Dukung Program Integrasi Antar Moda, PT KAI Tata Ulang 4 Stasiun

Penataan bertujuan memberi kemudahan transportasi bagi warga

Jakarta, IDN Times – Untuk mendukung program pemerintah untuk menciptakan kawasan Integrasi Antar Moda di wilayah Daerah Khusus Ibu Kota, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memanfaatkan lahan aset miliknya dan melakukan penataan ulang alur penumpang dari dan menuju stasiun.

Melalui penandatanganan Perjanjian Penataan Stasiun Terintegrasi antara PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) pada 10 Januari 2020, PT KAI bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PT MRT Jakarta (Perseroda) mulai melakukan sejumlah proses kegiatan bersama di empat Stasiun yakni Tanah Abang, Juanda, Sudirman dan Pasar Senen.

“Dukungan kuat PT KAI untuk integrasi antarmoda juga menjadi komitmen lantaran Kereta Api merupakan salah satu transportasi publik yang menjadi pilihan dan andalan bagi masyarakat dalam menjalani aktivitas,” kata Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta, Dadan Rudiansyah, melalui keterangan resminya yang diterima IDN Times.

1. Berbagai fasilitas publik akan dibangun di Stasiun Tanah Abang

Dukung Program Integrasi Antar Moda, PT KAI Tata Ulang 4 Stasiun(Stasiun Tanah Abang) IDN Times/Dwifantya Aquina

PT KAI akan memanfaatkan lahan seluas 3.578 m2 untuk kawasan integrasi di Tanah Abang. Pada lahan yang terletak di depan hall bawah Stasiun arah Jl Jatibaru akan dibangun beberapa fasilitas publik di antaranya penurunan dan pengambilan penumpang (drop off-pick up) ojek online, area parkir sementara ojek pangkalan, tempat pemberhentian sementara (lay-by) Bajaj, plaza pedestrian untuk pejalan kaki, halte Bus TransJakarta sebagai fasilitas integrasi, serta perlengkapan transit.

Baca Juga: Kereta Terjebak Banjir, PT KAI Daop 1 Berlakukan Pembatalan Tiket

2. Penataan hall keluar masuk penumpang akan dilakukan di Stasiun Sudirman

Dukung Program Integrasi Antar Moda, PT KAI Tata Ulang 4 StasiunStasiun Sudirman (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Untuk kawasan Stasiun Sudirman, PT KAI akan melakukan penataan ulang hall keluar masuk penumpang. Hal ini dilakukan melalui perpanjangan area hall dengan mengarahkan menuju area pedestrian ke moda lanjutan, seperti MRT, KA Bandara Railink, TransJakarta, Hingga area ojek online dan pangkalan yang saat ini sedang dilakukan proses penataannya bersama Pemprov DKI dan MRT.

3. Stasiun Pasar Senen juga akan dibangun beberapa fasilitas publik

Dukung Program Integrasi Antar Moda, PT KAI Tata Ulang 4 StasiunIDN Times / Shemi

Pada Stasiun Pasar Senen, PT KAI juga akan mengubah arah keluar masuk penumpang melalui area pedestrian. Nantinya akan terdapat penempatan area khusus ojek online dan fasilitas untuk kemudahan menuju moda lainnya, seperti MRT, Transjakarta hingga angkutan lain seperti bajaj, ojek online dan pangkalan serta angkutan perkotaan

4. Pangkalan ojek online Stasiun Juanda akan di rekolasi ke lahan bawah jalur rel layang

Dukung Program Integrasi Antar Moda, PT KAI Tata Ulang 4 Stasiun(Stasiun Senen) IDN Times/Helmi Shemi

Pada Stasiun ini juga akan dilakukan penataan khususnya terkait penempatan ojek online dan pangkalan yang sebelumnya terpusat di kawasan ruko arah Masjid Istiqlal yang akan direlokasi ke lahan bawah jalur rel layang Stasiun Juanda arah utara atau arah Jakarta Kota.

5. Penataan ini bertujuan untuk memberi kemudahan transportasi bagi warga

Dukung Program Integrasi Antar Moda, PT KAI Tata Ulang 4 StasiunKAI Daop 1, Executive Vice President Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Menurut Dadan, kegiatan ini bertujuan untuk memberi kemudahan transportasi bagi warga dengan tetap mengedepankan kepentingan publik.

“Diharapkan nantinya melalui program penataan ini setelah menggunakan moda KRL dan KA Jarak Jauh (St Pasar Senen) para pengguna di Empat Stasiun tersebut dapat dengan mudah untuk menjangkau moda transportasi lanjutannya lainnya seperti MRT, Transjakarta hingga angkutan lain seperti bajaj, ojek online dan pangkalan serta angkutan perkotaan,” katanya.

Baca Juga: KAI dan MRT Bentuk Usaha Patungan, Erick Thohir: Akhirnya Terealisasi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya