Comscore Tracker

Cegah Penyebaran Virus Corona, Dewan Masjid Indonesia Imbau 6 Hal Ini

Kepala BNPB turut mendukung upaya DMI

Jakarta, IDN Times - Dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia, Dewan Masjid Indonesia (DMI) turut mengimbau kepada umat Muslim agar menjaga sanitasi masjid atau musala. Imbauan itu disampaikan melalui Surat Edaran Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia Nomor 041/PP-DMI/A/II/2020, yang dikeluarkan pada Senin (2/3).

Dalam surat edaran tersebut, Pimpinan Pusat (PP) DMI mengimbau seluruh jajaran Pimpinan Wilayah (PW), Pimpinan Daerah (PD), Pimpinan Cabang (PC), dan Pimpinan Ranting (PR) agar melakukan langkah-langkah Sanitasi Siaga bersama-sama dengan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) serta takmir masjid atau musala.

1. Ada enam langkah sanitasi masjid atau musala

Cegah Penyebaran Virus Corona, Dewan Masjid Indonesia Imbau 6 Hal IniMasjid Istiqlal (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Langkah-langkah sanitasi tersebut dijabarkan dalam enam poin. Pertama, agar pengurus masjid teratur menjaga kebersihan lantai masjid atau musala dengan cairan disinfektan.

Kedua, menjaga kebersihan karpet dan alas salat lainnya dengan rutin atau kontan. Penggunaan vacum cleaner atau alat pembersih lainnya sangat dianjurkan.

Ketiga, menjaga kebersihan tempat wudu dan toilet dengan cairan disinfektan. Keempat, mengimbau para jemaah salat agar membawa sajadah atau sapu tangan serta kain bersih sendiri, sebagai alas sujud masing-masing.

Kelima, meminta para jemaah yang sedang batuk, demam, dan mengalami gejala sakit seperti flu dan selesma, agar melaksanakan salat di rumah hingga sembuh.

Keenam, pengurus masjid ikut mengawasi penyebaran atau penularan virus corona dan melakukan upaya tanggap atau melaporkan jika ada warga masyarakat dicurigai terdampak virus corona, khususnya di sekitar masjid atau musala.

Cegah Penyebaran Virus Corona, Dewan Masjid Indonesia Imbau 6 Hal Ini(IDN Times/Sukma Shakti)

Baca Juga: [BREAKING] Pasien Positif Virus Corona Bertambah Jadi 6 Orang

2. Kepala BNPB imbau umat muslim membawa perlengkapan salat masing-masing

Cegah Penyebaran Virus Corona, Dewan Masjid Indonesia Imbau 6 Hal IniKepala BNPB Doni Monardo (IDN TIMES/Dimas Fitra Dirgantara)

Senada dengan DMI, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo juga mengimbau kepada umat Muslim agar membawa sajadah atau alas untuk sujud lainnya secara mandiri, ketika hendak melakukan salat di masjid.

Menurut Doni, ada potensi terjadi penularan dari tempat sujud umat Muslim ketika melakukan ibadah, khususnya apabila salat dilakukan di masjid atau musala serta tempat-tempat umum lainnya.

“Kita semua tahu, saat sujud mulut dan hidung kita bersentuhan dengan tempat sujud. Kalau ada orang kena penyakit, virusnya nempel. Satu jam kemudian ada yang salat di tempat yang sama bisa menular,” kata dia.

3. Menjaga imunitas tubuh dan menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah virus corona

Cegah Penyebaran Virus Corona, Dewan Masjid Indonesia Imbau 6 Hal Iniilustrasi virus corona (IDN Times/Sukma Shakti)

Selain menjaga kebersihan perlengkapan atau peralatan ibadah, Doni mengatakan, hal yang terpenting untuk mencegah penularan virus corona adalah menjaga imunitas tubuh dan menerapkan pola hidup sehat.

“Imun tubuh yang dijaga dengan baik melalui kegiatan olahraga, makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, menghindari stres dan pikiran tenang menjadi modal kuat untuk memerangi virus corona dan penyakit lain,” kata Doni.

https://www.youtube.com/embed/2BlyV2Dv894

Baca Juga: [UPDATE] Korban Meninggal Akibat Virus Corona Mencapai 3.559 Jiwa 

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya