Comscore Tracker

Pemkot Depok Anggarkan Rp60 Miliar untuk Bangun Alun-Alun Barat

Pembangunan GOR dan UMKM akan terintegrasi

Depok, IDN Times - Rencana pembangunan Alun-Alun wilayah Barat Kota Depok tengah dimatangkan Pemerintah Kota Depok. Pembangunan alun-alun yang akan dibangun di Situ Tujuh Muara itu akan dianggarkan sebesar Rp60 miliar.

Kepala Bappeda Kota Depok, Dadang Wihana, mengatakan, pihaknya terus melanjutkan progres rencana pembangunan alun-alun wilayah barat. Rencananya, pembangun alun-alun telah dianggarkan berdasarkan Detail Engineering Design (DED).

"Sudah dialokasikan dan kita sesuai dengan DED nya lebih kurang Rp60 miliar," ujar Dadang kepada IDN Times, Sabtu (1/10/2022).

Baca Juga: DPRD Dorong Penyediaan Angkutan Umum Menuju Alun-Alun Depok

1. Alun-alun wilayah barat dikerjakan tahun depan

Pemkot Depok Anggarkan Rp60 Miliar untuk Bangun Alun-Alun BaratGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau Situ Tujuh Muara dan lokasi rencana pembuatan alun-alun wilayah barat di Kecamatan Bojongsari, Kota Depok (Dok. Istimewa)

Dadang menuturkan, Pemerintah Kota Depok sebelumnya telah melakukan pembicaraan dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil tentang rencana pembangunan alun-alun wilayah barat di Situ Tujuh Muara.

"Tahun depan akan dibangun dan sudah dianggarkan," kata Dadang.

Dadang mengatakan, pihaknya juga terus berusaha melakukan pemerataan pembangunan dan ruang terbuka hijau. Sebelumnya, Pemerintah Kota Depok juga telah membangun alun-alun di wilayah GDC dan telah dimanfaatkan masyarakat. 

"Kami prinsipnya adalah pemerataan pembangunan, jadi alun-alun wilayah barat akan dikerjakan secara bertahap," ujar dia. 

Baca Juga: Yuhuu! Kota Depok Bakal Punya Alun-Alun yang Didesain Ridwan Kamil

2. Pengerjaan pedestrian Margonda tindak lanjut keluhan masyarakat

Pemkot Depok Anggarkan Rp60 Miliar untuk Bangun Alun-Alun BaratSeorang warga sedang berjalan kaki di trotoar Jalan Raya Margonda, Kota Depok (IDN Times/Dicky)

Pemerintah Kota Depok juga secara bertahap melakukan penataan di sejumlah wilayah Kota Depok yang dikeluhkan masyarakat di media sosial. Salah satunya untuk pedestrian di Jalan Raya Margonda.

"Pernah ada keluhan soal pedestrian Jalan Raya Margonda yang bolong dan sekarang kami sedang kerjakan itu," ujar Dadang.

Dadang mengatakan, penataan tersebut dikerjakan secara bertahap dan tidak dapat dilakukan dalam waktu bersamaan.

"Kita pelan-pelan mengerjakannya tapi target pedestrian tahun depan dapat selesai," kata dia.

Baca Juga: Trotoar Jalan Raya Kartini Depok Bakal Disulap Jadi Ramah Disabilitas

3. Pemprov Jabar minta saling koordinasi tentang pembangunan alun-alun

Pemkot Depok Anggarkan Rp60 Miliar untuk Bangun Alun-Alun BaratGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Wali Kota Depok M Idris meninjau Situ Tujuh Muara dan lokasi rencana pembuatan alun-alun wilayah barat di Kecamatan Bojongsari, Kota Depok (Dok. Istimewa)

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, setiap tahunnya selalu ada anggaran rutin untuk pembangunan alun-alun kota.

Dalam rencana pembangunan alun-alun wilayah barat pun, Pemerintah Kota Depok dapat berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Jadi nanti bisa koordinasi," kata Ridwan Kamil.

Adapun rencana pembangunan alun-alun wilayah barat Kota Depok dilakukan tahun ini dan dibangun pada 2023. Selain itu, anggaran pembangunannya bisa dilakukan dengan cara kombinasi.

"Apakah nanti dananya kombinasi seperti Jalan Dewi Sartika atau gimana, nanti dilihat," ucap dia.

Baca Juga: Alun-Alun Ditutup, Ini Aturan Libur Natal dan Tahun Baru di Depok

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya