Jempolan, Seperti Ini Cara Warga Depok Beri Perhatian Warga Isoman

Warga Depok yang isoman sangat terbantu

Depok, IDN Times - Kasus COVID-19 di Kota Depok, Jawa Barat masih terbilang tinggi. Akibatnya, warga yang dinyatakan terpapar virus corona, banyak menjalani isolasi mandiri alias isoman di rumah, karena rumah sakit dan fasilitas umum yang disediakan pemerintah sudah penuh.

Guna membantu warga yang melakukan isoman, sejumlah kelurahan di Kota Depok menyediakan lumbung pangan, seperti di Kelurahan Serua dan Kelurahan Grogol.

Ketua Satgas COVID-19 Kelurahan Serua Toto mengatakan, Satgas COVID-19 Kelurahan Serua berusaha melakukan penanganan warga yang dinyatakan positif virus corona.

Hingga kini, menurut Toto, kasus aktif COVID-19 di kelurahannya mencapai 262 orang dan 257 orang lainnya melakukan isoman. Lumbung pangan telah disiapkan bagi mereka yang menjalani isoman di rumah.

"Untuk membantu 257 orang melakukan isoman di rumah," ujar Toto kepada IDN Times, Depok, Selasa (13/7/2021).

Baca Juga: Cerita Petugas BPBD Bekasi Jemput 193 Jenazah Pasien COVID-19 Isoman

1. Warga sediakan lumbung pangan untuk warga isoman

Jempolan, Seperti Ini Cara Warga Depok Beri Perhatian Warga IsomanKetua Satgas COVID-19 Kelurahan Serua, Toto saat memberikan bantuan sembako kepada warga Isoman melalui pengurus lingkungan. (IDNTimes/Dicky)

Kelurahan Serua telah menyediakan lumbung pangan yang sudah berjalan selama 14 bulan. Pembentukan lumbung pangan untuk membantu warga yang melakukan isoman di rumah, dengan terlebih dahulu warga melapor kepada ketua RT maupun RW.

"Penyediaan lumbung pangan merupakan inisiatif bersama aparatur kelurahan dan pengurus lingkungan," ucap Toto.

Lumbung pangan di Kelurahan Serua menyediakan sejumlah bahan pokok untuk keperluan makan warga yang melakukan isoman. Bahan pokok tersebut seperti beras, mi instan, sarden, minyak goreng, kecap, dan kebutuhan pokok lainnya.

2. Bantuan diberikan kepada warga tanpa pandang status sosial

Jempolan, Seperti Ini Cara Warga Depok Beri Perhatian Warga IsomanIlustrasi. Penempelan stiker di rumah salah satu pasien konfirmasi positif PPU yang jalani isolasi mandiri (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Bantuan paket sembako dari lumbung pangan di Kelurahan Serua diberikan kepada warga yang menjalani isoman, tanpa melihat status warga tersebut, apakah mereka merupakan warga berkecukupan atau tidak.

"Kita berikan kepada warga yang isoman tanpa mempedulikan orang kaya atau miskin, karena kami memberlakukan keadilan kepada warga Serua," kata Toto.

Lumbung pangan Kelurahan Serua merupakan hasil donasi dari masyarakat, ASN Pemerintah Kota Depok, pengurus lingkungan, dan para pelaku usaha.

Paket-paket sembako didistribusikan kepada warga yang melakukan isoman melalui Satgas COVID-19 Kelurahan Serua, didampingi pengurus lingkungan.

3. Warga Kelurahan Grogol mendirikan dapur umum untuk bantu warga isoman

Jempolan, Seperti Ini Cara Warga Depok Beri Perhatian Warga IsomanIlustrasi. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Kepedulian sosial dan gotong royong juga terlihat di Kelurahan Grogol, khususnya di RW 1, warga membentuk dapur umun untuk membantu mereka yang menjalani isoman di rumah.

"Pemberiannya sehari dua kali, yaitu makan siang dan makan malam," ujar Lurah Grogol, Danudi Amin.

Dapur umum ini juga hasil inisiatif dan sumbangan warga, donatur, dan relawan. Dapur ini dibentuk secara spontanitas untuk membantu kebutuhan warga selama menjalani isoman.

"Selain makanan warga yang melakukan isoman, diberikan vitamin dan masker," tutur Danudi.

4. Satgas RT hingga pengurus masjid memberikan bantuan pangan hingga obat-obatan

Jempolan, Seperti Ini Cara Warga Depok Beri Perhatian Warga IsomanUM Surabaya siapkan paket sehat buat warga yang isoman. Dok. Humas UM Surabaya.

Ardedah, warga RT 06 RW 11, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Depok, juga turut merasakan kepedulian dan uluran tangan dari banyak pihak mulai dari teman, kerabat, Satgas RT, hingga majelis ta'lim masjid di lingkungannya, selama menjalani isoman.

"Alhamdulillah, warga atau tetangga di lingkungan saya punya kepedulian tinggi. Mereka banyak membantu saya selama menjalani isoman. Satgas RT sama pengurus masjid di sini juga bantu kami," ucap dia kepada IDN Times, Selasa.  

Ardedah yang menjalani isoman bersama empat anggota keluarganya pun menerima bentuk bantuan beragam, mulai dari bahan pangan pokok, makanan siap saji, buah-buahan, susu, vitamin, hingga obat-obatan herbal.

"Bahkan, ada warga yang ngasih makanan tanpa ngasih tahu, tahu-tahu ada di pagar rumah. Alhamdulillah, tetangga dan warga di sini sangat mendukung pada warga yang isoman," tutur ibu tiga anak itu. 

Baca Juga: Pasien COVID-19 di Ciledug Ditemukan Meninggal Saat Isoman

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya