Wali Kota Depok: Stok dan Harga Kebutuhan Pokok Aman Jelang Ramadan

Wali Kota Depok sidak harga sembako di pasar

Depok, IDNTimes - Menjelang Ramadan harga kebutuhan pokok seperti biasanya kembali melonjak. Namun, Pemerintah Kota Depok memastikan harga dan ketersediaan kebutuhan bahan pokok dinilai stabil.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris, mengatakan Pemkot Depok sudah melakukan inspeksi mendadak atau sidak ke sejumlah pasar tradisional. Pada sidak tersebut dapat dipastikan kebutuhan pokok di Depok dalam kondisi aman.

"Alhamdulillah masih aman sejauh ini berdasarkan sidak ketersediaan dan harga," ujar Idris, Depok, Senin (28/3/2022).

Baca Juga: Sabar Ya Ibu-Ibu, Harga Gula Sudah Merangkak Naik Jelang Ramadan! 

1. Pemkot Depok berkoordinasi dengan Bulog

Wali Kota Depok: Stok dan Harga Kebutuhan Pokok Aman Jelang RamadanWali Kota Depok , Mohammad Idris (IDN Times/Dicky)

Idris mengungkapkan, menjelang Ramadan ketersediaan pasokan bahan pangan tidak mengalami kendala. Kendati, dia mengakui, terdapat sejumlah kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga.

"Memang ada beberapa yang naik seperti cabai dan daging, tapi stok kebutuhan pokok aman," ungkap politikus PKS itu.

Idris menuturkan, untuk menyiasati ketersediaan kebutuhan pokok, Pemkot Depok telah bekerja sama dengan sejumlah pihak, seperti Bulog untuk menjaga ketersediaan dan pasokan beras.

"Dipastikan selama Ramadan aman untuk pasokan beras, karena sudah berkoordinasi dengan Bulog," tutur dia.

2. Kenaikan harga masih dalam batas wajar

Wali Kota Depok: Stok dan Harga Kebutuhan Pokok Aman Jelang RamadanAktivitas pedagang daging melayani pembeli di Pasar Cisalak, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Sementara, Kabid Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Depok, Sony Hendro, mengatakan terdapat kenaikan kebutuhan pokok di beberapa komoditi menjelang Ramadan. Kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan yakni, ayam, daging, cabai, gula dan telur, serta kebutuhan pokok lainnya.

"Kenaikan rata-rata Rp500 hingga Rp3 ribu per kilogram, masih dalam batas wajar," ujar Sony.

Tidak menutup kemungkinan, kenaikan harga kebutuhan pokok akan terjadi menjelang Ramadan hingga menjelang Hari Raya Idulfitri. Untuk itu, Pemkot Depok akan mengawasi dan memantau harga untuk ketersediaan kebutuhan pokok.

"Nanti pengawasan akan dilakukan bersama tim, baik stok maupun harga setiap harinya," tutur Sony.

Baca Juga: MUI Kota Bekasi Bolehkan Warung Makan Buka Selama Bulan Ramadan 

3. Pedagang bumbu racikan dibanjiri pesanan menjelang Ramadan

Wali Kota Depok: Stok dan Harga Kebutuhan Pokok Aman Jelang RamadanSalah seorang pedagang bumbu masak di Pasar Kemirimuka, Kota Depok, meraup keuntungan menjelang Ramadhan. (IDNTimes/Dicky)

Pedagang bumbu racikan, Azis mengaku, ada peningkatan penjualan menjelang Ramadan. Menurut dia peningkatan penjualan rutin terjadi saat menjelang hari raya maupun awal Ramadan.

"Kalau awal Ramadan kan biasanya warga kerap memasak opor, rendang, dan gulai untuk penyemangat puasa, dan menjelang hari raya Idul Fitri memang sudah menjadi budaya," terang dia.

Azis menjelaskan, untuk membuat bumbu racikan menggunakan bahan baku seperti cabai, bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, dan bahan bumbu lainnya. Namun, terdapat sejumlah harga bahan baku yang mengalami kenaikan, seperti cabai. 

"Cabai sekarang naik namun saya belum memutuskan untuk menaikkan harga bumbu racikan takut pelanggan mengeluh, paling disiasati dengan mengurangi kemasan saja," pungkas Azis. 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya