Puting Beliung Rusak SDN Pancoran Mas, Pemkot Depok Siap Perbaiki

Belum mendapatkan undangan rapat TAPD

Depok, IDNTimes - Pemerintah Kota Depok akan segera melakukan perbaikan terhadap ruangan SDN Pancoran Mas 3 yang rusak. Pemerintah Kota Depok akan segera melakukan perbaikan terhadap ruangan SDN Pancoran Mas 3 yang rusak. Sebelumnya, sekolah tersebut mengalami kerusakan akibat angin puting beliung beberapa waktu lalu dan kini masih terbengkalai.

Koordinator Perencanaan Tata Bangunan pada Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok Veny Apriola mengatakan, SDN Pancoran Mas 3 telah dilakukan survei tim teknis terhadap kerusakan bangunannya. Dari survei tim tersebut, pihaknya telah mengajukan usulan perbaikan terhadap bangunan sekolah yang rusak.

"Sudah kami usulkan untuk perbaikan melalui Belanja Tidak Terduga atau BTT," ujar Veny, Kamis (2/6/2022).

1. Usulan perbaikan melaui BTT pada 27 Mei 2022

Puting Beliung Rusak SDN Pancoran Mas, Pemkot Depok Siap PerbaikiBagian depan kelas atap sekolah SDN Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, belum mendapatkan perbaikan. (IDNTimes/Dicky)

Pengajuan usulan perbaikan pembangunan SDN Pancoran Mas 3 rusak dampak angin puting beliung dilakukan pada minggu lalu. Namun, hingga kini belum diketahui kelanjutan dari usulan yang telah diajukan.

"Kami usulkan pada 27 Mei 2022 namun kami belum mendapatkan undangan kembali," ujar Veny menerangkan.

Usulan perbaikan sudah dilayangkan kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Depok. Adapun tim tersebut di antaranya Sekretaris Daerah selaku Ketua, Kepala Bappeda, Kepala BPK, Asisten Pemerintahan dan Pembangunan, Asisten Hukum dan Organisasi, Asisten administrasi, Inspektorat, UKPBJ serta dibantu oleh tim teknis TAPD.

"Kami belum ada undangan pembahasan dari TAPD, mungkin pada bulan ini ya semoga saja," kata Veny lagi. 

Baca Juga: Pemkot Depok Catat 342 Rumah Rusak Dihantam Puting Beliung

2. Akan dilakukan sejumlah tahapan dalam perencanaan pembangunan

Puting Beliung Rusak SDN Pancoran Mas, Pemkot Depok Siap PerbaikiBagian dalam ruangan kelas yang mengalami kerusakan pada bagian atap SDN Pancoran Mas 3, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Veny mengungkapkan, apabila usulan perbaikan tersebut telah mendapatkan persetujuan dan mendapatkan anggaran, terdapat sejumlah mekanisme lainnya yang harus dilalui. Proses yang harus dilalui yakni melakukan proses pengadaan jasa Konsultansi perencanaan dan melakukan pekerjaan perencanaan (DED).

"Setelah itu baru pengadaan jasa konstruksi dan pembangunan fisik atau konstruksinya," kata Veny.

Veny menambahkan. pembangunan SDN Pancoran Mas 3 yang rusak akan dibangun kembali sesuai dengan penganggaran serta pengadaan barang dan jasa. Pembangunan sesuai dengan perencanaan yang diusulkan.

"Ya sesuai penganggaran dan pengadaan barjas," bebernya.

3. Siswa sudah bersekolah namun belum mendapatkan perbaikan

Puting Beliung Rusak SDN Pancoran Mas, Pemkot Depok Siap PerbaikiBangunan atap SDN Pancoran Mas 3, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, ambruk belum mendapatkan perbaikan. (IDNTimes/Dicky)

Guru Kelas III SDN Pancoran Mas 3, Suryana mengatakan, sejak mengalami kerusakan atap sekolah akibat angin kencang yang terjadi dua minggu lalu, belum ada tanda-tanda adanya rencana perbaikan. Diketahui, atap sekolah itu rusak akibat diterpa angin kencang yang disertai hujan deras, yang membuat dua ruangan kelas mengalami kerusakan cukup parah pada bagian atap.

"Belum ada perbaikan hingga saat ini, walaupun besok siswa sudah masuk kembali ke sekolah," ujar Suryana saat ditemui IDNTimes, Rabu (11/5/2022).

Suryana menuturkan, pada saat kejadian, siswa di sekolah sedang libur karena akan memasuki hari raya Idul Fitri. Maka itu, beruntung peristiwa itu tidak membuat adanya korban, baik dari pihak guru maupun siswa.

"Rusak sudah dua minggu sejak puasa lalu, tidak ada korban," kata Suryana.

Suryana melanjutkan, saat kejadian terdapat dua atap ruangan kelas yang mengalami rusak. Kejadian tersebut sudah dilaporkan ke bagian sarana dan prasarana Dinas Pendidikan Kota Depok dan anggota DPRD Kota Depok.

"Tapi sampai saat ini belum ada tindakan, kita juga belum tahu, apa itu kendalanya sehingga belum ada perbaikan," ujar Suryana menjelaskan

Baca Juga: Pasca Puting Beliung 33 Rumah Warga Depok Rusak

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya