Comscore Tracker

5 Ceramah Kontroversial Jafar Shodiq di Medsos Sebelum Hina Wapres

Beberapa video ceramah Jafar Shodiq menuai kecaman

Jakarta, IDN Times - Jafar Shodiq atau lebih dikenal dengan Habib Jafar Shodiq bin Sholeh Alatas adalah tokoh Front Pembela Islam (FPI), yang namanya mendadak tenar lantaran video ceramahnya viral. Video berdurasi 1 menit 47 detik itu berisi hinaan pada Wakil Presiden Ma’ruf Amin, yang berujung pada kasus hukum dengan pasal penghinaan di kepolisian.

Ternyata, bukan kali ini saja ceramah Jafar Shodiq yang berisi makian dan menuai kontroversi. Ada beberapa video lain yang diungguh dalam Chanel Habib Jafar Shodiq bin Sholeh Alatas yang mendapat kecaman publik. Video-video tersebut berisi makian yang ditujukan untuk berbagai pihak.

1. Tanggapan atas pernyataan Sukmawati

5 Ceramah Kontroversial Jafar Shodiq di Medsos Sebelum Hina WapresSukmawati Soekarnoputri ketika hadir di acara FGD bersma Divhumas Polri, Senin (11/11). (YouTube/Divhumas Polri)

Video yang diungguh pada 18 November 2019 itu berisi tanggapan Jafar Shodiq atas pernyataan putri Proklamator Bung Karno, Sukmawati Soekarnoputri yang menyatakan orang yang berjuang pada abad ke-20 adalah Ir Sukarno.

Dalam video tersebut Jafar Shodiq menganggap Sukmawati menghina Nabi Muhammad SAW. Dia juga menyatakan siap berperang kepada siapa saja yang telah menghina Nabi.

2. Teguran kepada Banser

5 Ceramah Kontroversial Jafar Shodiq di Medsos Sebelum Hina WapresIlustrasi Banser (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Dalam video berdurasi 47 detik itu, Jafar Shodiq menegur Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser) yang telah membakar bendera PHB.

Tak hanya teguran, Jafar juga menyebut Banser biadab dan seperti bencong. Video ini diunggah sejak 11 November 2019 dan telah ditonton lebih dari 4.000 orang.

Baca Juga: Isi Ceramah Lengkap Jafar Shodiq yang Samakan Ma'ruf Amin dengan Babi

3. Penghinaan kepada kepolisian dan pejabat

5 Ceramah Kontroversial Jafar Shodiq di Medsos Sebelum Hina WapresYouTube.com/Ustaz Jafar Shodiq

Video yang telah ditonton 5.000 orang ini berisi tentang tanggapan Jafar Shodiq kepada kepolisian yang ia nilai tidak adil dalam menegakan keadilan. Dia terlihat memaki kepolisian di depan jemaahnya.

Jafar juga menghina beberapa pejabat yang menyatakan sikap terhadap bantuan asing. Video berdurasi 2 menit 27 detik itu diunggah sejak 21 Oktober 2019.

4. Teguran kepada Gus Azmi

5 Ceramah Kontroversial Jafar Shodiq di Medsos Sebelum Hina WapresJa'far Shodiq/YouTube

Dalam video yang telah ditonton 30.000 orang ini, Jafar Shodiq memberikan teguran kepada Gus Azmi yang dianggapnya telah melecehkan kalimat takbir. Ia juga menyerukan siapa pun yang telah melecahkan Nabi Muhammad SAW wajib dibunuh dan menghalalkan darah Gus Azmi untuk ditumpahkan.

Dalam video ini, Jafar mengimbau kepada Gus Azmi agar belajar agama Islam lebih dalam dan menyuruh dia meminta maaf kepada seluruh umat Islam. Video ini telah diungguh sejak 23 Juni 2019. 

5. Teguran kepada Gus Miftah

5 Ceramah Kontroversial Jafar Shodiq di Medsos Sebelum Hina WapresInstagram.com/gusmiftah

Video yang telah mendapat perhatian penonton sebanyak 7.500 orang ini berisi tanggapan Jafar Shodiq atas pernyataan Gus Miftah. Ia menilai pernyataan Gus Miftah bahwa Islam tidak perlu dibela adalah tidak benar.

Jafar juga kembali menyerukan kepada jemaahnya untuk siap berperang, apabila ada yang menghina agama Islam. 

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Hina Ma'ruf Amin dengan Sebutan Babi, Ustaz Jafar Shodiq Dipolisikan

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You