Comscore Tracker

Alhamdulillah, Depok Punya Pemakaman Baru Seluas 4 Hektare di Sawangan

Satu hektare sudah dapat digunakan mulai tahun ini

Depok, IDNTimes - Pemerintah Kota Depok kembali memperluas lahan pemakaman di wilayahnya. Tanah kosong seluas empat hektare di Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan, akan dijadikan lahan pemakaman baru.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Depok, Dudi Miraz Imaduddin, mengatakan pihaknya telah memiliki lahan pemakaman 13 lokasi. Dengan adanya penambahan lahan makam di Kelurahan Sawangan, kini menjadi 14 tempat. 

"Kali ini bertambah satu lagi lahan makam menjadi ke 14 yang dikelola Pemerintah Kota Depok, yakni di wilayah Kelurahan Sawangan," ujar Dudi, Kamis (12/5/2022).

Baca Juga: Sampah Menggunung di Kali Pesanggrahan, DPUPR Depok Lakukan Normalisasi

1. Warga sebelumnya mendesak fasos fasum dijadikan TPU

Alhamdulillah, Depok Punya Pemakaman Baru Seluas 4 Hektare di SawanganArea lahan pemakaman baru yang di kelola Pemerintah Kota Depok di wilayah Kelurahan Sawangan. (Istimewa)

Dudi menuturkan, lahan pemakaman baru berada di Perumahan Telaga Golf Kelurahan Sawangan. Kendati berada di Telaga Golf, lahan pemakaman tersebut akan dikelola Pemerintah Kota Depok dan dapat digunakan untuk masyarakat umum.

"Tempat pemakaman umum ini juga telah dilakukan tasyakuran dari pihak Telaga Golf dan Wali Kota Depok turut hadir," tutur dia.

Dudi menjelaskan lahan tersebut telah diserahkan pihak Telaga Golf untuk dijadikan fasos fasum warga, dan tercatat di aset Badan Keuangan Daerah Kota Depok.

Warga di perumahan tersebut sempat mendesak lahan tersebut digunakan sebagai tempat pemakaman umum (TPU).

"Iya memang sebelumnya mendapat desakan warga agar lahan fasos fasum dijadikan TPU," terang Dudi. 

2. Dapat menampung 14.000 liang lahat

Alhamdulillah, Depok Punya Pemakaman Baru Seluas 4 Hektare di SawanganIlustrasi Proses pemakaman salah satu jenazah COVID-19 (IDN Times/Aldila Muharma-Fiqih Damarjati)

Dudi menjelaskan, Pemerintah Kota Depok sedang melakukan pematangan lahan makam seluas satu hektare dari empat hektare lahan yang disediakan. Nantinya lahan seluas satu hektare akan segera digunakan warga untuk pemakaman pada tahun ini.

"Masih dalam tahap pematangan atau perataan tahan seluas satu hektare, insyaallah dapat segera digunakan pada tahun ini," jelasnya. 

Dudi mengungkapkan, satu hektare lahan pemakaman dapat digunakan 3.500 liang lahat. Sehingga, diestimasikan secara menyeluruh, empat hektare lahan pemakaman dapat menampung 14.000 liang lahat.

"Tapi tahun ini baru difungsikan satu hektare terlebih dahulu atau sekitar 3.500 liang lahat," ungkapnya.

Baca Juga: Curanmor di Depok Menggila, Satu Rumah Hilang 4 Sepeda Motor

3. Tiga hektare konstruksi tanahnya belum diratakan

Alhamdulillah, Depok Punya Pemakaman Baru Seluas 4 Hektare di SawanganIlustrasi (IDN Times/Aldila Muharma&Fiqih Damarjati)

Dudi menuturkan, tiga hektare lahan lainnya di kawasan Telaga Golf belum dapat dimanfaatkan untuk pemakaman, karena lahan tersebut belum diratakan.

"Tiga hektare lainnya harus ada land clearing karena jenis tanahnya tidak merata," tutur dia.

Dudi berharap, penambahan lahan makam di Sawangan dapat memudahkan masyarakat. Lahan tersebut akan dikelola dinas terkait.

"Jadi kami masih melakukan penataan lahan fasos fasum ini untuk dijadikan TPU untuk warga Kota Depok," tutup Dudi. 

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya