Akibat Mobil Menyalip, Rombongan Bus SMPN 3 Depok Kecelakaan di Cipali

Tidak ada korban jiwa akibat insiden ini

Depok, IDN Times - Kecelakaan rombongan bus SMP Negeri 3 Kota Depok yang membawa sejumlah siswa kelas 8 terjadi di KM 57 Tol Cipali. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kecelakaan bus tujuan study tour ke Yogyakarta itu.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah, mengatakan kecelakaan tersebut melibatkan bus yang ditumpangi siswa SMP Negeri 3 Kota Depok.

"Iya kecelakaan, kejadian berawal kondisi jalan tol lagi diperbaiki, konvoi bus rombongan," ujar Siti saat dihubungi IDN Times, Kamis (5/10/2023). 

Baca Juga: Wali Kota Depok Ajak Politisi Maknai Politik Profetik, Apa Itu? 

1. Tabrakan antar bus dalam satu rombongan

Akibat Mobil Menyalip, Rombongan Bus SMPN 3 Depok Kecelakaan di CipaliSalah satu bus rombongan SMP Negeri 3 Depok yang mengalami kecelakaan di KM 57 tol Cipali. (Istimewa)

Sebelum kejadian, rombongan bus SMP Negeri 3 Depok tengah melaju di Tol Cipali dari arah Jakarta menuju Yogyakarta. Sesampainya di KM 57 Tol Cipali, terdapat perbaikan jalan dan sebuah mobil boks menyalip bus rombongan yang berada di posisi depan.

"Bus rombongan yang depan mengerem mendadak, akibatnya bus yang belakang kaget dan menabrak bagian belakang bus yang di depannya," tutur Siti.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, baik siswa maupun tenaga pendidik yang berada di dalam bus. Bus yang bertabrakan dievakuasi tidak jauh dari exit Tol Subang, dan pihak travel mengubungi pengelola bus untuk meminta bus pengganti.

"Setelah bus pengganti datang, rombongan SMP Negeri 3 Depok melanjutkan kembali perjalanan, infonya sudah sampai di hotel," terang Siti.

2. Bagian depan bus mengalami kerusakan

Akibat Mobil Menyalip, Rombongan Bus SMPN 3 Depok Kecelakaan di CipaliSalah satu rombongan bus SMP Negeri 3 Kota Depok yang mengalami kecelakaan di KM 57 Tol Cipali, Subang. (Istimewa)

Sementara, Kepala SMP Negeri 3 Depok, Ety Kuswandari, menjelaskan kecelakaan tersebut hanya melibatkan bus rombongan sekolahnya, yang diakibatkan sebuah mobil boks menyalip rombongan bus di urutan paling depan.

“Hanya antar bus kita yang mengalami kecelakaan, rem mendadak akibat mobil menyalip, sehingga terjadi benturan,” kata dia.

Akibat kecelakaan tersebut, bus mengalami kerusakan.

Baca Juga: Kecelakaan Beruntun di Depok, Polisi Buru Pengemudi Mobilio

3. Rombongan SMP Negeri 3 Depok sudah sampai di Klaten

Akibat Mobil Menyalip, Rombongan Bus SMPN 3 Depok Kecelakaan di CipaliSalah satu rombongan bus SMP Negeri 3 Kota Depok yang terlibat kecelakaan di KM 57 Tol Cipali, Subang. (Istimewa)

Dikarenakan satu bus mengalami kerusakan di bagian depan, pihak penyedia bus telah mengirimkan bus pengganti. Setelah bus pengganti datang, siswa dan guru melanjutkan kembali perjalanan menuju Yogyakarta.

"Saat ini rombongan sudah sampai di wilayah Klaten," tutup Ety.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya