Presiden Jokowi Akan Resmikan Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Hari Ini 

BPOM setujui vaksin Sinovac untuk anak usia 6-11 tahun

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan meresmikan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun, Selasa (14/12/2021). Hal tersebut diungkapkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan pers seusai mengikuti tapat terbatas dengan presiden secara virtual di Jakarta.

"Vaksin anak usia enam sampai 11 tahun akan dimulai besok (Selasa), dan insyaAllah akan diresmikan presiden sendiri," kata Budi dikutip dari tayangan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (13/12/2021).

1. Vaksinasi anak 6-11 tahun menggunakan Sinovac

Presiden Jokowi Akan Resmikan Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Hari Ini CoronaVac, vaksin COVID-19 buatan Sinovac Biotech asal China. (straitstimes.com)

Budi menyampaikan vaksin yang akan diberikan untuk anak usia 6-11 tahun adalah vaksin COVID-19 buatan Sinovac. Diketahui, vaksin tersebut telah mendapat persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk diberikan pada anak usia 6-11 tahun.

"Vaksin yang diberikan untuk anak usia enam sampai 11 tahun yang telah disetujui BPOM sampai sekarang adalah vaksin Sinovac," jelas Budi.

Baca Juga: Siap-Siap, Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Mulai Besok!

2. Sebanyak 115 kabupaten akan lakukan vaksinasi pada anak 6-11 tahun

Presiden Jokowi Akan Resmikan Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Hari Ini Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada anak saat vaksinasi massal bagi anak di Gedung PKK Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (28/7/2021).Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada anak saat vaksinasi massal bagi anak di Gedung PKK Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (28/7/2021). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Budi menerangkan ada syarat agar suatu daerah dapat menggelar vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun. Di antaranya kabupaten dan kota telah memenuhi syarat cakupan vaksinasi  70 persen untuk dosis pertama dan 60 persen vaksinasi untuk lansia.

"Kita identifikasi ada 115 kabupaten kota di beberapa provinsi yang telah memenuhi kriteria ini. Mereka yang akan kita alokasikan vaksin Sinovac untuk bisa memulai vaksin anak usia 6-11 tahun," ujarnya. 

3. Stok vaksin masih banyak

Presiden Jokowi Akan Resmikan Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Hari Ini Vaksin AstraZeneca ( ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Terkait stok vaksin COVID-19, Budi melaporkan saat ini sebanyak 348 juta dosis. Dia menerangkan sampai, baru 250 juta dosis yang disuntikan, sehingga jumlah stok vaksin yang dimiliki Indonesia sekarang sangat tinggi, yakni mencapai hampir 100 juta dosis dari beragam merek.

"Jangan pilih-pilih vaksin semua vaksin sama," imbau Budi

Baca Juga: Pemprov DKI Siapkan Vaksin untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya