Cegah Kemacetan Jelang Nataru U Turn Margonda Depok Dibuka Tutup

Pengendara memutar di U-Turn akses UI dan Apartemen Mares

Depok, IDN Times - Polres Metro Depok bersama Dinas Perhubungan Kota Depok menutup U Turn atau putar arah kendaraan di Jalan Raya Margonda. Penutupan U Turn tersebut untuk mencegah kemacetan menjelang maupun selama Natal dan Tahun Baru.

Kasat Lantas Polres Metro Depok, AKBP Bonifacius mengatakan, penutupan U-Turn merupakan kegiatan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan di Jalan Raya Margonda. Rekayasa lalu lintas tersebut untuk menghadapi libur natal dan tahun baru.

"Kita rekayasa U Turn atau putar balik di Jalan Raya Margonda tepatnya depan showroom Toyota," ujar Boni, Selasa (20/12/2022).

1. U-Turn depan showroom Toyota ditutup

Cegah Kemacetan Jelang Nataru U Turn Margonda Depok Dibuka TutupPetugas Dishub Kota Depok memantau arus lalu lintas di U Turn Jalan Raya Margonda, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Boni menuturkan, putar arah di depan showroom tersebut dilakukan berdasarkan kajian karena banyak pengendara melawan arus untuk memutar balik kendaraan. Dirinya menilai, Jalan Raya Margonda merupakan pusat perekonomian dan niaga atau perdagangan dan jasa. 

"Di titik itu banyak pengendara melawan arus, ini jelas membahayakan," tutur Boni.

Selain itu pada U Turn tersebut kerap terjadi kemacetan dikarenakan banyak pengendara yang ingin memutar balik dari arah selatan atau Balai Kota Depok. Akibat kemacetan tersebut, sejumlah kendaraan menumpuk hingga lampu merah Jalan Raya Margonda-Juanda.

"Kalau sudah macet di putaran itu, ekor kendaraan sampai ke lampu merah," terang Boni.

Baca Juga: Tuai Pro-Kontra, Wali Kota Depok akan Tetap Gusur SDN Pondok Cina 1

2. Pengendara dapat memutar di U Turn Apartemen Margonda Residence

Cegah Kemacetan Jelang Nataru U Turn Margonda Depok Dibuka TutupArus lalu lintas di Jalan Raya Margonda, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

U Turn di Jalan Margonda tepatnya dekat apartemen Margonda Residence atau rumah makan Kabayan yang sebelumnya ditutup, telah dibuka anggota kepolisian dan Dishub Kota Depok. Pengendara yang dari arah selatan atau setelah lampu merah Jalan Margonda-Juanda, dapat memutar balik di lokasi tersebut.

"Jadi posisinya kita geser biar berimbang, jadi dari arah selatan maupun utara atau dari arah Jakarta dapat memutar balik kendaraan di U Turn itu," ucap Boni.

Boni mengungkapkan, pembukaan U Turn tersebut untuk menghindari kemacetan dari dua sisi Jalan Raya Margonda. Apalagi U Turn depan apartemen Margonda Residence cukup besar sehingga memudahkan pengendara memutar arah.

"Uji coba U Turn dilakukan selama dua pekan dan akan terus dilakukan pemantauan," ungkap Boni. 

3. Akan dilakukan evaluasi pada Januari 2023

Cegah Kemacetan Jelang Nataru U Turn Margonda Depok Dibuka TutupPetugas Dishub Kota Depok mengatur lalu lintas di U-Turn yang telah di tutup di Jalan Raya Margonda, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Boni menjelaskan, Satlantas Polres Metro Depok bersama Dishub Kota Depok melakukan uji coba rekayasa lalu lintas sudah dilakukan sejak 17 Desember 2022. Apabila uji coba tersebut memberikan dampak positif dan mengurai kemacetan, rekayasa tersebut akan dilakukan secara permanen.

"Kalau hasilnya bagus maka akan dilakukan permanen," jelas Boni.

Boni menambahkan, rekayasa lalu lintas akan dilakukan evaluasi pada 3 atau 4 Januari 2022. Selain itu, rekayasa lalu lintas bertepatan dengan operasi lilin 2022 di wilayah Kota Depok.

"Iya rekayasa nya bersamaan dengan operasi lilin 2022," tutup Boni.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Sebut TMII Jadi Pusat Perayaan Malam Tahun Baru 2023

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya