Petugas SPBU Bekuk Tiga Pembobol Mesin ATM di Depok

Dua pelaku beraksi dengan cara mencongkel mesin ATM

Depok, IDN Times - Tiga pelaku pembobol mesin ATM di SPBU Jalan Raya Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok berhasil ditangkap pegawai SPBU setempat. Ketiga pelaku berinisial IA (28), RM (34), dan TO (42), ditangkap usai mencongkel mesin ATM dan sempat melarikan diri.

Supervisor SPBU setempat, Fahmi Sukrilah mengatakan, pembobolan mesin ATM terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Ketiga pelaku sempat melarikan diri menggunakan kendaraan mobil jenis city car namun berhasil dikejar dan ditangkap pegawai SPBU.

"Iya pelakunya sempat kabur setelah mebobol, tapi berhasil kami tangkap dan diamankan di SPBU," ujar Fahmi saat ditemui IDN Times, Rabu (1/3/2023). 

1. Seorang pelaku berjaga di dalam mobil dan dua lainnya beraksi di mesin ATM

Petugas SPBU Bekuk Tiga Pembobol Mesin ATM di DepokLokasi mesin ATM yang berada di SPBU Jalan Raya Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Fahmi menuturkan, berdasarkan rekaman CCTV yang terpasang di SPBU, ketiga pelaku datang menggunakan mobil dan memarkirkan tidak jauh dari lokasi mesin ATM. Tidak lama kemudian, dua pelaku masuk ke dalam mesin ATM dan melancarkan aksinya.

"Dua pelaku masuk ke dalam ruangan mesin ATM dan satunya lagi berada di dalam mobil," tutur Fami.

Aksi kedua pelaku yang terekam CCTV, salah satu pelaku memasukkan seperti kartu ke bagian kartu pada mesin ATM. Tidak lama kemudian pelaku mencoba merusak tempat keluarnya uang pada mesin tersebut.

"Pelaku mencongkel seperti menggunakan obeng dan memasukkan besi ke dalam tempat keluarnya uang pada mesin," terang Fahmi.

Baca Juga: Mobil Terserempet, Anggota TNI di Depok Aniaya Pengendara Motor

2. Pengunjung melapor ke petugas SPBU

Petugas SPBU Bekuk Tiga Pembobol Mesin ATM di DepokMesin ATM sempat dirusak pelaku pembobol mesin ATM di SPBU Jalan Raya Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Fahmi mengungkapkan, tidak mengetahui secara pasti kedua pelaku yang membobol mesin ATM mendapatkan uang atau tidak. Namun yang pasti usai kejadian tersebut kedua pelaku keluar dari ruangan ATM dan sempat kabur namun berhasil tertangkap.

"Saya enggak bisa memastikan uang berhasil atau tidak, tapi setelah mencongkel pelaku langsung kabur," ungkap Fahmi.

Mesin ATM yang rusak sempat dilaporkan pengunjung kepada petugas keamanan SPBU usai ketiga pelaku melarikan diri. Merasa curiga, petugas dan keamanan SPBU berhasil mengindentifikasi pelaku karena mencurigakan dan berhasil ditangkap.

"Setelah dicek ada pengunjung yang mencurigakan dan ternyata pelaku akhirnya dikejar dan ditangkap," kata Fahmi.

3. Pelaku dan barang bukti diamankan polisi

Petugas SPBU Bekuk Tiga Pembobol Mesin ATM di DepokLokasi ruangan mesin ATM yang berada di SPBU Jalan Raya Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Fahmi menjelaskan, pembobolan mesin ATM di SPBU tempatnya bekerja, sudah terjadi sebanyak empat kali dan dua kalinya terjadi pada awal tahun ini. Untuk itu, pihaknya bekerja sama dengan kepolisian untuk menangkap aksi pelaku pembobolan mesin ATM.

"Iya ini yang ke empat mesin rusak akibat dibobol, tapi kali ini pelakunya tertangkap," jelas Fahmi.

Akibat pembobolan tersebut mesin ATM tidak dapat digunakan dan telah diberikan penanda berupa tulisan. Informasi yang berhasil didapat, sejumlah barang bukti telah diamankan Polsek Bojongsari. Barang bukti yang diamankan berupa obeng, kawat, uang tunai pecahan Rp50 ribu sebanyak Rp1,2 juta, dan mobil yang digunakan ketiga pelaku. 

Baca Juga: Wali Kota Depok Kini Pantau Lalu Lintas dari 125 CCTV di Ruangannya

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya