21 Kucing Mati Misterius di Sunter, Dinas KPKP DKI Investigasi

Kematian massal kucing terjadi sejak 6 Juni

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 21 ekor kucing mati secara misterius di wilayah RW 05 Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Penyebab kematian massal kucing tersebut sampai saat ini belum diketahui.

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Utara tengah melakukan investigasi terkait kematian puluhan kucing di wilayah tersebut.

"Kami mengetahui kejadian tersebut (berita kematian kucing) di Kelurahan Sunter Agung dari media sosial. Dari kejadian tersebut, kami telah menurunkan tim untuk melakukan pemantauan sekaligus pemeriksaan," kata Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Utara, Unang Rustanto dalam siaran tertulis, Rabu (12/7/2023).

Baca Juga: Perluas RTH, Pemprov DKI Tanam 100 Pohon Tabebuta di Jakut

1. Kucing sempat kejang-kejang

21 Kucing Mati Misterius di Sunter, Dinas KPKP DKI InvestigasiPuluhan kucing mati mendadak di Sunter. (dok. KPKP)

Unang menerangkan, sebelum mati, kucing-kucing tersebut mengalami kejang-kejang bahkan mengeluarkan cairan di kelaminnya. 

"Warga menerangkan pada kami, sesaat sebelum mati, kucing-kucing itu mengalami kejang-kejang dan mengeluarkan air seni," ujarnya.

Baca Juga: Pasar Blok G Tanah Abang Jadi Tempat Nyabu, Heru: Tanya Wali Kota 

2. Dinas KPKP masih lakukan observasi

21 Kucing Mati Misterius di Sunter, Dinas KPKP DKI InvestigasiPuluhan kucing mati mendadak di Sunter. (dok. KPKP)

Dia menegaskan, sampai saat ini pihaknya masih melakukan observasi dan penelitian terhadap bangkai kucing-kucing tersebut dengan mengirimkan ke Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan (Pusyankeswan) Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta. 

"Kami masih mencari penyebab pasti dari kejadian tersebut, hasil laboratorium akan keluar dalam waktu tiga hari," terang Unang.

Baca Juga: Kemacetan Jakarta pada Jam Sibuk, Heru Budi: Seperti Air Bah  

3. Sebanyak 20 ekor kucing adalah peliharaan warga

21 Kucing Mati Misterius di Sunter, Dinas KPKP DKI InvestigasiPuluhan kucing mati mendadak di Sunter. (dok. KPKP)

Unang mengatakan, kematian kucing tersebut terjadi sejak awal Juni sampai Selasa (11/7/2023). Sebagian kucing yang mati tersebut merupakan peliharaan warga sekitar.

"Sejak 6 Juni sampai kemarin, sudah ada sebanyak 21 kucing mati tanpa penyebab yang pasti. Dari total 21 ekor yang terdata mati, sebanyak 20 ekor di antaranya kucing peliharaan warga dan satu kucing liar," ungkapnya.

Baca Juga: Kucing 101: Bisakah Kucing Melihat Hantu? Kenali Tandanya di Sini!

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya