Dampak Kebakaran Gudang Kabel di Depok, Satu Rumah Terbakar

Kabel Fiber Jadi Kendala Api Sulit Dipadamkan

Depok, IDNTimes - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok melakukan pendinginan di lokasi kebakaran gudang kabel dekat Danau Jambore Buperta Cibubur, Kota Depok, Sabtu (14/10/2023). Akibat kebakaran itu, sebuah rumah warga terbakar.

Kasi Penyelamatan Kebakaran DPKP Kota Depok, Tessy Haryati mengatakan, sembilan orang yang tinggal di rumah tersebut selamat.

"Satu rumah terbakar namun kami berhasil memblokir api yang berdekatan dengan sekolah," ujar Tessy kepada IDN Times, Sabtu (14/10/2023). 

Baca Juga: Warga Depok Resah dengan Perampasan Motor yang Viral di Media Sosial

1. Kabel fiber jadi pemicu api susah dipadamkan

Dampak Kebakaran Gudang Kabel di Depok, Satu Rumah TerbakarKasi Kebakaran dan Penyelatan pada DPKP Kota Depok, Tessy Haryati saat ditemui di lokasi kecelakaan KRL, Kecamatan Cipayung, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Tessy menjelaskan, gudang kabel yang terbakar itu merupakan milik PT FMI. Saat kejadian, tiga orang sedang bekerja di gudang yang terbuka tanpa bangunan itu.

"Ada tiga orang pekerja yang sedang mobilisasi di gudang itu," tutur Tessy.

Tessy mengungkapkan, DPKP Kota Depok mengalami kesulitan saat memadamkan api di lokasi gudang yang terbakar. Menurutnya, kabel yang terbakar terbuat dari bahan fiber optik sehingga tidak mudah dipadamkan.

"Kabel yang terbakar akan meleleh dan ngumpul di bagian bawah sehingga memicu api menyala kembali, walaupun kami sudah urai menggunakan ganco tapi tidak bisa," ungkap Tessy.

Baca Juga: Kebakaran Dekat Danau Cibubur, Api Diduga Berasal dari Gudang Kabel

2. Kebakaran disebabkan puntung rokok

Dampak Kebakaran Gudang Kabel di Depok, Satu Rumah TerbakarPetugas DPKP Kota Depok memadamkan api di gudang kabel di dekat Danau Jambore, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Tessy menduga kebakaran itu terjadi akibat puntung rokok. Hal itu diperkuat dengan temuan puntung rokok di sekitar lokasi kebakaran.

"Kami melihat ada puntung rokok karena api berasal dari tengah TKP, bukan dari listrik, apalagi ini tidak ada bangunan karena diruang terbuka," terang Tessy.

Tessy menjelaskan, DPKP Kota Depok sedang melakukan upaya pemadaman di titik tengah lokasi kebakaran. Terdapat beberapa titik yang sudah padam dan sedang dilakukan pendinginan.

"Saat kebakaran kami khawatir akan embusan angin, untuk petugas dari kami ada 50 petugas dan dari BKO dari Bekasi ada 12 petugas pemadam," jelas Tessy.  

Baca Juga: Misteri Ibu-Anak Tewas di Depok, Ada Pesan Ingin Akhiri Hidup

3. Tidak ada korban jiwa

Dampak Kebakaran Gudang Kabel di Depok, Satu Rumah TerbakarPetugas DPKP Kota Depok memadamkan api di gudang kabel di dekat Danau Jambore, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Sebelumnya, salah seorang warga, Waluyo mengaku sedang berjualan di belakang gudang kabel saat kebakaran terjadi. Ia dan sejumlah pedagang lain melihat api kecil di sekitar gudang.

“Tadi kita sama yang lain lagi tiduran, terus terlihat api kecil di sebelah sana dekat gudang kabel,” ujar Waluyo di lokasi, Sabtu.

Melihat api yang membakar gudang, Waluyo dan sejumlah pedagang lain menyelamatkan barang dagangan mereka. Mereka terpaksa bergegas karena api yang membakar gudang itu membesar kurang dari 10 menit.

“Kami langsung menyelamatkan barang seadanya yang bisa kami selamatkan,” tutur Waluyo.

Api terus menjalar hingga ke warung kelontongnya. Pada kejadian itu, tak ada korban jiwa. Warga sekitar, kata dia, berusaha menyelamatkan diri saat api membesar.

“10 menit api sudah gede, enggak ada hitungan satu jam, cepat banget,” jelas Waluyo.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya