Imbas Angin Kencang, Sejumlah Pohon di Depok Tumbang

Damkar evakuasi warga yang mengalami kerusakan atap rumah

Depok, IDNTimes - Hujan disertai angin kencang terjadi di wilayah Kota Depok. Akibat angin kencang tersebut, sejumlah pohon tumbang dan menutup akses jalan masyarakat.

Kabid Pengendalian dan Operasional Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos, mengatakan angin kencang disertai hujan di beberapa wilayah kecamatan terjadi pada pukul 13.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

"Iya tadi anginnya kencang sekali sehingga pohon yang tidak kuat menahan angin menjadi tumbang," ujar Welman kepada IDN Times, Sabtu (5/3/2022). 

1. Pohon tumbang sempat menutup Jalan Raya Juanda

Imbas Angin Kencang, Sejumlah Pohon di Depok TumbangPohon tumbang yang sempat menutup Jalan Raya Juanda, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok. (Istimewa)

Welman menjelaskan pohon tumbang terjadi di Jalan Raya Juanda, tepatnya dari arah Jalan Raya Bogor-Jakarta menuju Jalan Raya Margonda. Pohon tumbang tersebut menutup jalan sehingga sejumlah kendaraan berhenti dan sempat menyebabkan kemacetan.

"Sejumlah warga di sekitar lokasi berinisiatif memangkas dahan pohon sambil menunggu petugas Damkar melakukan pemotongan pohon," jelas Welman.

Sejumlah dahan pohon yang dapat dipangkas membuka akses jalan sehingga secara perlahan jalan tersebut sudah dapat dilintasi. Pemangkasan tersebut dapat mengurai kemacetan salah satu akses jalan yang cukup vital di Kota Depok.

"Sudah dilakukan pemangkasan di Jalan Raya Juanda," ucap Welman.

Baca Juga: Angin Kencang di Kota Bekasi Telan 1 Korban Jiwa

2. Bangunan taman dan bagian belakang sekolah rusak tertimpa pohon

Imbas Angin Kencang, Sejumlah Pohon di Depok TumbangPetugas Damkar melakukan pemangkasan pohon tumbang di belakang SMP Negeri 2 Depok. (Istimewa)

Welman mengungkapkan telah melakukan pendataan sementara pohon tumbang yang terjadi di Kota Depok. Sejumlah kecamatan dilaporkan terjadi pohon tumbang sehingga petugas Damkar di setiap UPT kecamatan bergerak cepat untuk melakukan penanganan.

"Kami kerahkan semua anggota yang standby di UPT untuk melakukan penanganan pohon tumbang," ungkap Welman.

Sejumlah kecamatan yang dilaporkan terjadi pohon tumbang yakni Kecamatan Pancoran Mas, Kecamatan Sukmajaya, Kecamatan Cinere, dan Kecamatan Cimanggis. Pohon tumbang selain menimpa taman dan menutup jalan, pohon tersebut merusak bangunan di SMP Negeri 2 Depok.

"Hanya bagunan sisi bagian belakang sekolah, tidak mengalami kerusakan yang parah," kata Welman.

3. Atap rumah warga rusak

Imbas Angin Kencang, Sejumlah Pohon di Depok TumbangPetugas Damkar sedang melakukan pemangkasan pohon yang tumbang di wilayah Kota Depok. (Istimewa)

Welman menuturkan, selain melakukan penanganan pohon tumbang, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok juga membantu penanganan warga yang atap rumahnya rusak karena angin kencang. Atap rumah warga yang rusak berada di Jalan Abdul Wahab, Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan.

"Ada atap rumah warga yang rusak, dilaporkan di wilayah Kecamatan Sawangan," tutur Welman.

Anggota Damkar mengevakasuai lima orang yang berada di dalam rumah tersebut untuk mencegah terkena runtuhan atap rumah yang rusak. Ketinggian atap rumah warga mencapai empat meter dan luas area yang rusak sekitar 50 meter persegi.

"Kami masih melakukan sejumlah penanganan di setiap titik yang kami terima laporannya dari warga," pungkas Welman.

Baca Juga: Jakarta Diterpa Angin Kencang, 8 Pohon Tumbang

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya