Pantau Pemudik Lebaran, Depok Dirikan 9 Pos Pemantauan

Tol dan jalan protokol jadi jalur pemudik

Depok, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok bersama Satlantas Polres Metro Depok tengah melakukan persiapan menghadapi arus mudik hari raya Idul Fitri 2022. Rencananya, untuk memantau arus mudik Lebaran, akan didirikan pos pantau di sejumlah titik di Kota Depok.

Kepala Dishub Kota Depok, Eko Herwiiyanto, mengatakan mengantisipasi arus mudik Lebaran, Dishub bersama Satlantas Polres Metro Depok telah berkoordinasi. Telah dilakukan rapat bersama membahas teknis lapangan terkait kegiatan mudik Lebaran.

"Hasil rapat rencananya akan didirikan sembilan pos pantau, yaitu berupa pos pelayanan dan pos pengamanan," ujar Eko saat dihubungi IDN Times, Selasa (19/4/2022).

Baca Juga: Berlaku Hari Ini, Anak Ikut Mudik Tidak Perlu Tes COVID-19  

1. Sembilan pos ditempatkan di lokasi strategis

Pantau Pemudik Lebaran, Depok Dirikan 9 Pos PemantauanAnggota Satlantas Polres Metro Depok melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang mengangkut pemudik di wilayah Depok. (IDNTimes/Dicky)

Eko mengungkapkan, pada sembilan pos pengamanan dan pos pelayanan akan ditempatkan anggota Dishub dan Satlantas Polres Metro Depok. Nantinya anggota yang berada di pos tersebut akan memberikan pelayanan kepada pemudik.

"Untuk teknis ke depannya nanti berkoordinasi kembali dengan pihak kepolisian, kami hanya membantu," ungkap dia.

Eko menjelaskan, sembilan pos yang akan didirikan yaitu di Simpangan Depok, Terminal Jatijajar, pintu tol Cisalak, simpang galaksi Cinere. Selain itu, terdapat pos di Jalan Raya Ciputat-Parung, pertemuan Jalan Raya Margonda dan Juanda atau Medan sembilan, dan sejumlah akses jalur mudik di Kota Depok.

"Jika pada arus mudik terjadi kepadatan, anggota Dishub akan membantu untuk pengaturan lalu lintas," jelas Eko.

2. Pemudik menggunakan mobil dapat melalui akses Tol Cijago dan Desari

Pantau Pemudik Lebaran, Depok Dirikan 9 Pos Pemantauanilustrasi jalan tol (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Pemudik yang menggunakan mobil dari Kota Depok menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur, dapat memanfaatkan akses tol yang tersedia di sejumlah wilayah Kota Depok. Tol Depok-Antasari dan Tol Cinere-Jagorawi menjadi akses tol untuk pemudik dari wilayah Kota Depok.

Kedua tol tersebut akan menghubungkan pemudik dari Kota Depok menuju akses Tol Jagorawi dan Tol Jakarta outer Ring Road (JORR 2). Untuk pemudik yang memanfaatkan tol Jagorawi dapat menuju akses Tol JORR dan selanjutnya menghubungkan Tol Cikampek. 

Setelah memasuki Tol Cikampek para pemudik dapat melanjutkan perjalan kembali memanfaatkan Tol Cipali, untuk tujuan wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sedangkan, pemudik yang ingin menuju wilayah Jawa Barat dapat menggunakan akses Tol Purbaleunyi.

Baca Juga: Pemudik Tenang, Polisi Pastikan Gak Ada Penyekatan Saat Mudik Lebaran

3. Akses Jalan Raya Bogor dan Alternatif Cibubur jadi akses pemudik motor

Pantau Pemudik Lebaran, Depok Dirikan 9 Pos PemantauanPemudik sepeda motor terjebak kemacetan saat melintasi posko penyekatan mudik di jalur Pantura Patokbeusi, Subang, Jawa Barat, Selasa, 11 Mei 2021 dini hari. (ANTARA FOTO/M. Ibnu Chazar)

Pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor dapat menggunakan akses jalan di Kota Depok menuju wilayah Cikampek, sebagai jalur mudik melalui jalur Pantura.

Pemudik yang ingin menuju Bekasi dapat menggunakan akses Jalan Alternatif Cibubur menuju Cileungsi. Sesampai di Cileungsi, pemudik dapat mengambil arah menuju Setu Bekasi. Nantinya para pemudik dapat melanjutkan kembali perjalan dari Setu menuju Cibitung hingga ke wilayah Cikampek.

Untuk pemudik yang menuju sejumlah Kota di Jawa Barat, dapat melintas di Jalan Raya Ciputat-Parung dan Jalan Raya Bogor. Melalui dua jalan tersebut pemudik akan menuju wilayah Bogor, dan selanjutnya akan memasuki wilayah Ciawi menuju Sukabumi maupun Cianjur.

Sedangkan, pemudik yang ingin menuju wilayah Banten, dapat melintas di Jalan Raya Ciputat-Parung menuju wilayah Ciputat maupun Tangerang Selatan. Untuk para pemudik yang menggunakan sepeda motor maupun mobil, dapat mengedepankan keselamatan di jalan.

Apabila mengantuk saat mengemudi dapat memanfaatkan rest area yang disediakan, baik di dalam tol maupun di pinggir jalan yang telah disediakan baik pemerintah maupun masyarakat setempat.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya