Kualitas Udara di Depok Lebih Baik Dibanding Kota Lain karena Hal ini

Pemkot telah memasang alat pendeteksi kualitas udara

Depok, IDN Times - Memburuknya kualitas udara di Jakarta telah menjadi sorotan. Namun berbeda dengan Kota Depok yang diklaim dalam kondisi baik. Kualitas udara di Kota Depok lebih baik dibandingkan kota metropolitan lainnya, karena minim industri.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, kualitas udara di Kota Depok dalam kondisi baik, berdasarkan hasil pantauan pendeteksi udara yang terpasang di Kota Depok.

"Kualitas udara di Kota Depok kondisinya baik apabila dibandingkan dengan kota metropolitan lainnya," ujar Idris, Jumat (18/8/2023). 

Baca Juga: Kondisi Polusi Udara Terkini, Tangsel Urutan Satu Nasional

1. Pabrik hanya sedikit di Kota Depok

Kualitas Udara di Depok Lebih Baik Dibanding Kota Lain karena Hal iniWali Kota Depok, Mohammad Idris saat ditemui di Balai Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Idris menuturkan, di Kota Depok ada sedikit pabrik, hingga membuat kualitas udara di Kota Depok masih terjaga dengan baik.

"Kami memiliki sedikit pabrik jika dibandingkan dengan daerah lain,” tutur Idris.

2. Alat pengukur kualitas udara dipasang di Jalan Margonda dan Sawangan

Kualitas Udara di Depok Lebih Baik Dibanding Kota Lain karena Hal iniTampak Jalan Raya Margonda sebagai akses jalan utama Kota Depok (IDN Times/Dicky)

Idris mengungkapkan, Pemerintah Kota Depok telah melakukan penelitian dan survei berkelanjutan tentang kualitas udara Kota Depok.

Alat pengukur kualitas udara telah terpasang sejak beberapa waktu lalu di sejumlah titik, yang dianggap memiliki potensi pencemaran udara.

“Alat pendeteksi ini kami pasang di lokasi memiliki potensi tercemar udara, seperti Jalan Raya Margonda dan Sawangan,” ungkap Idris.

3. Pemkot Depok sedang bangun taman hutan kota

Kualitas Udara di Depok Lebih Baik Dibanding Kota Lain karena Hal iniGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau Situ Tujuh Muara dan lokasi rencana pembuatan alun-alun wilayah barat di Kecamatan Bojongsari, Kota Depok (Dok. Istimewa)

Untuk mencegah polusi udara, Pemerintah Kota Depok sedang menggerakan penghijauan dengan melakukan penanaman pohon maupun pembuatan taman. Penghijauan dan pembuatan taman kelurahan sudah menjadi program kerja Pemerintah Kota Depok.

“Kami sedang berupaya membuat taman di tiap kelurahan sebagai langkah penghijauan,” ucap Idris.

Dia menambahkan, taman hutan kota dibuat di wilayah Kecamatan Sawangan dan Bojongsari. Taman tersebut sebagai langkah penghijauan sekaligus untuk menjaga kualitas udara di Kota Depok.

“Tahun ini sedang dibangun, semoga tahun depan sudah dapat digunakan,” tutup Idris.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya