Orang Tua Anak Penderita Autisme Korban Kekerasan Minta Pelaku Dihukum

Pihak rumah sakit diminta memperhatikan karyawan

Depok, IDN Times - Orang tua RF, anak dua tahun penderita Autism Spectrum Disorder (ASD) telah mendatangi Polres Metro Depok. Orang tua korban telah melapor terkait dugaan kekerasan yang dilakukan terapis rumah sakit.

Ibu korban yang enggan disebutkan identitasnya, mengapresiasi Joshua yang membantu memviralkan, dan juga Polres Metro Depok dan Unit PPA Polres Metro Depok yang telah melakukan penanganan kasus ini. Menurutnya, kepolisian cepat tanggap menerima laporannya terkait dugaan kekerasan terhadap anaknya.

"Saya mengapresiasi kepada Joshua, Pak Kapolres, dan unit PPA Polres Metro Depok," ujarnya, Kamis (16/2/2023).

Baca Juga: Terapis Rumah Sakit Depok Diduga Aniaya Anak Pengidap Autisme

1. Mengajak korban kekerasan lainnya melapor ke Polres Metro Depok

Orang Tua Anak Penderita Autisme Korban Kekerasan Minta Pelaku Dihukumilustrasi anak (IDN Times/Nathan Manaloe)

Usai memberikan laporan dan keterangan di Polres Metro Depok, ibu korban meminta tersangka agar segera ditangkap, dan mendapatkan hukuman yang setimpal dengan perbuatannya.

"Harapan saya pelaku mendapatkan sanksi yang setimpal," ujar dia.

Selain itu, ibu korban meminta pihak rumah sakit lebih memperhatikan karyawannya, sehingga tidak ada lagi kejadian yang dialami anaknya. Ibu korban berpesan kepada masyarakat, apabila mengalami hal serupa segera melapor ke Polres Metro Depok.

"Manajemen rumah sakit memperhatikan lagi perlakuan karyawannya, dan untuk para orang tua yang mengalami hal yang serupa silakan melapor ke Polres Metro Depok," pintanya.

2. Polisi selidiki indentitas tersangka kekerasan pasien anak

Orang Tua Anak Penderita Autisme Korban Kekerasan Minta Pelaku DihukumKapolres Metro Depok, Kombes Ahmad Fuady saat ditemui IDNTimes. (IDNTimes/Dicky)

Sebelumnya, Kapolres Metro Depok, Kombes Ahmad Fuady, mengatakan, berdasarkan rekaman video yang beredar, oknum terapis diduga melakukan kekerasan terhadap anak pasien penderita ASD atau autism. Polres Metro Depok sedang menyelidiki untuk mengetahui identitas pelaku. 

"Kita lakukan penyelidikan siapa terapis tersebut, siapa identitasnya dan kita minta langsung diperiksa," ujar Ahmad Fuady, Rabu (15/2/2023).

Ahmad menuturkan, Polres Metro Depok telah berkomunikasi dengan pihak rumah sakit, dan meminta memenuhi panggilan ke Polres Metro Depok. Pihak rumah sakit telah mendatangi Polres Metro Depok pada Rabu (15/2/2023).

"Pihak rumah sakit akan memenuhi panggilan Polres, ini akan kita periksa bagaimana penanganan terhadap anak autis tersebut," tutur dia.

Baca Juga: Polres Depok Selidiki Identitas Pelaku Kekerasan Anak di Rumah Sakit

3. Kekerasan pasien anak terjadi di rumah sakit

Orang Tua Anak Penderita Autisme Korban Kekerasan Minta Pelaku DihukumIlustrasi Kekerasan pada Anak (IDN Times/Sukma Shakti)

Ahmad menyebut kejadian tersebut terjadi di rumah sakit. Lokasi kejadian juga telah diakui pihak rumah sakit.

"Betul, pihak rumah sakit membenarkan bahwa kejadian tersebut memang berada di rumah sakitnya," ucap dia.

Ahmad mengungkapkan, Polres Metro Depok telah meminta orang tua korban untuk datang ke Polres Metro Depok. Polisi akan meminta keterangan orang tua korban untuk penyidikan.

"Sementara informasinya warga Depok, orang tua anak juga akan hadir di Polres untuk memberikan keterangan kepada penyidik," ungkap dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya