bentuk sinergitas untuk menjaga keamanan Kota Depok dan sekitarnya," ujar Imran kepada IDN Times, Sabtu (23/4/2022). 

Baca Juga: Jelang Mudik Lebaran, Penumpang Meningkat di Terminal Jatijajar Depok

1. Sebanyak 369 personel gabungan disiapkan untuk pengamanan

369 Personel Gabungan Depok Siaga di 7 Titik Pos Pemantauan LebaranKapolres Metro Depok, Kombes Imran Edwin Siregar saat ditemui usai mengikuti apel pasukan gabungan Operasi Ketupat 2022 di Polres Metro Depok. (IDNTimes/Dicky)

Imran menuturkan, ratusan petugas gabungan akan ditempatkan di sejumlah titik yang sudah dipetakan Polres Metro Depok. Petugas gabungan akan menjaga keamanan dan pemantauan arus mudik Lebaran.

"Sebanyak 369 personel kami siagakan di titik yang sudah kami mapping," tutur dia.

Imran menjelaskan, petugas gabungan akan menempati tujuh pos pelayanan dan pengamanan pada operasi ketupat. Para petugas di pos tersebut akan saling berkoordinasi dan memberikan informasi terkait pantauan arus mudik, maupun situasi dan kondisi di wilayah tersebut.

"Mereka ini akan saling memberikan informasi dan menunjukkan sinergitas di Kota Depok terjalin dengan baik," jelas dia.

2. Petugas kesehatan dan keamanan di permukiman juga disiagakan

369 Personel Gabungan Depok Siaga di 7 Titik Pos Pemantauan Lebaran

Imran mengungkapkan, selain memberikan pengawasan dan pemantauan arus mudik maupun arus balik, para petugas akan melakukan patroli di Kota Depok. Personel gabungan akan membantu pengamanan untuk menjaga kondusivitas Kota Depok selama Hari Raya Idul Fitri.

"Mereka ini akan keliling memantau dan menjaga keamanan di Kota Depok," ungkap dia.

Imran menambahkan, sebagai reaksi cepat pada pelayanan kesehatan terhadap pemudik, telah disiagakan petugas Palang Merah Indonesia (PMI) maupun kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Depok. Para petugas kesehatan bersiaga di pos pelayanan maupun di pusat kesehatan masyarakat yang berada di Kota Depok.

"Mereka ada yang standby di pos maupun di Puskesmas, tergantung dari situasi di lapangan," tutur dia.

Baca Juga: Pantau Pemudik Lebaran, Depok Dirikan 9 Pos Pemantauan

3. Prajurit TNI ikut membantu pengamanan Operasi Ketupat 2022

369 Personel Gabungan Depok Siaga di 7 Titik Pos Pemantauan Lebaran

Sementara, Dandim 0508/Depok, Kolonel Inf Elvino Yudha Kurniawan mengatakan, TNI akan membantu tugas Polri, khususnya Polres Metro Depok dalam pengamanan dan pelayanan selama Operasi Ketupat 2022. Kodim 0508/Depok akan menempatkan anggota di titik pengamanan dan pelayanan yang telah disediakan Polres Metro Depok.

"Kami menurunkan 20 prajurit TNI untuk membantu pihak kepolisian sebagai bentuk sinergitas kami," ujar Elvino.

Elvino menuturkan, sebanyak dua hingga tiga prajurit TNI yang akan ditempat di tujuh pos pelayanan dan pengamanan. Prajurit yang ditempatkan akan mengikuti instruksi maupun arahan yang dibutuhkan Polres Metro Depok pada operasi ketupat tahun ini.

"Begitu pun prajurit TNI yang ditempatkan di Koramil akan membantu pada sektor pengamanan di kewilayahan," tutup Elvino.  

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya