Pemkot Depok Salurkan Bantuan dan Tim Peduli Gempa Cianjur

Kirim sejumlah kebutuhan pangan hingga medis

Depok, IDN Times - Pemerintah Kota Depok menyalurkan bantuan kepada warga terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Sejumlah relawan dan bantuan telah diberangkatkan dari Balai Kota Depok.

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono, mengatakan Pemerintah Kota Depok telah memberangkatkan Tim Depok Peduli Gempa Cianjur, yang terdiri dari relawan sejumlah dinas dan pihak lainnya. Pengiriman relawan sebagai bentuk kepedulian Pemkot Depok kepada masyarakat Kabupaten Cianjur pasca-gempa.

"Ini adalah bentuk kepekaan kita kepada saudara kita, terlebih Cianjur bagian dari Jawa Barat, dan dekat sekali dengan kita," ujar Imam saat ditemui IDN Times, Kamis (24/11/2022).

Baca Juga: Jokowi Kembali Kunjungi Lokasi Gempa di Cianjur, Sapa Kondisi Warga

1. Tim Depok Peduli Gempa Cianjur diminta koordinasi saat mengambil keputusan

Pemkot Depok Salurkan Bantuan dan Tim Peduli Gempa CianjurWakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono saat melepas Tim Depok Peduli Gempa Cianjur di Balai Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Imam menuturkan, Tim Depok Peduli Gempa Cianjur akan membuat posko bantuan di gedung perpustakaan dan menggalang donasi melalui rekening Bank Jabar Banten (BJB), dan melakukan monitoring dan evaluasi lapangan.

"Kota Depok telah mengirim bantuan awal ke lokasi melalui PMI dan Damkar," tutur dia.

Tim Depok Peduli Gempa Cianjur akan fokus membantu korban dengan penuh kesabaran dan ikhlas. Tim diminta selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Depok saat mengambil keputusan ketika melakukan penanganan korban.

"Jangan lupa berkoordinasi dengan pimpinan, karena kalau tidak nanti akan timbul permasalahan. Baik pimpinan lapangan maupun pimpinan Kota Depok,” kata Imam.

2. Donasi ASN mencapai Rp427 juta

Pemkot Depok Salurkan Bantuan dan Tim Peduli Gempa CianjurAnggota Tim Depok Peduli Gempa Cianjur yang diberangkatkan untuk memberikan bantuan kepada korban bencana gempa bumi. (IDNTimes/Dicky)

Imam mengatakan, sebelumnya Pemkot Depok telah mengirimkan bantuan melalui Program D'SabR ASN Pemkot Depok sebanyak 435 paket, dengan total Rp63,9 juta. Selain itu, terdapat donasi ASN dari seluruh perangkat daerah untuk membantu korban bencana.

"Donasi ASN mencapai Rp427.385.000," ungkap Imam.

Pemkot Depok juga memberikan bantuan berupa bahan pangan seperti sembako, air mineral, mi instan, susu, bubur atau makanan bayi, hingga roti. Untuk bahan non-pangan berupa pampers anak dan dewasa, selimut, pembalut, kantong jenazah, hingga kain kafan.

"Kami turut memberikan cangkul, skop, tabung gas, genset untuk kebutuhan penanganan bencana," terang Imam.  

Baca Juga: IDI Cianjur Kerahkan 200 Dokter dan Nakes Tangani Korban Gempa Cianjur

3. Pemkot Depok juga kerahkan tim medis hingga dokter anastesi

Pemkot Depok Salurkan Bantuan dan Tim Peduli Gempa CianjurAnggota Tagana Dinas Sosial dan PMI Kota Depok yang diberangkatkan untuk penanganan pasca gempa bumi di Kabupaten Cianjur. (IDNTimes/Dicky)

Selain itu, Pemkot Depok juga memberikan bantuan medis habis pakai berupa obat, sabun cuci tangan, APD, tolak angin cair, minyak kayu putih. Total bantuan bahan pangan, non-pangan, dan medis habis pakai mencapai Rp67,5 juta.

"Kami ingin kehadiran Tim Depok Peduli Gempa Cianjur dapat membantu para korban, dan meringankan penanganan pasca-bencana gempa bumi," ucap Imam.

Imam menambahkan, Pemkot Depok telah menurunkan tim medis dari RSUD Kota Depok seperti dokter anastesi, dokter umum, dan perawat. Dua ambulans juga telah diberangkatkan dengan membawa obat-obatan, cairan infus, alat bedah minor, dan kelengkapan lainnya.

"Kami turut menurunkan satu mobil dapur umum dan dua truk yang digunakan untuk mengangkut logistik," ujar Imam.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya