Ratusan Jemaah Haji Asal Depok Tiba di Tanah Air

Rombongan haji dilakukan tes swab

Depok, IDNTimes - Jemaah haji Indonesia asal Kota Depok telah tiba di Tanah Air pada pukul 05.00 WIB. Sebanyak 410 rombongan haji pada kloter 8 ini telah tiba di Balai Kota Depok dan langsung menjalani tes swab untuk mencegah penularan COVID-19.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Depok, Asnawi mengatakan, Kemenag Kota Depok bersama Pemerintah Kota Depok telah menerima kepulangan rombongan pertama jemaah haji. Sebelumnya rombongan haji dilakukan serah terima di Asrama Haji, Bekasi.

"Ya dilakukan setelah terima dulu lalu di pulangkan ke Kota Depok dan kami menerimanya di Balai Kota Depok," ujar Asnawi kepada IDNTimes, Kamis (21/7/2022).

1. Sebanyak 410 rombongan jemaah haji dilakukan tes swab

Ratusan Jemaah Haji Asal Depok Tiba di Tanah AirSejumlah barang bawaan jamaah haji yang diturunkan dari angkutan kargo di Balai Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Asnawi menuturkan, Kemenag Kota Depok akan menerima kembali kepulangan jemaah haji pada 8 Agustus, yakni kloter 36 dan pada 10 Agustus kloter 41.

"Rombongan pertama ini terdiri dari 406 jemaah haji dan enam tenaga kesehatan," tutur Asnawi.

Untuk memastikan jemaah haji terhindar dari penularan Covid-19, Pemerintah Kota Depok melaksanakan tes swab kepada rombongan haji. Setelah dinyatakan hasilnya negatif rombongan dapat kembali berkumpul bersama keluarga.

"Kalau hasilnya negatif rombongan akan dipulangkan kepada ke keluarganya," terang Asnawi. 

Baca Juga: Kemenkes Kini Wajibkan Semua Jemaah Haji Tes Antigen saat Tiba di RI

2. Sebanyak 20 tenaga kesehatan melaksanakan tes swab di dalam bus

Ratusan Jemaah Haji Asal Depok Tiba di Tanah AirSalah satu jamaah haji asal Depok saat turun dari dari bis di Balai Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Di lokasi yang sama, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Depok, Sri Utomo mengatakan, rombongan jemaah haji telah sampai di Balai Kota Depok. Rombongan sebanyak 410 jemaah dilakukan tes swab sebelum berkumpul bersama keluarga.

"Kami melakukan pemeriksaan swab jemaah haji di dalam bus pengangkut rombongan haji," kata Sri Utomo.

Sri Utomo menjelaskan, pemeriksaan swab tes COVID-19 dilaksanakan lebih dari 20 tenaga kesehatan. Setiap satu bus rombongan haji dilakukan pemeriksaan minimal dua tenaga kesehatan kepada jemaah.

"Rombongan yang dinyatakan hasilnya negatif diperbolehkan turun dari bus, sedangkan yang positif akan dilakukan pemeriksaan lanjutan," jelas Sri Utomo.

Baca Juga: Cerita Jemaah Haji: Dulu Itu Haji Kelaparan, Sekarang Kekenyangan

3. Pemeriksaan tes swab mengikuti instruksi Kemenkes

Ratusan Jemaah Haji Asal Depok Tiba di Tanah AirSalah seorang jamaah haji asal Depok sedang menunggu penjemputan di Balai Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Sri Utomo mengungkapkan, pada pantauan di lapangan belum ditemukan jemaah haji yang dinyatakan positif COVID-19. Pemeriksaan tes swab rombongan jemaah haji merupakan instruksi dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan.

"Kemenkes meminta Pemerintah Daerah untuk melakukan tes kepada jemaah haji yang telah tiba sebagai upaya percepatan pencegahan penularan," ungkap Sri Utomo.

Pantauan di lapangan rombongan penjemputan tidak diperkenankan untuk mendekati bus pengangkut romobongan jemaah haji. Hal itu untuk memastikan pencegahan penularan COVID-19 dan melindungi para jemaah maupun keluarga penjemput.

"Kami hanya memastikan baik jemaah maupun keluarga penjemput dipastikan aman dari penularan COVID-19," tutup Sri Utomo.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya