Manajemen RS Hermina Depok Jelaskan Penyebab Kebakaran

Tidak ada pasien meninggal dunia

Depok, IDNTimes - Area pantry lantai lima Rumah Sakit (RS) Hermina Depok mengalami kebakaran, yang berujung sejumlah pasien dievakuasi ke area terbuka rumah sakit yang berada di Jalan Raya Siliwangi, Pancoran Mas, Kota Depok.

Direktur Utama RS Hermina, lies Nugrohowati, telah melakukan pengecekan terhadap pasien saat kejadian maupun pascakebakaran. Tidak ditemukan satupun pasien meninggal dunia saat peristiwa kebakaran terjadi di bagian area dapur.

“Aman, tidak ada korban jiwa, tidak ada korban yang lain tidak ada,” ujar Iies, Minggu (23/7/2023).

1. Memiliki manajemen risiko kebakaran

Manajemen RS Hermina Depok Jelaskan Penyebab KebakaranManajemen RS Hermina Depok memberikan klarifikasi saat peristiwa kebakaran yang terjadi pada Sabtu (22/7/2023) malam. (Istimewa)

Lies menuturkan, RS Hermina Depok membantah adanya pasien meninggal dunia akibat sesak nafas akibat kebakaran. RS Hermina Depok telah memastikan seluruh pasien yang dievakuasi mendapatkan panduan dari petugas yang terlatih.

“Tidak ada karena kami sudah dipandu oleh petugas terlatih,” tutur Iies.

Lies mengungkapkan, RS Hermina Depok telah memiliki manajemen risiko. Sehingga, saat kebakaran terjadi para pegawai sudah mengetahui apa yang harus mereka lakukan. 

“Karena kami selalu dilatih bagaimana kalau terjadi kebakaran, yang dilakukan begini, nah itu yang sudah kami lakukan,” ungkap Lies.

Baca Juga: Kebakaran RS Hermina Depok Berasal dari Dapur

2. Kebakaran akibat percikan api di bagian dapur

Manajemen RS Hermina Depok Jelaskan Penyebab KebakaranSejumlah pasien di evakuasi saat kebakaran terjadi di RS Hermina Depok, Jalan Raya Siliwangi, Pancoran Mas, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Lebih lanjut, Lies menjelaskan saat kebakaran terjadi seluruh tim segera mengaktifkan kode merah. Petugas yang berada di rumah sakit langsung memberikan informasi kepada Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, sehingga mereka segera datang untuk memadamkan si jago merah.

“Itu semua sudah dilakukan dengan baik dan evakuasi sampai semua dinyatakan aman,” ungkap Iies.

Diketahui, kebakaran terjadi di bagian pantry RS Hermina Depok disebabkan percikan api saat proses memasak. Pada saat kejadian, tidak ada kebocoran lainnya yang dapat menyebabkan api membesar dan merambat ke area lain.

“Iya percikan api dari dapur di area dapur, tidak ada kebocoran,” tegas Iies.

3. Pasien sempat dievakuasi keluar ruangan

Manajemen RS Hermina Depok Jelaskan Penyebab KebakaranSejumlah pasien di evakuasi saat kebakaran terjadi di RS Hermina Depok, Jalan Raya Siliwangi, Pancoran Mas, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Salah seorang keluarga pasien, Rahman, mengatakan bahwa saat itu dia sedang berjaga di ruangan lantai tiga RS Hermina. Rahman berjaga karena pamannya sedang dirawat karena masalah kesehatan.

"Pas kejadian saya mendengar dari petugas rumah sakit kalau lantai atas terjadi kebakaran," ujar Rahman saat ditemui IDN Times di halaman belakang rumah sakit.

Usai mendengar informasi dari petugas rumah sakit, Rahman melakukan pengecekan untuk memastikan informasi tersebut. Setelah mengonfirmasi, dia langsung membawa pamannya yang terbaring di kasur. 

"Beruntung kasurnya terdapat roda sehingga dapat dibawa untuk keluar ruangan," ungkap Rahman.

Dibantu petugas rumah sakit, Rahman membawa pamannya ke ruangan terbuka dan diarahkan ke halaman belakang rumah sakit. Tidak luput Rahman membawa cairan infus yang terpasang di tangan pamannya dan sejumlah barang berharga lainnya. 

"Saya langsung dorong paman saya ke bawah karena tidak ingin mengambil risiko," terang Rahman.

Baca Juga: Kebakaran RS Hermina Depok, Pasien Sempat Dievakuasi ke Halaman

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya