Pencuri Bawa Kabur Uang Puluhan Juta Usai Bobol Mesin ATM di Depok

Pencuri masuk dengan membobol tembok minimarket

Depok, IDN Times - Tersangka pencurian yang belum diketahui identitasnya berhasil membawa kabur uang dari dalam mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di dalam minimarket. Para pencuri merusak tembok untuk masuk ke dalam minimarket di wilayah Pengasinan, Sawangan, Kota Depok.

Salah seorang karyawan, Affan mengatakan, pencurian terjadi di tempatnya bekerja diketahui sekitar pukul 06.15 WIB, saat dirinya membuka toko. Saat masuk ke dalam toko, Affan melihat mesin ATM sudah terbuka.

"Pas saya nyalain semua lampu, baru kelihatan ATM sudah terbuka dan berantakan," ujar Affan kepada IDN Times, Selasa (12/3/2024). 

1. Uang ATM mencapai Rp85 juta

Pencuri Bawa Kabur Uang Puluhan Juta Usai Bobol Mesin ATM di DepokMinimarket yang berada di wilayah Pengasinan, Sawangan, Depok, usai di bobol pencuri. (IDNTimes/Dicky)

Affan menuturkan, pembobolan mesin ATM dilakukan pencuri dengan menggunakan alat las listrik. Pencuri membobol uang di dalam mesin ATM dengan cara merusak bagian samping mesin ATM.

"Sepertinya dirusak menggunakan alat las, saya lihat semuanya sudah terbuka," tutur Affan.

Berdasarkan informasi dari petugas ATM yang turut melakukan pemeriksaan, uang yang hilang dari dalam mesin ATM mencapai puluhan juta rupiah. Selain mencuri uang, para pelaku pencurian turut mencuri rokok, kosmetik, dan coklat.

"Kalau tidak salah uang di dalamnya kata petugas mesin ATM-nya, uangnya sekitar Rp85.050.000," terang Affan.

Baca Juga: Warga Depok Temukan Mayat Membusuk di Dalam Kontrakan

2. Tersangka pencurian sebanyak dua orang

Pencuri Bawa Kabur Uang Puluhan Juta Usai Bobol Mesin ATM di DepokTembok bagian samping minimarket yang berhasil dibobol pencuri dan membawa kabur uang di dalam mesin ATM di minimarket Pengasinan, Sawangan, Depok. (IDNTimes/Dicky)

Berdasarkan rekaman CCTV toko, pelaku pencurian sebanyak dua orang dan memasuki area toko sekitar pukul 02.40 WIB. Para tersangka terlebih dahulu membobol tembok di belakang area kasir minimarket.

"Ini rak yang belakang area kasir bisa terdorong, pencuri masuk dari belakang area kasir," jelas Affan.

Rekaman CCTV melihat para tersangka masuk ke dalam minimarket dengan menutupi area wajahnya dan menggunakan jaket. Tersangka pencurian mendatangi area mesin ATM dan melancarkan aksinya untuk membobol mesin, serta mengambil uang di dalamnya.

"Rekaman CCTV telah diserahkan ke polisi," ungkap Affan. 

Baca Juga: Pemuda Pengendali Narkoba dari Lapas di Depok Segera Hadapi Sidang

3. Polisi akan periksa CCTV

Pencuri Bawa Kabur Uang Puluhan Juta Usai Bobol Mesin ATM di DepokPencuri berhasil membawa kabur uang yang tersimpan didalam mesin ATM minimarket Pengasinan, Sawangan, Depok. (IDNTimes/Dicky)

Kapolsek Bojongsari, Kompol Yefta Ruben Hasian Aruan membenarkan telah terjadi pembobolan minimarket di Pengasinan. Anggota Polsek Bojongsari sudah mendatangi lokasi minimarket dan melakukan olah TKP.

"Pencuri mengambil uang dari mesin ATM dengan kerugian mencapai Rp85.050.000," ujar Yefta.

Polsek Bojongsari akan melakukan penyelidikan dan melakukan pengungkapan tersangka pencurian minimarket tersebut. Polsek Bojongsari telah mendapati rekaman CCTV yang terpasang di miminarket untuk mengungkap kasus pencurian tersebut.

"Kalau kerugian di minimarketnya hanya kehilangan rokok, kosmetik, dan coklat yang dicuri tersangka," ujar Yefta.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya