Depok Kembali Dilanda Angin Kencang, Pohon hingga Reklame Roboh

Empat toko mengalami kerusakan akibat reklame runtuh

Depok, IDN Times - Hujan disertai angin kencang yang terjadi sejak sore kembali menyebabkan pohon tumbang dan papan reklame runtuh di Kota Depok pada Selasa (8/3/2022). Akibatnya, sejumlah jalan di Kota Depok mengalami kemacetan dan toko yang tertimpa papan reklame runtuh mengalami kerusakan.

Kabid Pengendalian Operasional Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos mengatakan, sejumlah UPT pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, menerima adanya laporan pohon tumbang dan papan reklame runtuh yang disebabkan hujan disertai angin kencang di sejumlah wilayah Depok.

"Iya pohon tumbang di jembatan Panus Jalan Siliwangi akibatnya menyebabkan kemacetan," ujar Welman saat dihubungi IDN Times.

1. Pohon tumbang dipangkas untuk melancarkan arus lalu lintas

Depok Kembali Dilanda Angin Kencang, Pohon hingga Reklame RobohPohon tumbang yang berada di Taman Lembah Gurame, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. (Istimewa)

Welman menuturkan, pohon tumbang sempat memutus Jalan Raya Siliwangi sehingga menimbulkan kemacetan baik dari arah Sukmajaya menuju Margonda maupun arah sebaliknya. Anggota Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok sudah mendatangi lokasi untuk melakukan pemangkasan pohon.

"Untuk mengurai kemacetan dilakukan buka tutup jalan setelah beberapa dahan pohon berhasil dipangkas," tutur Welman.

Welman mengungkapkan, laporan adanya pohon tumbang tidak hanya di Jalan Siliwangi, pihaknya mendapatkan pohon tumbang terjadi di Jalan Juanda, Jalan Merdeka, dan Jalan Raya Bogor. Untuk membantu dan mempercepat proses evakuasi, pihaknya telah menyebar anggota ke sejumlah titik guna melakukan penanganan.

"Sudah kami sebar anggota berdasarkan wilayah kerja UPT Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok," ungkap Welman.

Baca Juga: Imbas Angin Kencang, Sejumlah Pohon di Depok Tumbang

2. Reklame runtuh rusak sejumlah toko

Depok Kembali Dilanda Angin Kencang, Pohon hingga Reklame RobohReklame runtuh akibat hujan disertai angin kencang di Pasar Pal Jalan Raya Bogor, Kota Depok, menyebabkan sejumlah toko rusak. (Istimewa)

Selain pohon tumbang, hujan disertai angin kencang meruntuhkan papan reklame yang berada di Jalan Raya Bogor tepatnya Pasar Pal. Reklame berwarna orang tersebut menimpa sejumlah toko dan sekretariat PAC Gerindra Cimanggis.

"Iya ada reklame yang runtuh anggota sudah meluncur ke lokasi untuk membantu mengevakuasi," ucap Welman.

Reklame yang runtuh menyebabkan sejumlah toko dan kantor PAC Gerindra Cimanggis mengalami kerusakan. Belum diketahui secara pasti reklame tersebut menimbulkan korban luka atau tidak. Namun, mulai dari toko kelontong, salon, hingga sekretariat PAC Gerinda Cimanggis mengalami kerusakan cukup parah.

"Kalau tidak salah ada sekitar empat toko, tapi anggota belum memberikan laporan secara lengkap," terang Welman.

3. Atap rumah warga rusak disapu angin kencang

Depok Kembali Dilanda Angin Kencang, Pohon hingga Reklame Roboh

Hujan deras disertai angin kencang selain menyebabkan pohon tumbang dan papan reklame rubuh, terjadi genangan air dan atap rumah warga yang rusak. Berdasarkan laporan dan data yang dihimpun IDN Times, terdapat satu rumah warga yang rusak akibat tidak kuat menahan angin kencang.

Rumah warga tersebut berada di Jalan Madrasah Kampung Bojong RT6/20, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukamajaya. Atap rumah warga tersebut mengalami kerusakan parah hingga bagian seluruh atap rumah mengalami kerusakan.

Selain itu, hujan menyebabkan sejumlah jalan mengalami genangan, seperti Jalan KSU dan Jalan GDC. Genangan di Jalan KSU memiliki ketinggian sekitar 70 senti meter pada bagian sisi kiri jalan dari arah GDC menuju Jalan Tole Iskandar. Akibatnya banyak pengendar sepeda motor mengambil sisi kanan jalan untuk mengindari genangan air yang dapat menyebabkan mati mesin kendaraan.  

Baca Juga: Mobil Ormas Mirip Kendaraan Polisi Diamankan Tim Perintis Presisi Depok

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya