Hujan Deras, Kondisi Lalu Lintas di Depok Terpantau Ramai Lancar

Warga diminta tidak berteduh di dekat pohon

Depok, IDN Times - Hujan mengguyur sejumlah wilayah di Kota Depok sejak pukul 16.00 WIB, Selasa (5/4/2022). Kondisi lalu lintas di sejumlah jalan di Kota Depok terpantau ramai lancar.

Kanit Keamanan dan Keselamatan Satlantas Polres Metro Depok, AKP Elly Pandiansari mengatakan, hujan yang turun di wilayah Kota Depok tidak menyurutkan anggota Satlantas Polres Metro Depok dalam mengatur lalu lintas. Terpantau menjelang sore hari kondisi lalu lintas mulai dipadati kendaraan.

"Kondisi lalu lintas di Kota Depok masih terpantau ramai lancar walaupun turun hujan," ujar Elly kepada IDN Times, Selasa sore.

1. Kondisi lalu lintas masih dalam kondisi normal

Hujan Deras, Kondisi Lalu Lintas di Depok Terpantau Ramai LancarAnggota Satlantas Polres Metro Depok mengatur lalu lintas di Jalan Komjen Pol Yasin, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok. (Istimewa)

Elly menjelaskan, beberapa jalan utama di Kota Depok masih terpantau ramai lancar. Jalan yang terpantau ramai lancar yakni Jalan Raya Margonda, Jalan Komjen Pol Yasin, Jalan Raya Bogor, dan Jalan Raya Siliwangi. Arus lalu lintas di jalan raya tersebut telah dilakukan pendorongan kendaraan untuk mencegah kemacetan.

"Sampai saat ini masih terpantau lancar, anggota Satlantas telah melakukan pengaturan lalu lintas," jelas Elly.

Elly mengungkapkan, Satlantas Polres Metro Depok berusaha melakukan penguraian kendaraan untuk mencegah kemacetan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kemecatan saat jam pulang kerja khususnya di sejumlah jalan utama Kota Depok.

"Sampai saat ini arus lalu lintas masih terpantau normal belum ada titik kemacetan," ungkap Elly.

Baca Juga: Depok Disebut Kota Paling Intoleran, Wali Kota: Jangan Asal Bunyi!

2. Meminta angkot tidak mengetem terlalu lama

Hujan Deras, Kondisi Lalu Lintas di Depok Terpantau Ramai LancarAnggota Satlantas Polres Metro Depok melakukan pengaturan lalu lintas di Jalan Raya Citayam atau pintu masuk ke Stasiun Depok. (Istimewa)

Elly menuturkan, arus lalu lintas di Jalan Raya Citayam telah ditempatkan anggota khususnya di titik pintu masuk ke Stasiun Depok. Tidak dapat dipungkiri di titik tersebut kerap terjadi kepadatan namun pergerakan kendaraan masih dapat ditangani, sehingga tidak menimbulkan kemacetan panjang.

"Sudah ada anggota yang di stasiun Depok, sejumlah anggota telah meminta angkot untuk tidak mengetem menunggu penumpang terlalu lama," tutur Elly.

Begitupun dengan Jalan Raya Arif Rahman Hakim berdasarkan infromasi yang didapat IDN Times, di jalan tersebut belum terjadi genangan dan kondisi arus lalu lintas masih lancar. Apabila hujan deras dengan intensitas waktu cukup lama, kondisi di jalan tersebut akan terjadi genangan air sehingga menimbulkan kemacetan.

"Arif Rahman Hakim masih normal belum ada genangan walaupun kondisi sedang hujan sehingga kendaraan masih dapat bergerak normal," ucap Elly. 

3. Pengendara diminta tidak berteduh di bawah pohon

Hujan Deras, Kondisi Lalu Lintas di Depok Terpantau Ramai LancarAkp Elly Pandiansari saat menghimbau pengguna Jalan Raya Margonda terkait protokol kesehatan. (Dokumen Polrestro Depok)

Elly mengatakan, pengendara yang melintas dalam kondisi hujan dapat menjaga jarak aman dan kecepatan dalam berkendara. Hal itu untuk mencegah terjadinya kecelakaan dikarenakan hujan sehingga jalan menjadi licin.

"Selalu berhati-hati saat berkendara karena keluarga sedang menunggu di rumah," kata Elly.

Elly menambahkan, kepada pengendara bermotor yang tidak mengenakan jas hujan dapat berteduh di lokasi yang aman. Pengendara diminta untuk tidak berteduh di dekat pohon besar rawan tumbang dan tiang listrik untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

"Selain itu pengendara dapat memarkirkan kendaraannya di sisi jalan yang tidak mengganggu arus lalu lintas," pungkas Elly.

Berdasarkan informasi yang didapat IDN Times, genangan air terjadi di Jalan Raya Keadilan, Kecamatan Pancoran Mas. Genangan air setinggi 10 senti meter diakibatkan dari luapan air saluran irigasi di jalan tersebut. Warga meminta kepada pengendara jalan untuk mengurangi kecepatan sehingga percikan air dari jalan tidak mengenai rumah warga atau lokasi pertokoan disekitar jalan tersebut.

Baca Juga: Satpol PP Depok Jaring 23 Orang, Diduga Terlibat Prostitusi Online

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya