Ikut Viral, Anak Kepala Bea Cukai Makassar Kuliah di UI dan Melbourne

Uang semester tembus Rp30 juta

Depok, IDN Times  - Usai Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono, menjadi sorotan karena gaya hidup mewah, kini giliran anaknya, AY yang turut disorot publik. AY diketahui mengenyam pendidikan di Universitas Indonesia (UI), Kota Depok.

Ketua Program Kelas Khusus Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Isfandiarni, membenarkan bahwa anak dari Andhi Pramono berinisial AY merupakan mahasiswa UI. AY merupakan mahasiswa double degree Kelas Khusus Internasional (KKI) jurusan manajemen.

"Betul AY itu mahasiswa kami double degree KKI jurusan manajemen. Saat ini sedang studi di Melbourne University, insyaallah akhir semester ini lulus, karena memang program KKI itu kan dua tahun di Indonesia UI dan dua tahun di luar negeri, yaitu di universitas mitra kami," ujar Isfandiarni kepada awak media, Kamis (9/3/2023).

Baca Juga: Bea Cukai Makassar Tak Terpengaruh Pemeriksaan Andhi Pramono

1. AY sedang kuliah di Melbourne, Australia

Ikut Viral, Anak Kepala Bea Cukai Makassar Kuliah di UI dan MelbourneRektorat UI (Dok UI)

Saat ini AY sedang menjalankan kuliah di Melbourne, Australia dan sudah memasuki semester 8. Apabila dinyatakan lulus, AY akan memiliki dua gelar dikarenakan mengikuti program double degree.

"Jadi dia dapat gelarnya dua, satu dari UI dan satu lagi dari Melbourne. Jadi nanti pada saat wisuda UI, dia kan semester genap ya, berarti wisudanya sekira September atau Oktober, baru itu dia dapet gelar dari UI," terang Isfandiarni.

Isfandiarni menuturkan, AY akan terlebih dahulu menjalani wisuda di Melbourne dikarenakan AY terlebih dahulu menyelesaikan studi di sana.

"Iya, karena dia lulusnya terakhirnya di sana, kan dua tahun di UI dulu, kemudian setelah memenuhi persyaratan dia baru kuliah di Melbourne," kata dia.

Baca Juga: Disorot, Ini Harta Kekayaan Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Purnomo

2. Uang pangkal mengikuti manajemen double degree Rp38 juta

Ikut Viral, Anak Kepala Bea Cukai Makassar Kuliah di UI dan MelbourneIlustrasi Pendidikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Diketahui, AY memiliki nilai akademi yang tinggi dengan IPK di UI sebesar 3,36 pada Juli 2021, sebelum ia berangkat kuliah ke Malbroune.

"Untuk tembus University of Melbourne IPK nya harus 3,2 minimal," ucap Isfandiarni.

Untuk mengikuti manajemen double degree atau KKI, mahasiswa harus merogoh kocek sebesar Rp38 juta dan uang semester mencapai Rp30 juta. Selain itu, persyaratan untuk menjadi mahasiswa KKI harus memiliki nilai TOEFL minimal 5,5 dan ujian masuk menggunakan Bahasa Inggris.

"Jadi memang dari awal melibatkan persyaratan internasional," jelas Isfandiarni.

Baca Juga: Profil Andhi Pramono, Kepala Bea Cukai Makassar Berharta Rp13,7 Miliar

3. Setelan baju senilai Rp22 juta

Ikut Viral, Anak Kepala Bea Cukai Makassar Kuliah di UI dan MelbourneKepala Bea Cukai Makassar Andhi Purnomo (tengah) disoroti soal aset rumah mewah yang diduga miliknya. (Dok. Bea Cukai Makassar)

Kekayaan Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono, viral di media sosial. Komisi Pemberantsan Korupsi (KPK) menyebut Andhi sudah masuk radar sejak Maret 2022.

KPK pun akan memanggil Andhi pekan depan. Andhi akan dimintai klarifikasi soal kekayaannya.

"Kita akan lakukan pemeriksaan, LHKPN akan kita klarifikasi pada saudara Andi Pramono. Mungkin minggu depan," ujar Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan, Rabu (8/3/2023).

Andhi Pramono diketahui melaporkan harta kekayaan senilai Rp13 miliar atau tepatnya Rp13.753.365.726. Harta itu sesuai Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada Desember 2021, dikutip Rabu (8/3/2023).

Menurut LHKPN, Andhi Pramono memiliki 15 bidang tanah dan bangunan dengan nilai total Rp6,9 miliar. Selanjutnya ada 13 item alat transportasi senilai total Rp1,8 miliar. Hartanya juga berasal dari harta bergerak senilai Rp706 juta lebih, surat berharga senilai Rp2,9 miliar, serta kas dan setara kas senilai Rp1,2 miliar lebih.

Konten yang diunggah warganet di medsos turut menyoroti gaya hidup anak dan istri Andhi Pramono. Salah satunya harga setelan baju senilai Rp22 juta.

Baca Juga: Kekayaannya Viral, KPK Panggil Kepala Bea Cukai Makassar Pekan Depan

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya