PLN: Kami Amankan Listrik Sampai Benar-benar Siap Dinyalakan 

Demi menjaga keselamatan masyarakat dari sengatan listrik

Jakarta IDN Times - Akibat banjir di sejumlah wilayah Jabodetabek, PT PLN terpaksa harus memadamkan listrik untuk sementara waktu. Upaya ini dilakukan demi menjaga keselamatan masyarakat dari bahaya arus listrik.

Terpantau hingga pukul 16.00 WIB, dari 23.700 gardu distribusi yang ada di Jabodetabek, sebanyak 3.100 gardu distribusi dipadamkan sementara.

"Kami amankan listriknya sampai benar-benar siap dinyalakan agar masyarakat terhindar dari sengatan listrik," ungkap Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN, I Made Suprateka, Rabu (1/1). 

Baca Juga: [BREAKING] Banjir Jakarta, 724 Wilayah Lumpuh Listrik

1. Wilayah yang mengalami pemadaman listrik di DKI Jakarta dan sekitarnya

PLN: Kami Amankan Listrik Sampai Benar-benar Siap Dinyalakan (Banjir karena lubernya Terusan Kali Psanggrahan, Jakarta Barat) IDN Times/Anata

Untuk DKI Jakarta, Bekasi, dan Tangerang, daerah yang mengalami pemadaman listrik di antaranya Karet, Pasar Baru Barat dsk, Kedoya Utara, Tanjung Duren, Pancoran, Pejaten Timur, Jati Petamburan, Perum Billy Moon 3 Pondok Kelapa, Jalan Lebon Jeruk Raya Komplek Jatibening, Jalan Raya Daan Mogot Kalideres, dan Jalan Swadarma Raya.

Selanjutnya Jalan Pos Pengumben, Jalan Sektor Ciledug, Jalan Bangka Kemang, Duta Indah Square, Perum Taman Bougenville, Jalan Raya Daan Mogot, Perum Taman Wiana Jatibening, Perum Pinewood Wibawamukti, Kapuk, Joglo, Ciledug, Tanah Tinggi, Duri Kosambi, Kemanggisan, Kembangan, Jagakarsa, Jatiasih, Petamburan, Karet, dan Tanjung Duren.

Baca Juga: [BREAKING] Banjir Depok, 4 Keluarga Terjebak dalam Rumah 

2. Wilayah Jawa Barat dan Banten yang mengalami pemadaman listrik sementara

PLN: Kami Amankan Listrik Sampai Benar-benar Siap Dinyalakan Banjir di Perumahan Pondok Cikunir Indah Jatibening Bekasi (IDN Times/Sunariyah)

Untuk wilayah Jawa Barat, daerah terdampak pemadaman di antaranya sebagian Bekasi, GPI, Cikarang, Bogor, dan Karawang.

Sementara untuk wilayah Banten, dari total 14.000 gardu distribusi, sebanyak 228 gardu distribusi yang ada di wilayah kerja PLN UID Banten terpaksa dipadamkan untuk keamanan warga.

3. Langkah-langkah yang bisa dilakukan saat rumah terendam banjir

PLN: Kami Amankan Listrik Sampai Benar-benar Siap Dinyalakan (Banjir di Kavling Setiabudi , Cipadu, Tangerang) IDN Times/Helmi Shemi

Pihak PLN pun mengimbau masyarakat yang rumahnya masih terendam banjir untuk mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Matikan listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB)
2. Cabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak
3. Naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman
4. Apabila aliran listrik di sekitar rumah belum padam, segera hubungi Contact Center 123, aplikasi PLN Mobile atau Kantor PLN Terdekat meminta untuk dipadamkan.

Setelah banjir surut, pastikan semua alat elektronik dan jaringan listrik dalam keadaan kering.

PLN juga memastikan semua jaringan distribusi listrik dalam keadaan kering dan aman untuk menyalurkan energi listrik.

Baca Juga: [BREAKING] Banjir Jakarta, 724 Wilayah Lumpuh Listrik

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya