Polisi Pastikan Keamanan Ibadah Jemaat Kapel GPI Cinere

Polisi Melarang Adanya Intimidasi dan Persekusi Jemaat Kapel

Depok, IDN Times - Polres Metro Depok bersama Kodim 0508/Depok akan menjamin keamanan jemaat Kapel GPI Cinere dalam menjalani ibadah. Hal itu dilakukan usai sejumlah massa mendatangi kapel yang berada di Jalan Bukit Cinere, Kelurahan Gandul, Cinere, Kota Depok, pada Sabtu (16/9/2023).

Kapolres Metro Depok, Kombes Ahmad Fuady mengatakan, saat ini Kapel GPI Cinere telah menjalani ibadah. Polres Metro Depok dan Kodim 0508/Depok menjamin pelaksanaan ibadah berjalan dengan baik, aman, dan lancar.

"Alhamdulillah kegiatan bisa berlangsung dengan aman, lancar dan kondusif walaupun masih dilaksanakan secara online," ujar Fuady kepada IDN Times, Minggu (17/9/2023).

1. Massa diminta untuk tidak melakukan intimidasi dan persekusi

Polisi Pastikan Keamanan Ibadah Jemaat Kapel GPI CinereLokasi Kapel GPI Cinere yang berada di Jalan Raya Bukit Cinere, Kelurahan Gandul, Cinere, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Polres Metro Depok dan Kodim 0508/Depok telah menempatkan sejumlah personel di sekitar lokasi untuk memantau kegiatan ibadah di Kapel GPI Cinere. Pihaknya telah berkomitmen untuk mencegah adanya upaya intimidasi persekusi kepada jemaat Kapel GPI Cinere.

"Kami jajaran Polres Metro Depok dan Kodim 0508/Depok berkomitmen bahwa tidak boleh ada siapapun yang melakukan upaya intimidasi, persekusi dan sebagainya," tegas Fuady.

Fuady meminta masyarakat menjaga kondusivitas wilayah di Kota Depok dan tidak boleh melakukan upaya kekerasan ataupun upaya lainnya. Terkait adanya massa yang bergerak mendatangi Kapel, Fuady menilai massa tersebut merupakan gerakan spontan warga usai melaksanakan ibadah salat subuh berjamaah, dilanjutkan dengan kajian subuh atau pengajian subuh.

"Nah dari lokasi pengajian datang ke lokasi dan menyampaikan aspirasi untuk menolak adanya kapel tersebut," terang Fudy.

Baca Juga: Tipu Mantan Camat Puluhan Juta, TNI Gadungan Ditangkap Kodim Depok

2. Polres Metro Depok telah meminta keterangan sejumlah warga dan pengurus Kapel

Polisi Pastikan Keamanan Ibadah Jemaat Kapel GPI CinereLokasi Kapel GPI Cinere yang berada di Jalan Raya Bukit Cinere, Kelurahan Gandul, Cinere, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Fuady menjelaskan, telah mengidentifikasi jemaat usai melaksanakan salat subuh dan kajian pengajian. Polres Metro Depok telah meminta keterangan dari sejumlah warga maupun pengurus Kapel GPI Cinere.

"Itu sudah kita indentifikasi semuanya, jadi hanya jemaat yang ingin melihat ke lokasi seperti apa begitu, intinya seperti itu. Sementara sudah kita minta data, kita ambil keterangan di lapangan begitu ya," jelas Fuady.

Polres Metro Depok belum menemukan adanya dugaan persekusi maupun intimidasi, namun apabila terdapat pihak yang dirugikan dapat melapor ke kepolisian. Terdapat beberapa pengurus Kapel dan warga yang telah dimintai keterangan terkait massa yang mendatangi Kapel GPI Cinere.

"Sampai sejauh ini kita hanya mengambil keterangan dan kita memastikan bahwa kegiatan ibadah, kegiatan apapun yang bersifat keagamaan di Kota Depok ini dapat berlangsung dengan aman kondusif," ucap Fuady.

3. Kapel GPI Cinere sedang meminta izin kepada Wali Kota Depok

Polisi Pastikan Keamanan Ibadah Jemaat Kapel GPI CinereLokasi Kapel GPI Cinere yang berada di Jalan Raya Bukit Cinere, Kelurahan Gandul, Cinere, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Sebelumnya, Pengurus Kapel GPI Cinere, Arief Syamsul membenarkan Kapel GPI Cinere sempat didatangi massa mencapai 50 orang pada Sabtu (16/9/2023) pukul 07.00 WIB. Pada saat kedatangan massa, tidak ada jemaat yang melakukan ibadah di Kapel GPI Cinere.

"Jumlahnya mencapai 50 orang yang datang, ini bukan gereja, ini hanya Kapel jumlah jemaatnya hanya 100 orang," ujar Arief.

Arief menuturkan, Kapel GPI Cinere sebelumnya telah meminta izin lingkungan sebagai persyaratan. Setelah syarat tersebut terpenuhi, pengurus LPM Kelurahan Gandul kembali meminta Kapel GPI Cinere untuk membuat surat izin ke Wali Kota Depok, dan apabila mendatapkan izin akan diperbolehkan melakukan ibadah secara langsung di Kapel.

"Sekarang sedang proses meminta izin ke Wali Kota Depok, untuk dua minggu ini ibadah dilakukan secara online," ucap Arief. 

Baca Juga: Kena Wabah Cacar Air, Murid SD di Depok Lakukan PJJ

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya