Depok Targetkan Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Capai 200 Ribu

Menko PMK sebut 27 juta anak jadi sasaran vaksinasi

Depok, IDN Times - Vaksinasi COVID-19 pertama untuk anak telah dilaksanakan, Depok menjadi salah satu kota yang melaksanakan vaksinasi di Indonesia. Untuk memastikan pelaksanaan vaksinasi tersebut, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi anak di SDN Depok 1, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok.

Menko PMK, Muhadjir Effendy mengatakan, pelaksanaan vaksinasi untuk anak usia 6 hingga 11 tahun dilaksanakan pada hari ini. Pemberian vaksinasi anak diutamakan untuk siswa sekolah dasar untuk mencegah penularan COVID-19 dan meningkatkan Herd Immunity.

"Menurut saya ini adalah langkah positif dari Pemerintah untuk memastikan bahwa anak juga aman dari COVID-19," ujar Muhadjir, Selasa (14/12/2021). 

1. Vaksin anak untuk meyakinkan orang tua saat anak bersekolah

Depok Targetkan Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Capai 200 RibuPelaksanaan vaksinasi anak 6-12 tahun di Depok pada Selasa (14/12/2021). (IDN Times/Dicky)

Muhadjir menuturkan, vaksinasi kepada anak khususnya siswa, untuk meningkatkan rasa percaya diri orang tua kepada anak ketika bersekolah. Menurutnya, anak merupakan mata rantai dalam meningkatkan Herd Immunity untuk mencegah penularan Covid-19.

“Kalau anak sudah divaksin terlindungi, maka kakek neneknya yang dekat dengan dia yang usia lanjut, apalagi kalau kakek neneknya sudah divaksin lebih aman,” tutur Muhadjir.

Pada kunjungannya, Muhadjir melakukan komunikasi dengan sejumlah perangkat Pemerintah Kota Depok dan perangkat sekolah di SDN Depok 1. Sesekali Muhadjir berkomunikasi kepada anak untuk mencairkan suasana anak saat akan mendapatkan suntikan vaksinasi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Akan Resmikan Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Hari Ini 

2. Pemerintah targetkan vaksinasi capai 27 juta anak

Depok Targetkan Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Capai 200 RibuPelaksanaan vaksinasi anak 6-12 tahun di Depok pada Selasa (14/12/2021). (IDN Times/Dicky)

Muhadjir menjelaskan, Pemerintah harus melakukan vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun, terutama dalam meningkat kepercayaan diri orang tua untuk menyekolahkan anaknya. Pemerintah sudah memiliki target vaksinasi kepada anak untuk mencegah penularan COVID-19 kepada anak.

“Targetnya vaksinasi sekitar 27 juta anak Indonesia untuk mendapatkan vaksinasi,” jelas Muhadjir.

Muhadjir menambahkan, vaksinasi untuk anak sudah dinyatakan aman. Hal itu dikarenakan vaksin yang diberikan kepada anak sudah dinyatakan aman sehingga vaksin tersebut dapat segera diberikan.

“Vaksin ini statusnya dinyatakan aman dan sudah dites di BPOM bahkan izin ini sudah dikeluarkan jauh-jauh hari,” tutur Muhadjir.

3. Kota Depok targetkan vaksinasi anak capai 200 ribu anak

Depok Targetkan Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Capai 200 RibuSejumlah siswa SDN Depok 1, memperlihatkan kartu vaksin sebagai tanda telah mendapatkan vaksinasi. (IDNTimes/Dicky)

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, Pemerintah Kota Depok mengapresiasi Pemerintah Pusat menjadikan Kota Depok sebagai pertama pelaksanaan vaksinasi kepada anak. Vaksin yang diberikan berupa Sinovac dan dapat meningkatkan kekebalan imun anak dari penularan COVID-19.

“Alhamdulillah Kota Depok menjadi salah satu Kota pertama pemberian vaksinasi kepada anak,” ujar Imam.

Imam menuturkan, ketersediaan vaksinasi di Kota Depok dinyatakan aman dan tersedia untuk pelaksanaan vaksinasi. Imam mengakui, belum mengetahui pasti jumlah ketersediaan vaksinasi di Kota Depok, namun untuk stok vaksinasi kepada anak telah tersedia dan dinyatakan siap untuk disuntikan kepada anak.

“Pemerintah Kota Depok menargetkan vaksinasi anak yakni 200.457 anak dan hari pertama mencapai 400 anak,” tutup Imam.

Baca Juga: Siap-Siap, Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Mulai Besok!

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya