Nyeker, Pasha Ungu Turun dari Mobil saat Terjebak Lumpur di Depok

Pasha Ungu bantu atur lalu lintas karena kemacetan

Depok, IDN Times - Lumpur yang berasal dari kebocoran pengeboran kabel PLN menyebabkan sejumlah pengendara motor terjatuh di Jalan Raya PLN, Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere, Kota Depok, Jawa Barat. Bahkan lumpur tersebut menimbulkan kemacetan lalu lintas di jalan tersebut.

Salah satu media sosial di Kota Depok mengunggah foto vokalis Band Pasha Ungu saat turun ke jalan berlumpur itu untuk mengatur lalu lintas. Pasha yang menggunakan kaos putih dan celana pendek serta tidak beralaskan sendal itu, sempat menanyakan perihal lumpur di jalan tersebut.

Sesekali Pasha menjawab sapaan dari warga dan meminta sejumlah pengendara untuk bergerak mengurai kemacetan. 

Baca Juga: Turap Kali Sitamu Jebol, Permukiman Warga di Depok Terendam Banjir

1. Diduga kegagalan pengeboran menyebabkan lumpur meluap ke jalan

Nyeker, Pasha Ungu Turun dari Mobil saat Terjebak Lumpur di DepokAparatur Kelurahan dan LPM Kelurahan Gandul meninjau lokasi jalan yang dipenuhi lumpur tanah di Jalan Raya Gandul, Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Ketua LPM Kelurahan Gandul, Boy Iskandar, mengatakan diduga luapan lumpur yang menggenangi Jalan Raya Gandul, disebabkan kegagalan pengeboran tanah untuk pemasangan kabel PLN.

Menurutnya, tanah di bawah Jalan Raya Gandul terdapat kabel dan PLN turut melakukan pengeboran di bawah tanah, serta diduga mengenai eksisting pemasangan yang sudah ada sejak dulu.

"Diduga terkena titik eksisting terlebih dahulu, saya gak tahu kedalamannya berapa sehingga kena di situ, karena dilihatnya yang ke luar tanah merah seperti lumpur, berarti ini kan dalam," ujar Boy saat ditemui IDN Times, Rabu (31/8/2022).

Boy menuturkan, pengeboran ini menggunakan air untuk memudahkan mengurai tanah. Hal itulah yang menyebabkan terjadi luapan dan menggenangi Jalan Raya PLN. 

"Komunikasinya ada dan dikasih tahu pengerjaannya dengan sistem boring menggunakan mesin, ternyata terjadi seperti ini, saya kira akan aman ternyata lebih parah dari manual," tutur Boy.

2. Warga mengeluh karena Jalan Raya Gandul berlumpur

Nyeker, Pasha Ungu Turun dari Mobil saat Terjebak Lumpur di DepokSejumlah pekerja PLN melakukan pembersihan lumpur di Jalan Raya PLN, Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Boy menjelaskan, pada pengurusan perizinan PLN akan semaksimal mungkin melakukan pengeboran dengan meminimalisir dampak terhadap lingkungan. Namun kenyataannya Jalan Raya Gandul dipenuhi lumpur.

"Saya dengan terjadinya masalah ini memang merasa kecewa da banyak warga yang komplain bahkan banyak pengendara motor yang terjatuh," katanya.

Boy mengungkapkan, selain pengendara motor yang terjatuh, tadi pagi tampak vokalis band Pasha Ungu ikut membantu mengatur lalu lintas yang sempat macet akibat lumpur. Atas kejadian tersebut, LPM Kelurahan Gandul meminta maaf kepada warga, khususnya warga RW3 dan RW5 atas luapan lumpur di Jalan Raya Gandul.

"Kami meminta maaf kepada warga dan ke depannya PLN dapat lebih mengantisipasi saat melakukan penggalian," ungkap Boy.

Baca Juga: Turap Kali Sitamu Jebol, Permukiman Warga di Depok Terendam Banjir

3. Pasha Ungu sempat numpang cuci kaki di rumah warga

Nyeker, Pasha Ungu Turun dari Mobil saat Terjebak Lumpur di DepokSalah satu titik pengeboran kabel PLN di Jalan Raya Gandul, Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Salah seorang warga, Ridwan, mengatakan saat terjadi kemacetan di Jalan Raya Gandul yang disebabkan luapan lumpur galian PLN, tampak Pasha Ungu turun dari mobil dan menghampiri petugas PLN. Pasha menanyakan soal luapan lumpur yang menyebabkan kemacetan di Jalan Raya Gandul.

"Iya tadi ada Pasha, pakai peci sama kaos putih turun ke jalan mendekati petugas PLN," ujar dia.

Ridwan memperkirakan Pasha tampaknya akan mengantar anaknya sekolah tidak jauh dari Jalan Raya PLN. Dia tampak membantu warga mengatur lalu lintas dan melepaskan sandal yang sebelumnya digunakan saat turun dari mobil.

"Iya bantu ngatur pengendara yang lewat, tadi sempat numpang cuci kaki di rumah warga," tutup Ridwan.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya